Minggu, 12 November 2017

Filled Under: ,

Cara Membersihkan Noda Lemak dan Minyak Membandel pada Baju

Hari ini Intan akan memberikan tips dan trick cara cepat membersihkan lemak dan minyak pada pakaian kesayangan Anda.


Intan mau cerita dikit ya. Asal mulanya jaket Lee Min Ho kesayangan terkena kuah gulai kambing waktu saya lagi enak-enak ikut membagikan masakan pada warga rt setempat. 

Yah ketika itu emang lagi sibuk-sibuknya. Sampai kerudung saya gak sengaja kejebur atau kecelup ke panci gede waktu nyiduk gulai terburu-buru. Belum lagi bagian tangan jaket saya bolak-balik ketumpahan kuah. Maklum belum ahli. Heheh

Waktu saya pulang, barulah tersadar kalau jaket udah belepotan noda lemak dan minyak (pasti tahulah gulai itu gimana?) kecoklatan gitu. Mana bau banget lagi.Iuhh ga betah pengen langsung nyuci.

Eitts, tapi Intan mikir waktu itu gimana cara ngilangin noda berminyak dan bau begini? Maklum pengalaman pertama mencuci sejak jadi istri. Jadi belum berpengalaman. 

Akhirnya Intan buka Youtube, browsing sana-sini dan tanya mama. Dan inilah caranya menghilangkan noda lemak berminyak hingga pakaian tak berbekas dan terlihat bersih kembali:

Pertama, yang Anda lakukan adalah mengelapnya dengan tisu noda minyak tersebut. Mengelapnya dengan cara mentutul-tutul sampai minyak hilang. Jangan lupa di bagian baliknya beri tisu juga, supaya noda tidak menempel ke bagian lain.

Kedua, setelah kiranya udah selesai kering nodanya dari minyak. Coba Anda pikirkan apa yang bisa menghilangkan lemak berminyak?? Pasti ada yang nyebut sabun cuci piring. 

Yap sabun cair pencuci piring terkenal hebat untuk menghilangkan noda lemak membandel ternyata juga bisa diterapkan pada pakaian. Cukup teteskan sabun cair ke kain yang ada nodanya saja kemudian kucek sedikit sampai lemaknya luntur. 

*Jika noda sangat membandel bisa pakai sikat untuk membantu. Tetapi jika dikucek aja udah bisa hilang, jangan gunakan sikat karena sikat membuat baju Anda kasar, apalagi untuk baju berbahan lembut.

Ketiga, Jika Anda kebetulan tidak mempunyai sabun cair pencuci piring, bisa pakai salah 1 bahan dari 3 bahan berikut ini:

  • Bedak bayi
  • Tepung maizena
  • Garam
Ketiga bahan tersebut bisa menyerap minyak dan lemak pada pakaian Anda. Caranya pun cukup mudah, hanya dengan membubuhkan bedak bayi pada noda pada pakaian dan diamkan sejenak. Setelah itu bersihkan dan sedikit gosok-gosok dengan sendok.


Keempat, Anda bisa menghilangkan noda lemak dengan cara menyiram dengan air panas memusatkan pada nodanya saja. Lakukan berulang kali hingga nodanya luntur.

Kelima, bilas dengan campuran air cuka yang katanya bisa mengangkat kotoran lemak lebih mudah daripada air biasa.

Keenam, setelah melakukan cara diatas kucek lagi dengan sabun cuci dan cuci seperti biasa.

Mungkin awalnya agak dikit ribet tapi sesudahnya Anda akan bernafas lega karena baju kesayangan Anda tampak bersih kembali. Selamat mencoba. 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar