Selasa, 28 November 2017

Filled Under:

Cara Kilat dan Ampuh Mengatasi Bibir Bengkak

Hello kawan jumpa lagi sama Intan disini. Sebelum saya membagikan cara mengempeskan bibir yang bengkak atau benjol. Intan mau cerita sedikit tentang hal ini.


Waktu 2 minggu yang lalu, Intan sempat mengalami yang namanya bibir bengkak. Kejadiannya pas banget setelah bangun tidur. Waktu ngaca dan aku raba, sedikit kaget karena ternyata bibirku menggelembung besar yang bagian atas saja. Jadi aneh banget!

Ini bukan karena viral bibir botol itu ya gaes tapi penyebabnya seperti bekas gigitan serangga semacam semut, atau yang lainnya. (Maklumlah Intan khan manis. Hehe) Rasanya sedikit gatel dan panas. 

Jika anda mengalami hal yang sama. Mungkin anda sama seperti saya terkena gigitan serangga, atau ada penyebab lain diantaranya kebentur, kena gigit, luka karena behel, infeksi gigi atau gusi, sariawan, terkena penyakit herpes bahkan peradangan usus. 

Cara mengatasi bibir bengkak cukup  simple dan mudah, tidak perlu ke dokter nanti sembuh sendiri dalam beberapa hari kecuali untuk yang sudah tahap serius seperti menyangkut usus tadi. 

1. Minyak kayu putih
Minyak inilah yang mengobati bibirku. Caranya cukup mudah kok tinggal diusap aja ke bagian yang sedang bengkak, tapi jangan sampai terjilat ya gaes. 

2. Minyak Tawon
Kata mamaku, apapun yang sifatnya bengkak bisa diobati pakai minyak yang satu ini. Intan belum coba karena gak tahan baunya, mending pakai minyak kayu putih karena baunya juga enak. Cara pakainya juga sama seperti no 1 ya. 

3. Balsem
Kalau anda tahan sama panasnya balsem, boleh coba pakai ini supaya cepat kempis. Caranya juga mudah sekali, tinggal usap ke daerah yang membengkak. Ulangi langgkah secara berkala pagi, siang, dan malam.

4. Kompres Dingin
Kalau ada kulkas dan punya es batu di rumah bisa kompres pakai es. Supaya bengkak cepat hilang. Kompresnya selama 15 menit dengan menaruh es batu pada daerah yg terkena bengkak. Ulangi beberapa kali agar mendapat hasil yang optimal.

5. Kompres Hangat
Tidak punya es? Jangan khawatir ada cara lain yaitu pakai kompres kain hangat. Godok air sampai panas, kemudian celupkan kain tipis atau sapu tangan, peras sampai kering lalu tempelkan ke daerah yang benjol.

6. Madu
Oleskan madu di bibir benjol anda dan diamkan beberapa menit. Jangan dijilat-jilat atau di pegang-pegang supaya madunya tetap menempel dan bereaksi menyembuhkan bibir bengkak anda.

7. Lidah buaya
Tanaman ini saya punya di rumah cara merawatnya juga mudah banget. Jika anda punya juga di rumah, tanaman lidah buaya sangat berkhasiat untuk menghilangkan bengkak pada bibir. 

8. Teh Celup
Anda suka minum teh? Jangan dibuang ampas tehnya yang tidak anda minum setelah dicelupin karena teh celup tersebut bisa anda pakai untuk mengkompres bibir anda.

9. Obat
Jika bibir anda terasa sakit bisa minum obat pereda rasa sakit, umumnya acetaminophen dan ibuprofen.------------
Untuk para cewek maupun cowok mungkin langsung kurang percaya diri jika bibirnya jadi bengkak karena benar-benar merusak penampilan kita. Apalagi bisa jadi bahan ejekan, dan ketawa teman-teman sekolah, kuliah, atau kantor. Hmmm

Nah saya kasih saran untuk ke luar rumah dan supaya tidak malu, anda bisa pakai masker kemana-mana supaya tidak kelihatan orang dan tidak terkena debu maupun polusi sehingga bibirpun cepat sembuh. 

Hindari juga makan pedas supaya bibir tidak panas, dan tidak bertambah parah.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

2 komentar: