Jumat, 17 November 2017

Filled Under: , ,

Cara Membuat Susu Seperti Ini SALAH! Ini yang BENAR!

Di musim hujan ini kita lebih suka minum minuman yang panas seperti kopi panas, wedang jahe, angsle, tahwa dan susu panas. Ngomong-ngomong soal susu, apakah anda tahu caranya membuat susu yang enak dan bergizi?


Membuat minuman itu caranya lebih mudah dibandingkan dengan makanan. Gak perlu bahan dan alat yang ribet. 

Sebenarnya cara membuat susu sangatlah mudah mungkin sebagian rakyat Indonesia sudah tahu caranya. Tapi mereka kadang memakai cara yang salah dalam membuat susu dari pandangan Ahli Gizi.

Pasalnya dalam susu mengandung berbagai vitamin antara lain protein, karbohidrat, lemak, vitamin B1, B12, A, D dan K, kalsium,mineral dan lactoferin yang sangat penting untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh dan perkembangan dalam tubuh manusia terutama anak-anak.

Nah jika anda hanya mementingkan rasa dan enaknya. Membuat susu tidak perlu teknik apa-apa. Namun jika anda ingin susu yang anda buat bergizi, ada teknik khusus yang bisa anda pelajari supaya susu tidak hilang ketika diolah atau dimasak.

Kali ini Intan tutorial akan mengajarkan caranya membuat susu enak dan juga bergizi. Anda bisa pakai susu kaleng, susu kardusan, susu segar atau susu yang lainnya. Yang penting susu. 


Intan suka banget yang namanya susu coklat apalagi susu cokelat panas. Jika anda suka susu vanila atau strawberry bisa bikin susu itu bersama-sama dengan saya hari ini.

Pertama-tama siapkan gelas tanggung. Kemudian didihkan air dalam ceret atau panci. Sambil menunggu, kita bisa siapkan susunya. Ambil susu cokelat 2 sendok makan aja masukkan ke dalam gelas, ambil gula 1 sendok makan aja.

Setelah air mendidih dengan gelembung-gelembung. Matikan api, angkat ceret dan biarkan dulu air yang telah mendidih tersebut sampai agak hangat yang kira-kira airnya panasnya tidak melebihi suhu 70 derajat Celsius. 


Inilah yang harus anda garis bawahi, Air mendidih biasanya memiliki suhu 100 derajat celsius. Jika anda langsung menuangkan air panas ke dalam susu. Maka vitamin-vitamin dalam susu bisa hilang karena air yang terlalu panas bisa memecah protein yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, menuang air panas yang baru saja mendidih juga bisa membuat gelas anda pecah atau retak karena tidak kuat dengan panasnya. 

Jika anda tidak menggunakan air mendidih, anda juga bisa menyeduh susu dengan air dispenser. Dengan campuran air panas dan air dingin. 

Eits tapi jangan langsung anda campur dengan susu tadi. Air panas dan dingin dari dispenser hendaknya campurkan di gelas berbeda dengan susu. Jika keduanya bercampur dan mulai hangat, barulah masukkan air ke dalam gelas yang berisi susu.

Tuangkan air hangat ke dalam gelas yang berisi susu tadi. Aduk -aduk sampai susu larut dalam air.

Susu cokelat panas yang kaya nutrisi siap dinikmati. Enak sekali diminum dengan roti. 


Selamat mencoba kawan .. .

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar