Kamis, 17 Agustus 2017

Filled Under: ,

Cara Membuat Bubur Mutiara Agar Tidak Hancur dan Menggumpal

Dulu sebelum saya praktek sendiri membuat bubur mutiara. Kelihatannya aja gampang kalau sudah ada resepnya. Eh pas tahu – tahu saya buat sendiri bubur mutiaranya hasilnya amburadul deh iters.

Padahal saya dulu yakin menghafalkan resep lewat video youtube. Memang sih banyak cara menggunakan bubur mutiara. Ada yang pake tepung kanji dan ada yang tidak pakai.

Kenapa saya pakai tepung kanji untuk bubur mutiara saya?

Karena saya pernah baca kalau masak mutiara dicampur dengan tepung kanji hasilnya semakin enak dan kenyal. Yah orang mana yang ga tau cilok? Kenyal khan, iya buatnya itu juga dari tepung kanji.

Saya kemaren buatnya gini. Godok air dulu setengah panci. Tunggu mendidih, lalu masukkan mutiaranya. Tutup dan diamkan selama 30 menit sambil dilhat dan diaduk-aduk beberapa kali.

30 menit kemudian, saya buka tutupnya, lalu saya beri 3 sendok gula. Saya aduk-aduk lagi kemudian kalau sudah larut, saya beri lagi tepung kanji 2 sendok. Langsung saya taburkan di atas bubur.

Saya aduk-aduk selama 1 menit. Eh ternyata tepungnya itu gak bisa nyatu sama buburnya. Jadi ngental tapi gak bisa matang, di kulit atasnya aja matang tapi kalau ditusuk masih kelihatan putihnya dan berasa banget tepungnya. Walaupun dikunyah, percuma ga kenyal sama sekali karena rasa tepungnya mentah malah krasa di mulut.

Sayapun matikan api dan menunggunya dingin. Ketika dingin saya incipi kok ternyata hambar dan kalau kena kanjinya bukannya enak malah pahit. Duhhhh. Suami saya yang makan aja ogah-ogahan. Kaya ga nafsu gitu.

Ya sudahlah akhirnya saya makan sendiri pakai santan. Santannya pake instan dan saya tambahin 1 gelas air matang, direbus lagi.

Sesudah itu saya masukkan ke atas bubur mutiara. Begitu saya makan ternyata rasa santannya juga hambar. Jadi saya punya inisiatif menambahkan garam ke santan supaya sedikit gurih. Dengan merebusnya lagi pastinya.

Setelah itu saya pun makan bubur mutiara dengan santan asin tadi. Mulanya sih enak tapi eh ternyata rasanya gak enak banget kalau dimakan lama-lama alias enek. Yah akhirnya terpaksa saya buang deh tuh bubur hasil jerih payah saya.

Sayapun penasaran, akhirnya saya browsing kembali video tersebut. Saya akhirnya sadar apa yang kurang dari bubur saya yaitu tepung kanji harus dicampur dengan air terlebih dahulu kemudian baru dicemplungin ke panci. Gulanya juga gak boleh nanggung-nanggung harus 1 mangkok supaya manis.




Supaya anda tidak mengalami hal seperti saya. Anda bisa melihat resep video yang sudah saya siapkan di atas. Semoga membantu dan jangan pernah berhenti masak walau gagal karena kegagalan adalah pengalaman berharga.

Ingat gak boleh ngambek ya kalau jadi. Supaya berhasil anda bisa play video ini secara bertahap supaya gak ada yang kelewatan. Hmm.. ternyata bikin bubur mutiara itu juga perlu kesabaran.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar