Rabu, 29 November 2017

Filled Under: ,

Cara Ampuh Menghilangkan Pedas dan Panas pada Tangan

Jika mulut anda pedas sangat mudah diatasi hanya dengan minum yang sudah Intan Tutorial sarankan di cara kilat atasi pedas di mulut

Namun anda juga harus tahu bagaimana cara menangani rasa pedas dan panas karena cabai di tangan. Memang sebagai seorang wanita, memasak adalah hal yang sering kita lakukan. Ketika memasak kita juga terkadang harus pakai tangan untuk mengolah bahan masakan termasuk cabai. Belum lagi jika kita makan sambal pakai tangan.


Jika tangan anda secara langsung terkena cabai dan sampai sekarang keadaannya masih panas, mungkin tidak cukup dibersihkan dengan air tapi dengan zat lain yang bisa menghilangkan rasa pedas dan panas tersebut. 

1. Air cucian beras
Sama seperti nasi yang dapat menghilangkan rasa pedas di mulut anda. Kali ini air dari hasil mencuci beras bisa anda coba untuk meredakan panas di tangan.

Jika anda belum masak nasi, cobalah untuk tidak membuang air cucian tersebut karena air cucian beras berkhasiat untuk menghilangkan rasa panas dan pedas pada tangan anda. 

Caranya cukup mudah, rendam tangan anda yang terkena cabai ke dalam air tersebut sampai beberapa menit sehingga bereaksi. Barulah bilas dengan air biasa dan cucilah pakai sabun.

2. Yogurt dan Susu
Adakah yang belum tahu bahwa sesuatu yang mengandung zat patin seperti susu dan yogurt sangat baik dalam menyerap panas dan rasa pedas yang ada di dalam tubuh termasuk tangan. 

Agar pedas pada tangan segera pudar, anda bisa celupkan pada larutan air yang sudah dicampur dengan susu dan yogurt. Anda bisa pilih pakai susu cair atau bubuk, yang dingin atau hangat. 

3. Saus Tomat
Punya simpanan saus tomat di rumah??? Anda bisa pakai untuk merendam tangan anda. Tidak perlu banyak-banyak untuk air rendaman, bisa satu sampai dua sendok atau 2 sachet saos tomat saja kemudian dicampur pada air. 

Setelah itu rendamlah tangan anda ke dalam larutan tersebut selama 15 menit. Eitts, ingat ya saus tomat itu yang gak pedas dan warnanya lebih ke merah darah bukan yang pedas warna agak orange, jangan sampai salah ambil bisa-bisa tangan anda bukannya sembuh tapi malah tambah panas. 

4. Air Es
Yang namanya panas dan api bisa lemah terhadap es dan sesuatu yang dingin. Jika anda punya es batu di rumah bisa dipakai untuk menyelapkan rasa panas pada tangan anda. Niscaya beberapa menit kemudian pasti panas akan hilang dengan sendirinya.

5. Air Garam
Garam sangat populer di dalam masak-memasak dan harganya semakin naik karena sudah mulai langka. Tapi tahu gak sih ternyata air garam bisa untuk meredakan panas pada tangan anda. 

Cukup ambil garam 1 sendok saja kemudian campurkan ke dalam air panas dua 3 sendok. Lalu aduk-aduk sampai garam menyatu dengan air, barulah gosok-gosokkan pada tangan sampai tangan anda tidak berasa panas lagi.

Sekian tips dan cara kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar