Selasa, 17 Oktober 2017

Filled Under:

Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Tidak Bisa Di Cas

Selamat pagi semuanya. Hal yang menjengkelkan untuk pengguna laptop adalah masalah baterai laptop yang tidak mengisi walaupun sudah kita charger. 

Beberapa kemungkinan membuat hal ini terjadi karena kelalaian kita yang bisa membuat daya baterai tidak bertahan lama. 

Yang pertama penyebabnya adalah anda menggunakan laptop sampai mati tanpa mengecasnya. Mungkin bagi anda sepele tapi kebiasaan ini bisa menjadi nightmare jika anda melakukannya secara terus menerus.

Penyebab kedua, anda sering kali terlambat mengeces. Baterai dicas harusnya saat dayanya masih lebih 10%. Namun jika anda mengecas dalam baterai yang sangat menipis seperti 1% sampai 9%. Jangan kaget jika baterai anda mulai ngambek.

Selain dari kerusakan pada baterai bisa saja hal ini terjadi karena pengaruh eksternal seperti stop kontak, gangguan listrik, gangguan error sementara, gangguan pada cas, dan lain-lain. 

Makanya sebelum anda membeli baterai baru, coba cara-cara yang sudah Intan siapkan untuk memperbaiki baterai anda. Barangkali berhasil walau kemungkinan terkecil masih mengharuskan anda membeli baterai baru.

Intan juga punya laptop kecil alias notebook. Saya sayang banget dengan laptop ini karena dia sudah setia menemani Intan selama 8 tahun lamanya. Laptop fungsinya sangat banyak dan jenisnya yang bisa dibawa kemana-mana membuat praktis.

Tapi kepraktisan tersebut bisa hilang saat anda harus terima laptop sudah tidak bisa pisah dengan chargernya karena harus dicolok dulu sebelum menyalakannya. 

Okay, yuk simak cara mudah mengatasi baterai laptop atau notebook yang tidak bisa di charge::

1. Restart Laptop Anda

Laptop tidak mengisi bisa jadi ada eror pada sistem internalnya. Untuk mengatasinya anda cukup matikan laptop anda, lalu hidupkan lagi semenit kemudian. 

Untuk praktisnya anda bisa tekan tombol restart saja supaya lebih cepat. Kadang cara mudah ini bisa mengembalikan pengisian baterai secara normal.


2. Pastikan Kabel Cas dan Colokan Sudah Melekat Erat

Ketidakngecasan baterai laptop anda mungkin hanya karena ketidaksempurnaan anda memasukkan kabel laptop pada lubangnya atau ketidak-eratan kabel laptop dengan adaptornya jika anda memakai kabel laptop dengan kabel dua seperti punya Acer.

3. Cek Stop Kontak

Kadang kala adaptor daya laptop bisa berhenti bekerja untuk sementara waktu untuk melindungi diri dari catu daya pada stop kontak yang aliran arusnya jelek. Untuk solusinya anda cukup pindahkan charger anda ke colokan stop kontak lainnya.

4. Dinginkan Baterai

Baterai laptop bisa saja tidak berfungsi karena anda menyalakan laptop terlalu lama dan baterai menjadi panas. Untuk itu anda perlu mengistirahatkannya sejenak selama selang beberapa menit saja sampai baterai dingin. 

Anda bisa copot baterai untuk mempercepat prosesnya. Jangan lupa matikan dulu laptop anda sebelum melakukan hal itu.

5. Nyalakan Laptop Tanpa Baterai

Sebenarnya laptop masih bisa menyala tanpa menggunakan baterai. Yang penting aliran listrik masih bisa disambungkan dengan baik melalui charger.

Lakukan hal ini untuk mengecek apakah kabel charger anda yang bermasalah atau tidak? Pasalnya jika charger andalah yang menjadi penyebabnya maka laptop akan mati jika menyalakan laptop tanpa baterai dilakukan.

6. Periksa Kabel Cas Anda

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Jika memang charger anda bermasalah, silahkan periksa mungkin ada kabel yang bengkok, mengelupas, putus atau terbakar. Anda juga bisa mengandalkan indera perasa untuk mencium bau aneh yang sering muncul pada kabel.

Beberapa charger laptop memiliki kabel yang terpisah antara bagian charger yang terhubung ke stopkontak dengan bagian charger yang terhubung ke laptop, biasanya bagian tersebut dapat dipisahkan dari adapternya.

Jika charger anda termasuk yang pisah. Saya sarankan sebelum membeli charger bagian manakah yang ada masalahnya. Hal ini penting supaya anda tidak membuang-buang uang nantinya.

Karena saya sempat membeli 1 pasang charger dengan sangat mahal antara 300 ribu tapi ternyata yang rusak hanya kabel penghubung adapter dengan colokan laptop (Ada di gambar yang di kotak i, saya gak tau namanya apa.. hehe maklum perempuan) yang bisa dibeli di toko listrik dengan harga 12 ribu saja.

7. Cek Baterai

Baterai adalah kemungkinan besar selain charger laptop anda yang bermasalah. Silahkan cek baterai anda dulu sebelum membeli. Bisa jadi baterai tidak berfungsi karena debunya yang menumpuk menghalangi koneksi yang lancar antara laptop dengan baterai.

Berapa usia baterai anda selama ini? Jika anda sudah memakainya bertahun-tahun dan tidak ganti juga bisa saja baterai anda sudah usang alias ketahanan daya baterai sudah menghilang karena terkikis oleh waktu.

8. Atur Lagi System Management Controller

Mungkin sedikit ribet tapi gak susah anda hanya tinggal ikuti langkah ini sesuai dengan jenis baterai anda:

- Baterai Tanam yg Tidak Bisa di Lepas
Matikan laptop. Tekan tombol shift + CTRL + < (tombol arah kiri) + tombol power secara bersamaan. Lepas tombol lalu nyalakan laptop lagi dengan begita system akan memperbarui secara otomatis.

- Baterai yg Bisa di Lepas
Matikan laptop, copot baterai, copot charger lalu diamkan selama 1 menit. Nyalakan lagi seperti semula, jangan lupa kembalikan baterai terlebih dahulu, baru pasang charger dan nyalakan laptop.

9. Unistall Driver dan Instal Ulang

Uninstall driver sangat mudah dilakukan jika anda mengetahui caranya. 

Pertama cari control panel di laptop anda >> System & security >> system >> device manager >> batteries >> Microsoft ACPI - Compliant Control Method Battery >> Click kanan dan Unistall

Cek perubahannya klik tombol "Scan for hardware changes" atau buka tab Action >> Scan for hardware changes. 

Install ulang driver akan berlangsung otomatis. Anda bisa tunggu prosesnya sampai selesai

10.Cek Garansi Laptop Anda

Cek nota pembelian laptop anda barang kali masih ada kartu garansi yang masih berlaku. Jika masih berlaku, usahakan jangan utek-utek laptop anda sendiri yang mengakibatkan rusaknya laptop akibat kesalahan sendiri karena nantinya garansi akan hangus. 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar