Sabtu, 17 Februari 2018

Filled Under: ,

Cara Mencuci Baju dengan Tangan Sampai Bersih dan Wangi

Cara Mencuci Baju dengan Tangan Sampai Bersih dan Wangi - Tidak semua orang menggunakan mesin cuci. Meskipun pakai mesin cuci,tak semua baju yang harus masuk ke mesin cuci apalagi kalau bahan bajunya mudah sobek dan halus. 

Bisa bisa malah rusak kalau dicuci pakai mesin. Nah alternatif lain kita harus bisa mencucinya dengan tangan. Kalau tidak hati - hati tangan juga bisa lecet - lecet karena banyak gesekan tangan. Baca juga: cara membuat lontong atau ketupat tanpa daun.

Mencuci baju cukup mudah, tapi kadang pegel juga kalau cucian numpuk segunung. Kalau punya suami mungkin bisa minta bantuannya buat jemur nanti. Seperti yang biasa saya lakukan. Hehehe.


Kalau saya, sebelum mencuci anda sebaiknya pisahkan dulu pakaian putih dan warna. Supaya warna putih itu tidak terkena noda warna pakaian lainnya dan tidak berubah jadi kuning. Bisa juga anda pakai pemutih pakaian khusus baju putih, seperti seragam sekolah atau kemeja putih untuk ke kantor.

Sebelum di beri sabun cuci, siapkan satu ember berisi air bersih untuk membilas kotoran pertama kali supaya apa yang menempel di baju bisa larut dulu ke dalam air. Gak perlu dikucek secara serius, cukup kucek ringan dan peras. Lalu letakkan ke dalam ember kosong selanjutnya. Kucek semua baju anda sampai habis lalu masuk ke tahap berikutnya.

Tahap kedua, isi ember kosong dengan air bersih, cukup setengah ember (ember besar) saja lalu masukkan ke dalamnya secukupnya sabun cuci. Masukkan beberapa pakaian hingga terendam ke dalam air sabun. Biarkan atau diamkan sekitar 10 menit supaya kotorannya hilang dulu.

Anda bisa tunggu dengan melakukan hal lain, seperti menonton tv atau memasak. Sepuluh menit kemudian, anda bisa kucek pakaian yg direndam tadi. Kuceknya itu utamakan di bagian yg menimbulkan bau, misalnya ketiak, atau kalau anda suka berkeringat di punggung kucek bagian belakang baju.

Jika anda ingat bagian yg terkena noda pada baju juga harus dikucek seperti bagian yg terkena tinta, saus, lipstik atau yang lain. Kalau sudah dikucek masukkan ke ember lain. Kucek semua pakaian satu per satu sampai habis.


Untuk pakaian berbahan tebal seperti jaket dan celana jeans anda perlu mengucek dan menyikatnya di bagian yg terkena noda aja supaya hilang soalnya berbahan tebal biasanya nodanya sulit dihilangkan kalau ga pake sikat.

Tahap ketiga, harus ada ember lagi yang berisi air. Kalau bisa pakaian tadi yg sudah diletakkan ke ember kosong bisa langsung diisi air. Isi air sampai penuh. Setelah itu tambahkan pengharum pakaian sekali bilas. Sekarang sudah banyak yang seperti ini, supaya sabun cucinya bisa hilang seketika.

Tapi kalau anda tidak pakai yang sekali bilas. Anda perlu bilas pakaian dua kali agar sabun bisa hilang. Pada bilasan terakhir jangan lupa tambahkan pengharum pakaian, supaya pakaian harum, wangi ketika dipakai.

Kalau sudah dibilas, anda bisa langsung peras sampai airnya hilang, lalu letakkan lagi ke ember lainnya yg kosong. Kemudian langkah terakhir anda bisa jemur pakaian ke tempatnya. 


Pakailah gantungan baju agar bisa hemat tempat, dan siapkan penjepit pakaian agar baju anda yg tidak digantung tidak jatuh ke tanah. Baca selanjutnya: Yuk kepoin cara mengikat sepatu ala Jepang.

Tahukah iters dengan mencuci baju dengan tangan, banyak manfaat yg kita peroleh. Diantaranya kulit tangan kita juga menjadi halus, menjadi lebih putih, menghilangkan kalori sehingga badan juga gak gendut.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang cara mencuci baju dengan cepat dan wangi. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar