Jumat, 20 Oktober 2017

Filled Under: ,

Resep Membuat Onion Ring Goreng Crispy Sederhana Nan Lezat

Bawang putih atau bawang merah goreng sudah biasa. Yang belum biasa adalah bawang bombay goreng. Orang-orang tidak biasa menggoreng bawang ini karena bawang bombay tidak selalu menjadi bahan masakan. 


Bawang bombay juga harganya relatif mahal dibandingkan harga bawang lain-lainnya. Saya beli 3 buah bawang bombay ukuran segar dengan harga 5000 di pasar pacuan kuda di Surabaya. Tapi harga sayur dan bawang kadang berubah-ubah dan berbeda-beda di tempa lain.

Onion ring sepertinya kurang terkenal dan populer di masyarakat, padahal onion ring termasuk jajanan enak dan manis. Buktinya ketika saya masak dirumah saya dan keluarga mertua. Masih belum ada yang mengenalnya. Bahkan mama dan ibu mertua saya tanya resep ini kepada saya yang baru belajar masak.

Kenapa kok dinamai union ring? Karena bentuknya yang unik seperti sebuah cincin yaitu cincin bawang. Pertama kali makan saya waktu kuliah, beli di mall Matos malang karena diajak teman saya dan kebetulan saya penasaran gimana rasanya. Rasanya emang gurih, kriuk, renyah, dan sedikit manis. Hampir miriplah sama saudaranya si bawang merah.

Cara membuat onion ring sederhana yang dimaksud adalah membuat gorengan bawang bombay dengan tepung bumbu instan atau yang sudah jadi. Anda bisa pakai tepung bumbu kentacky yang biasanya buat ayam goreng karena menurut saya lebih enak dan crispy kalau dimakan bisa bunyi kriuk-kriuk gitu.

Tips untuk memilih bawang bombay yang mau diolah jadi Onion ring yaitu pilihlah bawang bombay yang ukuran besar supaya nanti jadi bagus hasilnya. Ngirisnya juga tebal-tebal kalau bisa ukurannya setebal kuku anda.

Langsung aja ya daripada penasaran:

Alat:
- Wajan untuk menggoreng

- 3 buah mangkok

- 1 piring

- Sendok

Bahan:
- 1 atau 2 siung bawang bombay yang ukuran besar

- 1 sachet tepung bumbu instan

- 1 gelas air matang

- Minyak goreng secukupnya

Cara Memasak:
- Kupas bawang bombay

- Iris bawang bombay tebal-tebal jangan tipis-tipis supaya berasa.

- Setelah itu jangan lupa ambil isinya di dalam, dibuka juga, jadi bentuknya bundar bukan tumpul.

- Setelah itu siapkan air matang di mangkok

- Celupkan bawang yang sudah di iris tadi ke dalam mangkok berisi air

- Lalu mangkok satunya isi dengan tepung bumbu.

- Setelah dicelup ke air langsung taburi atau lumuri dengan tepung. Sehingga bisa nempel.

- Sesudah diberi tepung, sisihkan ke mangkuk yang satunya.

- Ketika semua sudah dilumuri, siapkan wajan beri minyak yang lumayan banyak sehingga bawang bombay bisa tenggelam.

- Masak hingga berubah warna coklat kekuningan.

- Jika sudah matang, tiriskan dan taruh di atas piring.

- Onion ring siap disantap.

Menggoreng Onion ring perlu trick supaya bisa mengembang enak, dan gurih. Supaya mengembang anda bisa tambahkan soda kue, atau celupkan ke air soda (bisa pakai sprite atau coca-cola) sebelum menggoreng. 

Trick ini tidak saya tulis di resep karena waktu itu saya memasaknya tidak pakai soda kue karena kebetulan tidak punya stocknya. Meski gitu tetap enak dimakan kok. Hehehe.

Supaya renyah dan guring menggorengnya harus dengan minyak banyak biar bawangnya bisa tenggelam tidak mengambang dan lengket tepungnya di wajan penggorengan.

Ada juga yang menggorengnya dengan campuran telur seperti cara saya jamur crispy di postingan yang lalu.
Gimana? Mudah sekali khan? Onion ring ini enak banget buat camilan ditambah dengan saos barbeque atau saus tomat. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar