Kamis, 23 November 2017

Filled Under: ,

9 Cara Mengatasi Bau Apek dari Baju yg Tidak Kering Karena Hujan

Musim hujan begini banyak ibu-ibu rumah tangga seperti saya mengeluh kesah. Why?? Karena di saat mencuci pakaian banyak baju yang belum kering sempurna. Akibatnya bau baju jadi apek dan gak enak!

Intan saja sampai bingung karena suami paling gak suka pakai pakaian yang nyemek-nyemek atau setengah basah, apalagi yang berbau apek. 

Mungkin ada yang bingung sebenarnya bau apek itu asalnya darimana? Disini Intan akan menjelaskan bahwa apek itu timbul karena pakaian kita masih basah, dan belum kering sempurna. Jadi walaupun diberi pewangi ketika mencuci baju tidak akan menyelesaikan masalah. 


Cara mengusir bau apek itu dari baju yang tidak kering, kita perlu menjemurnya kembali walaupun hujan sedang mengguyur rumah kita. Selain menjemur kita bisa mengeringkan baju tanpa adanya sinar matahari. Simak caranya di bawah ini:

1. Membuat jemuran di dalam ruang. 
Jika anda punya ruangan kosong yang tak terpakai, kita bisa menggunakannya sebagai ruang jemuran. Usahakan ruangan ini lampunya terang dan jangan redup. Punya kipas dan bersihkan dari debu. 

Siapkan tali kuat untuk menjemur lalu talikan pada tembok ruang sisi kanan dan tembok sisi kiri. Sebelum itu anda bisa pasang paku untuk tempat tali. Usahakan jangan renggang dan agak ke atas, supaya baju enak dijemur (tidak ngelembreh). 

Jika sudah jadi kita bisa menjemurnya disana. Dengan begitu pakaian kita akan tetap kering meskipun hujan. Ruangan dengan cahaya lampu yg terang dan kipas yang memberi angin pada baju anda, membuat baju menjdi cepat kering daripada yang dijemur ditempat lain.

2. Baju sebaiknya digantung daripada di taruh dalam bak
Jika anda suka mengumpulkan baju yang tidak kering dalam bak, lebih baik pakai cara lain daripada menunggu esok hari untuk dijemur lagi. 

Cara yang efektif menghilangkan baju apek dari pakaian yg masih basah hendaknya pakaian tersebut digantung di dalam rumah, Tapi jangan gantung di dalam lemari ya guys. 

Bisa di gantung di dekat lampu atau kipas supaya lebih kering, kalau tidak bisa dekatkan lampu dengan menggunakan lampu baterai yg bisa dipindah kemana-mana, dan bawa mendekat ke baju yang sudah anda gantung.

Jika punya kipas 2, bisa gunakan semuanya untuk mengeringkan pakaian kesayangan anda dengan meletakkan kipas berlawanan  arah. Kalau tidak punya kipas listrik bisa dikipas manual dengan kertas jika anda mau, tapi sesempatnya saja karena pasti capek kalau ngipasnya sampai kering. Hehehe

3. Simpan Baju ke dalam Freezer Kulkas
Siapa bilang freezer fungsinya bisa buat es batu dan mendinginkan makanan atau minuman saja? Jangan salah! Usut punya usut nih pakaian kita juga bisa kering dengan freezzer. 

Caranya cukup mudah siapkan pakaian yg belum kering tersebut lalu lipat dengan baik, bungkus dengan handuk kering lalu masukkan bungkusan baju tersebut ke dalam freezer kira-kira selama 8 jam. 

Setelah itu jemur seperti biasa dalam rumah. Dengan cara seperti ini baju akan bebas apek dan jamur.

4. Gantung dengan cara yang benar
Menggantung juga ada caranya supaya cepat kering yaitu menggantungnya dengan jarak renggang atau yang agak jauh dari pakaian lain supaya kain bisa menyerap panas secara optimal dan teranginkan dari berbagai arah. Jika anda menjemurnya rapat-rapat baju tidak akan bisa bernafas seperti itu.

5. Tutupi dengan Bantuan Kain atau Kresek Hitam
Jika anda punya kresek hitam yang lumayan banyak dan bersih bisa anda jemur bersamaan dengan pakaian anda. Caranya gampang sekali cukup potong kresek hitam sesuai ukuran pakaian anda dan ketika menjemur cukup tempelkan pada baju dan jepit secara menyatu pada jemuran atau gantungan. Dengan begitu baju anda cepat kering karena warna hitam mempunyai sifat menyerap panas dengan sangat baik. 

6. Membuat Gantungan 3 Dimensi
Anda punya gantungan baju berbahan kawat di rumah? Anda bisa menekukkan 1/3 kedua ujung gantungan baju yang terbuat dari bahan kawat, sehingga dengan begitu gantungan baju tersebut menjadi 3 dimensi. 

Ketika baju di jemur, bagian depan dan bagian belakang tidak akan bersentuhan antara satu dan lainnya, sehingga dengan angin saja bisa mempercepat pengeringan baju tanpa adanya sinar matahari.

7. Jemur dengan Menempelkan ke Mesin yg Panas
Jika anda punya pakaian yang ukurannya mungil dan kecil seperti kaos kaki, masker dan lain-lain cukup jemur pada alat eletronik yang sedang menyala seperti televisi atau komputer karena benda tersebut mengeluarkan panas yang bisa mengeringkan baju anda. 

Eh tapi inget cuma buat yang baju melempem ya, jangan ya basah banget nanti bisa merusak alat elektronik anda.

8. Pakai Hair Dyer
Jika cukup satu atau dua saja untuk mengeringkan baju dengan cepat, Anda bisa pakai alat rambut yang namanya Hair Dryer ini dengan angin dingin supaya cepat kering dan berbau apek.

9. Jangan Setrika Baju saat Tidak Kering
Setrika memang menimbulkan panas tapi kalau baju anda belum kering di setrika bau apek akan semakin muncul dan bakteri akan menempel disana. Jadi jangan lakukan daripada sia-sia. Lakukan saja cara-cara seperti sebelumnya.

Itulah cara menjemur baju ketika musim hujan. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

1 komentar:

  1. thanks tips nya, sangat membantu. Sukses selalu ya kunjungi juga website kami http://javasaromachem.com/

    BalasHapus