Kamis, 16 November 2017

Filled Under: , ,

7 Cara Cepat Mengobati Kutu Air di Jari Tangan dan Jari Kaki

Kutu air adalah masalah yang umum terjadi dan sering di alami manusia pada kulitnya. Kutu air bukanlah masalah serius tapi jika anda biarkan bisa menjadi infeksi dan penyakit yang menyeramkan. 

Kutu air biasanya hinggap pada tangan dan kaki, sebagian kecil ada juga yang menempel di ketiak. Ciri-ciri kutu kaki, di bagian kaki atau tangan anda akan gatal dan sedikit perih jika ada kulit yang terkelupas, ada juga bintik kecil berisi air dan kadang jumlahnya lebih dari satu. 

Kutu air yang menginfeksi kaki bisa menyebabkan terkelupasnya kulit di sela jari-jari kita, kulit yang terinfeksi juga akan mengalami penebalan dan jika terkena kuku akan membuat kuku mudah patah. Jika tidak ditangani area yang terinfeksi bisa menjalar dan membuat semakin gatal.



Kutu air bisa muncul jika kita tidak menjaga kebersihan tangan dan kaki dari kelembapan. Jamur dan bakteri akan mudah menginfeksi jika tangan kaki kita terkena basahan, apalagi di musim hujan gini sering banjir. Jika anda tidak memakai alas kaki waktu melewati area banjir, penyakiti ini akan mudah menempel.

Selain banjir, sepatu yang basah atau kaos kaki yang lembab juga menyebakan kutu air pada kaki. Jadi untuk menghindari anda bisa pakai sepatu dan kaos kaki yang benar-benar kering. 

Jika anda mengalami kutu air di tangan bisa jadi tangan anda terlalu sering menyentuh air yang kotor. Misalnya jika kita sering mencuci piring tanpa menggunakan kaos tangan. Hal ini terjadi karena piring-piring kotor yang terkena air banyak bercampur bakteri yang bisa menyerang anda.

Tenangg.. buat anda yang sudah ingin menghilangkan kutu air ini. Intan Tutorial bisa bantu. Begini caranya:

1. Pakailah Obat Anti Jamur.
Salep untuk jamur dan panu di apotek sangat banyak. Diantaranya kalpanax, canesten, daktarin, ultrasilin atau yang lainnya. 

Sebelum dan sesudah mengoleskan obat pada daerah yang terkena kutu air, jangan memegang apa-apa sebelum cuci tangan karena penyakit ini bisa menular ke bagian tubuh lainnya.

Intan cocoknya pakai Ultrasilin. Biasanya cukup diolesi 3x sehari, 2-4 hari si kutu air sudah menghilang. Kalau bisa mengoles salep juga secara melingkar dan dilebihi 1-2 cm supaya kutu air tidak merambat ke sebelahnya.

2. Rendam dengan Air Garam
Jika kaki atau tangan anda terkena penyakit jamur ini. Mungkin bumbu dapur ini bisa menjadi salah satu solusinya.

Caranya cukup mudah, kita hanya merendam tangan atau kaki dengan air garam selama 20 menit pada pagi atau siang hari.

3. Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh
Minyak  pohon teh termasuk obat herbal yang fungsinya sangat efisien untuk membunuh kuman penyebab kutu air. 

Kita bisa menggunakannya sebagai obat kutu air dengan mengoleskannya ke daerah yang terinfeksi. Oleskan minimal 3 kali sehari untuk hasil yang optimal.

4. Minyak Kelapa
Asam laurat merupakan komponen penting minyak kelapa yang memiliki sifat anti jamur dan anti inflamasi. Sangat bermanfaat untuk pengobatan jamur kutu air yang anda derita.

Selain dapat mengobati minyak kelapa juga berfungsi untuk melembabkan kulit anda. Cara penggunaannya sama seperti menggunakan tea tree oil.

5. Larutan Teh
Anda punya teh di rumah?? Jangan sia-siakan, anda bisa mengobati kutu air hanya dengan larutan teh tawar tanpa gula. 

Agar berfungsi lebih baik hangatkan dulu air yang ingin dicampurkan pada teh dan rendam daerah yang terinfeksi selama 20 menit ke larutan teh tersebut.

Teh mengandung asam tannic yang tidak hanya menghilangkan jamur tetapi juga membantu mengurangi rasa gatal akibat kutu air.

6. Bawang Putih
Bawang putih adalah bahan herbal yang mengandung banyak nutrisi seperti minyak atsiri dan allicin. Kedua bahan itu bermanfaat sebagai antiseptik, anti bakteri, serta anti inflamasi. 

Selain digunakan untuk cara menyembuhkan sakit gigi, ternyata
kandungan senyawa ini jika dioleskan pada kulit yang terkena kutu air mampu membunuh jamur penyebab kutu air. 

Selain itu, kandungan senyawa anti inflamasi pada bawang putih juga berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat kutu air yang sangat gatal pada kulit. 

7. Singkong
Apakah kalian tahu ada racun sianida di dalam singkong?? Yap benar selain kopi ternyata singkong memiliki racun sianida tapi tidak berbahaya pada tubuh manusia jika dimakan sewajarnya.

Justru racun sianida di dalam singkong bisa menyelamatkan anda dari kutu air karena bahan ini dapat membunuh bakteri pada jamur.

Mungkin itu saja yang Intan sampaikan. Supaya tidak makin parah, usahakan tangan dan kaki anda tidak menyentuh dulu daerah lembab.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar