Minggu, 19 November 2017

Filled Under: ,

Cara Masak Cumi Enak, Empuk dan Tidak Alot Seperti di Restoran

Hewan laut yang bernama cumi ini enak banget kalau dimasak seperti digoreng tepung atau ditumis dengan tintanya. Ini adalah makanan favorit Intan di rumah.

Tidak sembarang orang bisa memasak cumi. Cumi memiliki banyak protein di dalamnya sehingga hewan ini juga mudah keras jika tidak dimasak dengan benar. 


Ada tips dan triknya jika anda mau memasak cumi yang enak dan empuk seperti cumi ala restoran. Triknya cukup mudah dan anda bisa tiru di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Pertama, memasak cumi haruslah sebentar saja dan jangan lama-lama karena jika kelamaan menjadikan cumi alot dan tidak mudah dimakan. Waktu yang pas untuk memasak cumi adalah cuma 2-3 menit saja. 

Namun jika anda sudah terlanjur memasak cumi selama 5 menit sampai 10 menit lebih. Maka lanjutkan saja masak anda sampai 30 menit agar cumi kembali lentur. 

Sebelum memasak cumi anda juga bisa merendamnya dengan larutan baking soda yang biasanya digunakan untuk mengembangkan kue. 

Membuat larutan baking soda sangat mudah.
Anda tinggal campurkan 2 sendok makan baking soda dengan 1 baskom air bersih.

Setelah itu rendamlah cumi selama 1-2 jam jika cumi sudah akan dimasak, tapi lebih baik anda bisa rendam cumi seharian di baking soda. 

Selain baking soda, anda bisa gunakan susu segar (bukan susu instan). Siapkan susu segar sapi dan tuang ke baskom, lalu campurkan cumi ke dalamnya. 

Anda bisa rendam seharian di larutan susu tersebut tapi jika anda keburu untuk memasaknya, maka anda cukup rendam selama 2 jam saja.

Ada cara lain lagi selain di atas. Kita bisa merebus cumi dulu sebelum dimasak, dan siapkan air dingin supaya kita bisa memindahkan cumi tersebut ke dalam air dingin. 

Hal ini ternyata juga bisa membuat cumi tetap empuk sebelum dan sesudah di masak.

Dengan memasak pakai cara di atas. Insya Allah rasa cumi akan empuk seperti cumi-cumi yang kita makan di restoran.
Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel iani berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar