Minggu, 22 Oktober 2017

Filled Under: ,

Cara Membuat Es Kelapa Muda / Es Degan Special

Es kelapa muda yang sering kita sebut dengan es degan ini adalah sebuah minuman alami dari buah kelapa. Es degan sangat berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain yang Intan sudah bahas dalam cara mengobati demam berdarah secara alami, serta dapat menetralkan racun yang masuk dalam tubuh. 

Bukan itu saja, es kelapa muda untuk pria khasiatnya sangat manjur untuk meningkatkan kualitas sperma. Hal ini erat kaitannya dengan cara cepat hamil setelah menikah yang bisa anda baca di Intan Tutorial.

Cara membuat es degan itu mudah sekali menurutku. Aku dulu waktu kecil sangat suka sekali yang namanya es degan. Degan atau kelapanya aja aku punya sendiri. Bukan punya alias punya nenek aku yang ada di sumenep madura. Dulu tanahnya banyak dan ditanami apa aja termasuk pohon kelapa.

Sayang sekarang rumahnya, tanah, dan halamannya tidak terurus dengan baik karena nenek saya ikut mama di Jawa sini.

Dulu kalau mau bikin es degan. Harus ada yang manjat dulu pohon kelapanya. Ambil degannya dulu. Kalau uda sama emak atau nenek saya dikupas pakek kapak. Kalau mau lagi, anda bisa kupas pakai cara unik kupas kelapa yang bikin ngiler.

Bagian atasnya dilubangi dulu, buat ambil air yang khas itu. Setelah itu, baru buah degannya dibelah dua.

Kalau udah kelihatan isinya. Kami disuruh ngerok sendiri-sendiri pakai sendok. Tapi kalau ngerok sendiri kadang belum jadi es, degannya sudah habis. Hihihi.

Yang paling enak itu ya degan muda, Kalau mau ngerok mudah sekali karena dagingnya lembut, kenyal-kenyal dan warnanya bukan putih melainkan bening. Enak sekali.

Hasilnya tadi baru ditaruh ke wadah seperti rantang atau gelas. Dicampur dengan air kelapanya kemudian kasih gula pasir secukupnya. Tapi kalau ga dikasih gula juga enak kok rasanya. Lalu tuangkan es kecil-kecil. Es degan siap dinikmati.

Ok sekian pengalaman Intan membuat es degan dari desa, kalau di kota sih ga perlu ribet kaya gitu. Tinggal beli aja es degan 5000 sampai 10.000 udah dapet.

Oh iya kalau di Malang es degannya sudah upgrade. Jadi ada es degan dengan campuran minuman lain supaya es kelapa muda menjadi kaya rasa. Seperti es degan susu, es degan madu, ataupun es degan sirup.

Tapi tetap saja yang membuat special menurut saya adalah es degan dari kelapa muda yang lembut dan bening dengan air original dari buah kelapa itu sendiri tanpa campuran apa-apa.

Selamat mencoba ya guys.. .

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar