Rabu, 23 Agustus 2017

Filled Under: , ,

Cara Paling Ampuh Menghemat Kuota Whatsapp Terbaru

Siapa yang tak kenal Whatsapp atau yang sering disingkat dengan nama WA. Jaman now ini sudah ketinggalan chat - chat lainnya. Bahkan mulai anak muda, pelajar, guru, karyawan, buruh, dan ibu rumah tangga pun memakainya sebagai alat chat mengobrol dengan teman atau saudara.

Pakai Wa tuh enak banget. Bahkan sekarang perusahaan dan penjual banyak yang pakai aplikasi ini untuk bekerja. Keunggulan WA ini adalah bisa membentuk sebuh grup dan kita bisa berbagi apa saja disana. Mulai dari suara, video lucu, foto, berita, sharing cerita, curhat atau sekedar say hi kepada beberapa teman sekaligus.

Emang sih bagus untuk kita kalau bisa saling komunikasi, tapi kadang kantong jebol hanya karena kita memakai WA yang termasuk boros ini kalau gak tahu cara menghematnya. Apalagi buat anda yang pelihara grup banyak.

Yakin deh, anda pasti punya grup lebih dari 1?? Benar atau enggak? Saya aja ada grup keluarga, grup kantor, ada grup blogger, dan grup teman.  Kalau anda?? Semakin banyak grup yang anda ikuti, saya yakin kuota anda akan semakin boros juga.

Hal ini karena setelan pabrik WA telah mengatur jika ada seseorang yang mengirimi anda foto dan video entah itu lewat chat pribadi atau chat grup, maka hp anda secara otomatis akan mengunduh dan mendownload video dan foto di hp secara otomatis. Berapapun besar ukurannya pasti ga masalah selama anda masih punya kuota.

Saya aja punya 4 grup, memory hp rasanya ingin mbledos, apalagi kuotanya waktu saya gak bisa hemat kemaren. Saya aja pernah seminggu lalu beli kuota 15 gb dan langsung habis  dalam waktu 3 hari. Apa gak tekor tuh?

Karena beli kuota itu gak murah, saya yakin anda juga ingin tahu cara ampuh menghemat kuota whatsaap ini. Untuk itu Intan disini ingin membagikan caranya khusus iters semua. Cukup mudah sih. Anda tinggal mengikutinya step by step.

- Masuk ke Whatsapp anda, kemudian klik tanda titik 3 yang ada di pojok kanan atas. Lalu pilih setelan.


- Kemudian pilih lagi penggunaan data dan penyimpanan


- Lihat yang saya lingkari berbeda warna tersebut. Silahkan atur keinginan anda. 



Jika anda ingin menghemat kuota data internet anda di hp lebih baik pilih kotak biru, dan hilangkan centangnya semua. 

Jika anda memakai mifi seperti saya, agar irit maka anda juga perlu pilih kotak merah, dan hilangkan centangnya semua. Namun apabila anda tidak punya mifi / wifi, anda bisa abaikan yg satu ini. 

Jika anda ingin mengirit roaming, maka pilih juga kotak warna ungu. 

*Mungkin ada yg belum jelas tentang roaming, roaming adalah ketika anda berpindah ke koneksi lain. Misal dari kuota hp ke wifi warkop. Kalau anda gak mau mengirit, ya abaikan saja. Toh yg berkurang bukan punya kita, ya khan??

Nah selain itu, ada juga yang harus anda lakukan yaitu meminimalisir kuota data yg digunakan ketika melakukan panggilan suara ataupun video memakai Whatsapp. Caranya cukup centang seperti yang saya lakukan di bawah ini.


Dengan melakukan pengaturan seperti ini, maka semua foto,video, suara yang dikirimkan kepada anda, tidak akan langsung masuk melainkan harus diunduh dulu. 

Gambar dan video tidak tampak jelas, namun jika anda menyentuhnya sekali saja, makan foto / video tersebut akan mengunduh sendirinya, dan beberapa detik kemudian anda bisa melihat apa yg dikirimkan.

Cara terakhir, anda lebih baik keluar dari grup WA yang tidak begitu penting, supaya foto dan video maupun suara yang masuk tidak akan tersimpan semua di hp anda sehingga kuota anda pun aman tidak berkurang. 

Selain itu, semua cara ini secara tidak langsung akan menghemat memory anda karena anda telah menghambat penyimpanan otomatis yg dilakukan oleh WA.

Ok selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar