Selasa, 06 Februari 2018

Filled Under: ,

13 Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati Gatal pada Kulit Tubuh

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati Gatal pada Kulit Tubuh - Gatal gatal bisa menjadi momok jika menyebabkan benjolan dan rasa gatal yang tak tertahankan. Semua manusia pasti pernah mengalami kegatalan ini. Iya atau enggak iters?



Penyebab kegatalan bermacam - macam. Beberapa diantaranya diakibatkan oleh sentuhan dengan hewan yang membuat kulit kita gatal seperti ulat, nyamuk dan semut, atau lain - lain. 

Bukan hanya itu, jika anda tidak menjaga kebersihan sedangkan kulit anda lembab karena keringat dan kotoran yang menumpuk. Bisa jadi kegatalan anda disebabkan oleh jamur dan kemudian berubah menjadi penyakit panu, kadas, dan kurap. 

Untuk gatal jenis ini biasa muncul di daerah lipatan seperti leher, selangkangan, dan juga ketiak maupun sela - sela jari, atau belakang dengkul.

Tidak hanya kelembapan, tapi kulit terlalu kering pun bisa menjadi alasan kegatalan anda. Ada juga gatal karena disebabkan oleh alergi seperti makanan, dan cuaca yang terlalu dingin atau panas yang bisa bereaksi pada kulit badan anda.

Selain itu ketidak cocokan anda dengan produk atau benda yg bersentuhan dengan kulit juga jadi alasannya. Misalnya kosmetik yang tidak cocok, bahan baju yang gak enak dipakai, baju yang kotor dan menjamur.

Terakhir faktor psikologis seseorang bisa menjadi pemicunya. Diantaranya ditimbulkan dari  kecemasan dan rasa stress yang dialami oleh seseorang. 

Saya saja sudah mengalami gatal mulai dari kecil sampai gede sekarang ini. Tapi, paling sering sih suami saya yang kulitnya sensitif sama debu atau kotoran.

Nah bagi anda yang suka gatal - gatal lebih baik anda simak cara menghilangkan dan mengobati gatal paling ampuh ala Intan Tutorial.

Gatal karena Binatang

1. Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Semut gatal

Saya punya pengalaman nih pakai handuk ternyata handuk saya penuh dengan semut gatal. Hasilnya badan saya digigiti sama semut tersebut. 

Akhirnya saya pun mandi lagi dengan air biasa, dan setelah itu kulit saya saya beri minyak kayu putih dan bedak gatal, agar gatal gak terasa saya buat tidur agar besok paginya sembuh dan tidak bentol lagi. 

Dan memang benar gatal saya pun hilang dengan sendirinya. Setelah itu saya bersihkan tempat saya menggantungkan handuk yg penuh semut tersebut, supaya kejadian yang sama tidak terulang kembali.

2. Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Nyamuk

Nyamuk di tempat saya Surabaya ini ganas dan buanyak banget padahal saya selalu kuras kamar mandi berkala, tapi tetap saja nyamuk berdatangan. Pagi sampai malam pun ada. Namun paling parahnya ketika tengah malam, nyamuk hampir ratusan. 

Saya pakai nyamuk elektrikpun ga mempan, pake semprotan obat nyamuk, pakai obat nyamuk bakar saya yang gak suka asapnya, jadilah saya memakai selambu nyamuk dan raket pembasmi nyamuk agar bisa mati seketika kalau kena pukul.

Jika anda gatalnya karena nyamuk. Itu gak masalah karena gatalnya sementara, dan bisa hilang sendiri dalam hitungan jam. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencegah gigitan nyamuk yg banyak. Bisa anda lakukan seperti yg saya lakukan tadi.

Eh yang perlu anda perhatikan adalah ketika gatal itu juga diselingi dengan gejala lain seperti pembengkakan, dan panas atau demam yang tidak sembuh - sembuh karena bisa jadi anda digigit oleh nyamuk chikungunya atau demam berdarah dan harus segera diobati kalau tidak nyawa bisa melayang.

3. Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Ulat

Saya waktu kecil suka bersandar - sandar di tembok, dan suka main tanaman bunga bersama teman - teman. Sampai pulangnya saya itu suka dimarahin bapak karena kulit saya bentol - bentol kena ulat.

Untung menghilangkannya saya disuruh mandi pakai sabun antiseptik, kemudian kulit saya dibalur dengan bedak gatal.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena Jamur

4. Jaga agar kulit anda tetap kering dan bersih

Daerah belahan biasanya memang sering basah, misalnya ketiak. Apalagi bagi anda yang suka beraktifitas, nah ketika kaos anda basah kena keringat, itu saatnya anda harus ganti pakaian supaya jamur tidak muncul disana. Pastikan ketiak anda sudah dibersihkan dulu dan usap dengan handuk atau tisu sebelum memakai kaos.

Jika anda lebih sering gatal di daerah selangkangan. Anda perlu menjaga daerah tersebut dari kelembapan terutama seusai buang air kecil karena daerah ini sering terkena cipratan air. 

Sebaiknya sebelum menggunakan celana, anda perlu membasuhnya dulu pakai tisu dan anda perlu pakai celana longgar agar selangkangan anda bebas bergerak, serta tidak mudah berkeringat. 

Pilihlah juga celana yg bisa meresapkan keringat seperti bahan katun. Untuk perempuan sebaiknya anda menggunakan rok dibandingkan celana agar selangkangan juga tidak mudah gatal.

5. Obati dengan obat salep anti jamur

Jika anda sudah gatal, gatal jenis ini bisa anda obati dengan memakai obat salep anti jamur yang bisa anda beli di apotik atau toko obat terdekat anda. Yang saya tahu anda bisa beli Kalpanax atau Ultracilin. Oleskan secara berkala 3x sehari sampai gatal anda sembuh. 

6. Sering mandi dan bersihkan seluruh tubuh

Gatal akan hilang jika anda mandi menggunakan sabun pembersih badan secara teratur. Tidak hanya 2x saja, anda bisa mandi saat badan anda kotor dan tidak enak karena panas. Gak ada yang melarang anda mandi sampai 5x sehari lhoo. 

Yang penting anda mandi harus bersih terutama di area yang rawan terkena jamur. Sabun dan gosok - gosok sampai bersih. Semakin anda sering mandi, jamur  pun akan tidak betah merambat ke tubuh anda.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena Kulit Terlalu Kering

7. Usahakan kulit anda tidak kering

Kulit kering dan basah memang gak baik untuk kesehatan oleh karena itu usahakan kulit anda tidak terlalu lembab dan kering. Supaya kulit anda tidak kering, anda bisa mengatasinya menggunakan lotion atau lebih dikenal hand body untuk dioleskan ke seluruh kulit tubuh anda.

Kecuali pada kulit wajah anda bisa gunakan pelembab wajah, jangan handbody ya guys karena wajah lebih sensitif sedangkan lotion handbody tidak cocok digunakan untuk itu.

Obat yang cocok untuk gatal ini adalah salep anti jamur yang sudah saya bahas di atas.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena Alergi

8. Jauhi apa yang menjadikan alergi anda

Anda pasti tahu yang menjadi alergi anda selama ini. Entah itu udang, ayam, ataupun daging karena setiap orang pasti punya alergi yang berbeda - beda. 

Walaupun anda tahu, mungkin ada sering tidak sengaja memakannya. Hal ini karena bisa jadi anda tidak tahu bahwa makanan tersebut terbuat dari bahan yang menyebabkan anda alergi karena memang tidak tampaknya bahan tersebut.

Oleh karena itu anda harus lebih berhati - hati. Anda juga bisa menanyakan pada pembuat makanannya terlebih dahulu bahwa makanan tersebut dari apa supaya lebih aman.

9. Obati gatal dengan obat minum

Jika sudah terlanjur gatal karena alergi, anda bisa mengobatinya dengan obat minum untuk mengatasi gatal - gatal tersebut. Obat gatal ini saya biasa meminum CTM dan obat gatal Dextamin. Anda bisa minum salah satunya saja karena keduanya punya fungsi sama.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena Ketidak Cocokan

10. Sadari apa yang tidak cocok dan menyebabkan anda gatal

Gatal bisa muncul ketika anda tidak cocok memakai sesuatu. Misal anda gatal ketika wajah anda terkena kosmetik yang anda pakai, tangan anda gatal ketika memakai cincin perak atau kuningan, dan anda sering gatal kalau pakai pakaian tertentu.

Jika anda sudah menyadari apa yang tidak cocok dan dapat menimbulkan gatal, lebih baik jangan pakai lagi benda tersebut untuk kedua kali. Kalau anda mau, lebih baik berikan pada saudara atau teman daripada tidak terpakai.

Supaya gatal anda hilang, anda bisa oleskan salep gatal atau obat gatal yang bisa diminum agar gatal bisa hilang dari dalam.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena Psikologis

11. Hilangkan stress dengan menghibur diri.

Gatal karena keadaan emosional kita sebenarnya lebih mudah dihilangkan. Gatal yang timbul akibat rasa kecemasan dan stress akan hilang sendirinya jika anda bisa mengontrol diri agar lebih berpikir positif, merilekskan diri, dan tidak terlalu memikirkan masalah terlalu berlebihan.

Ingat selain gatal, stress juga menurunkan imun tubuh yang menjadikan tubuh anda rentan dihinggapi penyakit. Oleh sebab itu, lebih baik jauhi stress sebelum anda memperburuk diri anda sendiri.

Cara Ampuh Menghilangkan dan Obati gatal dari Gatal karena lain - lain

12. Menggaruk

Menggaruk yang gatal memang membuat anda merasa lebih nyaman dan lega, tapi jika gatal sering digaruk maka kulit anda juga rusak. Apalagi kalau kuku anda panjang - panjang dan kotor. Pasti sering kali anda berdarah jika menggaruknya terlalu parah. 

Dalam menggaruk gatal, sebaiknya anda potong kuku dulu supaya gatal anda tidak terinfeksi dengan kuku anda. Sebaiknya jika tidak terlalu gatal anda bisa menepuk - nepuknya daripada menggaruknya. Toh sama saja dapat menghilangkan gatal dengan sementara.

13. Bedak Gatal

Bedak gatal seperti Herocin sangat membantu dalam meredakan gatal. Sebelum memakainya anda perlu bersihkan badan dulu, kemudian usapkan ke daerah yang gatal saja. Barulah anda bisa tunggu bedak bereaksi.

Semoga bermanfaat ya cara menghilangkan rasa gatal dan mengobatinya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar