Senin, 30 Oktober 2017

Filled Under: ,

20 Cara Cepat Menumbuhkan Rambut pada Bayi

Bayi sewaktu lahir ke dunia dikaruniai bentuk yang bermacam-macam rambut, sesuai dengan gen si Ayah dan Ibunya. Ada yang lahir dengan rambut keriting, rambut blonde, rambut lurus, ataupun botak maupun tipis.

Mirip sama satu keponakan saya dari suami. Rambut bayinya itu lucu bagian kanan kirinya lebat sedangkan bagian tengahnya tipis. Jadi gemes liatnya.


Rambut pada bayi mempunyai fungsi yang sama seperti manusia pada umumnya. Rambut selain menunjang penampilan, rambut juga melindungi kulit kepala dari sengatan matahari, melindungi dari kotoran maupun hawa dingin.

Jadi maklum jika semua orang tua menginginkan rambut yang tumbuh subur dan tebal untuk bayi mereka. 

Kata orang-orang semakin tebal rambut, semakin geli juga waktu ngeluarinnya dari perut. Jikalau bunda tahu bahwa pertumbuhan rambut sebenarnya bisa diatur sejak dalam kandungan. Fakta mengatakan rambut bayi mulai terbentuk sejak usia 5 bulan dalam kandungan.

Jadi jika ingin punya bayi yang berambut lebat bisa diatur sedini mungkin. Caranya hanya dengan makan-makanan yg mengandung protein dan asam follat yang tinggi selama hamil. Diantaranya:

1. Air Rebusan Kacang Hijau
Kacang hijau termasuk salah satu makanan yang tidak saya sukai tapi ternyata banyak manfaatnya diantaranya untuk melebatkan rambut bayi dalam kandungan.

Caranya cukup mudah hanya dengan merebus kacang hijau dan sarinya anda bisa minum, supaya lebih enak bisa ditambahkan sedikit gula. Konsumsi secara rutin untuk hasil yang optimal. 

2. Daging tanpa lemak
Setiap daging pasti ada lemaknya tapi yang dimaksud disini yaitu menghindari bagian gajihnya. Cukup makan dagingnya saja. Lauk yang paling sempurna untuk ibu hamil bisa didapat dari daging ayam kampung bagian paha yang menjadi salah satu favorit untuk dijadikan penumbuh rambut bayi.

3. Tempe dan Tahu
Jikalau anda tahu ternyata makanan yang murah dan merakyat ini punya peran penting dalam penumbuhan rambut ketika dalam kandungan. Anda bisa jadikan lauk pauk yang dikombinasikan dengan nasi.

4. Air Kelapa
Air kelapa ini selain menyegarkan dan harganya murah serta mudah di dapat (Kemaren beli 5000 dapet 1 botol gedhe Aqua). Dengan mengkonsumsi air ini ibu hamil percaya bahwa rambut bayinya akan tumbuh subur.

Kita juga kadang sering kali melihat rambut bayi rontok tiba-tiba. Biasanya saat bayi berumur 4 bulanan. Hal ini wajar saja karena akan ada rambut baru yang mau tumbuh.

Menurut Dan Brennan, dokter anak dari Santa Barbara mengatakan ”Rontoknya rambut bayi bisa saja dramatis, langsung rontok banyak dan botak, atau bisa juga tidak kelihatan, terutama jika rambut baru tumbuh secara bertahap.”
Proses tumbuhnya bayi berawal pada usia 6 bulan sampai usia balita. Disaat rambut baru keluar sedikit demi sedikit sering kali mengurangi minyak kepalanya akibatnya kulit kepala sering kering.

5. Minyak Kemiri
Makanya ada cara kelima untuk menumbuhkan rambut yaitu dengan memberikan minyak kemiri pada kepala bayi. Kemiri sendiri mengandung protein dan sarat akan mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, dan zat besi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala sehingga memperlancar pertumbuhan rambut si kecil. 

Jika anda bingung dimana anda mendapatkannya. Bisa pakai produk bayi yang mempunyai kandungan minyak kemiri tersebut.

6. Shampoo yang mengandung Seledri
Sampo bayi ini juga bisa anda temukan di toko-toko bayi karena pada dasarnya seledri mempunyai peran penting dalam hal penumbuh rambut bayi supaya sehat.

7. Selalu menjaga kulit kepala Bayi
Kulit kepala adalah tempat tumbuhnya rambut, maka dari itu harus dijaga sebaik-baiknya jangan sampai terlalu kering ataupun lembab, dan juga jangan sampai terluka ataupun muncul ketombe. 

Jika terlalu kering dan berminyak mengakibatkan gatal dan rambut rontok, untuk mencegahnya anda bisa pakai minyak sedangkan jika kulit kepala terlalu lembab, anda bisa gunakan minyak khusus pada bayi.

8. Selalu menjaga kebersihan rambut bayi
Rambut harus rajin dikeramasi, tapi jangan pakai sampoo terlalu banyak nanti rambut terlalu lembab dan mudah rontok. 

9. Ubah posisi tidur bayi anda.
Bayi yang berumur 1 bulan biasanya hanya tidur terlentang, maka dari itu kebanyakan yg kotor adalah rambut belakang, agar yg kotor tidak disana saja bayi bisa kita latih untuk tidur miring atau tidur tengkurap. Hal ini bisa meminimalisir kotornya pada rambut bayi anda.

10. Alas kepala bayi dan topi juga harus bersih.
Yang harus diperhatikan juga adalah bantal bayi yang selalu dipakainya juga harus selalu bersih karena kotoran pada bantal maupun topi yang kotor bisa berpindah ke kepala bayi dan menyebabkan gatal serta menghambat pertumbuhan rambut bayi.

11. Sisir Rambut Bayi
Sisir rambut bayi dan rambut orang biasa berbeda. Sisir rambut bayi yang kering tidak boleh menggunakan yang rapat karena bisa membuat rambut kusut dan merusak rambut. Hindari juga memakai sisir berbahan nilon karena membuat rambut patah-patah pada bayi. Sebaiknya belilah sikat rambut bayi karena teksturnya halus dan memang cocok untuk rambut si kecil anda. Jika kotor bersihkan dengan air hangat. Dengan begitu rambut akan cepat sehat dan tumbuh lebat. 

12. Gel Lidah Buaya
Gel ini fungsinya sebagai masker rambut pada bayi yang umurnya sudah 2 bulan ke atas. Caranya cukup mudah, ambil 1 buah daging lidah buaya yang sudah dibuang kulitnya. Oleskan gel tadi pada rambut bayi secara perlahan dan pastikan supaya tidak terkena kulit. Aplikasikan 10 menit sebelum mandi dan bilas dengan sampo ketika mandi. Dijamin rambut bayi anda akan cepat tumbuh.

13. Gunakan Shampoo khusus Bayi
Alih-alih mau berhemat, bayi tidak boleh dipakaikan sampo yang sama seperti kita karena kulit kepala dan rambut sangat berbeda. Pakailah sampoo bayi yang tidak pedih di mata, sedikit busa dan memang diperuntukkan untuk bayi supaya rambut dapat tumbuh dengan sempurna.

14. Minyak Zaitun dan Madu
Kedua bahan ini merupakan kombinasi yang pas untuk pelembab alami pada bayi. Caranya juga cukup mudah, tinggal campurkan minyak zaitun dan madu lalu aduk rata, aplikasikan ke seluruh rambut sambil pijat dengan lembut kepala bayi, diamkan  10 menit. Bilas dengan air tanpa menggunakan samphoo.

Madu mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menumbuhkan rambut. Sementara minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat penting untuk merawat kulit bayi. Itulah khasiatnya untuk penyubur rambut bagi bayi.

15. Minyak Zaitun dan Buah PisangMinyak zaitun bisa juga dicampur dengan buah pisang untuk dijadikan sebuah pasta bergizi untuk rambut si kecil anda. Cara tidaklah sulit dan hampir sama dengan cara no.14. tapi untuk yang satu ini karena ada buah pisangnya jadi harus dikupas dahulu, dan dihancurkan sampai halus dengan sendok barulah dicampur dengan minyak zaitun.

16. Berilah ASI yang cukup
Bayi yang masih menerima ASI harus mendapatkan jumlah ASI yang cukup, juga termasuk untuk bayi yang mendapatkan susu formula. Bayi yang kekurangan cairan biasanya memiliki pertumbuhan rambut yang lebih lambat.

17. Henna
Henna seringkali terkenal untuk digunakan sebagai pacar atau pewarna kuku yang alami. Asal anda tahu, ternyata bahan yang terbuat dari daun alami ini bisa dipakai sebagai penumbuh rambut bayi. 

Caranya mudah sekali hanya dengan mencampurkan bubuk henna dengan air hangat dan balurkan rata pada rambut si debay, diamkan selama 1 jam hingga kering baru dibilas sampai bersih. Selain mempercepat pertumbuhan rambut, henna juga membuat rambut bayi anda hitam berkilau.

18. Jangan pakaikan hiasan rambut atau jepit rambut pada anak
Mungkin kadang sebagai orang tua kita selalu ingin anaknya terlihat cantik, lucu, mempesona. Maka di diberi hiasan rambut ini itu pada bayi. Jika anda ingin mempunyai rambut bayi yang kuat dan tidak mudah rontok, lebih baik jangan lakukan ini. Jika ingin, cukup gunakan untuk selfi saja jangan gunakan jepit rambut pada bayi sampai berjam-jam karena akan mengganggu pertumbuhan rambut.

19. Jaga Nutrisi dan Pola Makan pada Ibu Menyusui
Ibu menyusui juga perlu makan yang bernutrisi, bergizi dan harus bisa mengasupi gizi bayinya melalui ASI. Ibu menyusui harus mendapatkan asupan kalsium yang cukup sehingga nutrisi ini juga diserap oleh bayi lewat ASI. Beberapa produk yang mengandung kalsium dan harus dikonsumsi oleh ibu menyusui seperti telur, susu, yogurt dan jenis makanan lain. Karena jika bayi kekurangan nutrisi mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan rambut pada bayi.

20. Alpukat dan madu
Yang terakhir adalah buah paling enak di dunia menurut Intan. Alpukat ini selain membuat awet muda karena vitamin E-nya ternyata sangat berkhasiat dalam memanjangkan rambut pada bayi. Caranya cukup mudah, hanya seperti kita membuat jus alpukat, jadi pilih yang matang kemudian hancurkan, barulah dicampur dengan madu murni sedikit. Oleskan pada rambut dan bilas lagi dengan sampo. 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar