Jumat, 03 November 2017

Filled Under: ,

Cara Masak Nasi Pulen Super Enak dgn Kompor dan Dandang

Di zaman modern ini pasti masyarakat Indonesia yang super sibuk di perkotaan tidak mau yang namanya ribet. Memasak apa aja maunya praktis dan langsung jadi. Apalagi masalah bumbu jadi aja sudah mulai menjamur.


Termasuk memasak nasi, apalagi  sekarang ada alat ajaib yang bisa masak nasi otomatis yang dinamakan ricecooker atau magicom / magicjar. Seperti yang saya bagikan kemaren cara masak pulen super enak menggunakan ricecooker.

Nah hari ini Intan mau ngajarin kalian Cara memasak nasi tradisional alias masak nasi pakai panci dan dandang di kompor tanpa bantuan magicom

Buat pengantin baru yang baru belajar masak hal ini sangatlah penting. Terutama kalau awalnya kita belum punya magicom, atau saat mati lampu tapi pengen makan nasi dan tidak bisa masak nasi pakai ricecooker. Paling parahnya kalau magicom kita tiba-tiba rusak. 

Hmm, daripada beli nasi di warteg terus khan pemborosan rumah tangga. Lebih baik kita belajar sedikit agar bisa dipraktekkan secara terus menerus.

Sebelumnya Intan juga tidak tahu caranya masak nasi dengan cara ini karena di rumah sering pake magicom. Tapi begitu saya menikah dan tinggal di rumah mertua sementara. Disanalah pengalaman masak nasiku manual dimulai. 

Maklum ricecooker mertua sedang rusak jadi gak ada jalan lain lagi selain masak nasi lewat kompor.

Awalnya Intan gak tau caranya, jadi waktu masak nasi yang setengah matang setelah digodok di air, saya letakkan di baskom plastik nasinya dan saya masukkan ke dalam dandang yang ada saringannya di dalam. 

Saya letakkan sebaskom-baskomnya. Tapi begitu kagetnya ketika saya lihat kalau baskom tersebut leleh jadi bubur bercampur nasi yang sudah matang.

Dari kesalahan di atas, Intan akhirnya mempelajari bahwa wadah plastik tidak boleh dipanaskan. Apalagi ada isinya kaya gitu. Ternyata nasi yang setengah matang itu langsung saja diletakkan dandang di atas saringan bukan pake wadah. Wkwkwk betapa dodolnya saya.

Okay gini aja. Saya ajari mulai dari awal. Siapkan alat dan bahannya. Cara tradisional umumnya membutuhkan 2 tahap pemasakan agar nasi bisa matang secara menyeluruh.

Alat: 

- Panci
- Dandang dan saringannya
- Kompor

Bahan:
- Beras
- Air

Cara Memasak:
STEP 1- Masukkan 2 gelas beras atau lebih ke dalam PANCI.
- Cuci beras dengan air bersih.
- Buang airnya, dan cuci kembali dengan air bersih.
- Lakukan 3 sampai 4 kali sampai air beras jadi jernih. Cukup diaduk-aduk aja dan jangan diremas nanti gizi dan nutrisinya bisa ikut menghilang.
- Setelah itu isi beras dengan air matang atau air pet.
- Lebihkan air sampai 1 ruas jari telunjuk anda bisa terendam di atas beras. Berapapun takaran beras anda 1 ruas jari telunjuk adalah patokan ukurannya. Jangan sampai kelebihan nanti jadi lembek, dan jangan sampai kekurangan air nanti jadi tidak matang.
- Setelah itu masak di atas kompor dengan api sedang.
- Tunggu sampai air dalam panci meresap dan susut ke dalam beras. Lihat-lihat jangan sampai nasinya gosong.
- Jika sudah susut atau airnya di atas beras sudah hilang. Matikan kompor. 

STEP 2
- Letakkan DANDANG di atas kompor. Isi dengan 3 gelas air atau mendekati batas saringan. Tutup dengan saringannya. Tutup juga dandangnya.
- Kemudian tunggu sampai air di dandang mendidih dan berbunyi.
- Buka tutup dandang, kemudian masukkan nasi setengah matang yang ada di panci tadi ke dandang. Langsung saja masukkan ke atas saringan dikit demi sedikit.
- Jika sudah dipindahkan semuanya. Tutup dandang.
- Tunggu 30 menit.
- 30 menit kemudian. Buka tutupnya dan pegang nasinya. Jika sudah bisa menempel dan empuk di tangan.
- Matikan kompor dan nasi pulen siap dnikmati.

Barusan baca-baca di blog sebelah katanya bisa masak nasi dengan kompor dengan 1 kali tahapan aja. Intan sih belum coba. Tapi kalau teman-teman ingin coba dulu, silahkan saja.

Caranya hampir sama dari Step pertama yg tadi yaitu:
- Masukkan 2 gelas beras atau lebih ke dalam PANCI.
- Cuci beras dengan air bersih. Sampai batu, kutu, dan kulit beras kuningnya hilang.
- Buang airnya, dan cuci kembali dengan air bersih.
- Lakukan 3 kali sampai air beras jadi jernih. 
- Setelah itu isi beras dengan air bersih. 
- Lebihkan air sampai 1 ruas jari telunjuk anda bisa terendam di atas beras. 
- Setelah itu masak di atas kompor dengan api sedang.
- Tunggu sampai air dalam panci meresap dan susut ke dalam beras. 
- Jika sudah susut atau airnya di atas beras sudah hilang. Tambahkan air panas dari termos jika nasinya masih setengah matang. Lakukan langkah ini beberapa kali sampai nasi benar-benar matang. 
- Setalah itu matikan kompor dan nasi siap disajikan. 

Selamat mencoba guys. 
Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar