Senin, 28 Agustus 2017

Filled Under: , ,

Cara Membuat Minyak Kemiri Sendiri di Rumah Untuk Kecantikan

Minyak telon dan minyak tawon di masyarakat sudah umum dan sangat terkenal dengan manfaatnya yang beragam. Namun apakah anda tahu tentang minyak kemiri?


Iyah kemiri ini adalah salah satu bumbu dapur buat bunda-bunda memasak. Selain memasak, rempah ini juga bisa dibuat minyak kemiri yang manfaatnya bejibun. Beberapa diantaranya minyak kemiri bisa berguna untuk kecantikan dan kesehatan.

Apa saja manfaat kemiri?? Yuk baca deh, Intan sudah buatin listnya. Barang kali setelah membaca ini anda tertarik juga membuat minyak kemiri sendiri di rumah.

- Sebagai bahan dasar pembuatan saus kacang.

- Menyuburkan rambut sehingga rambut bisa tumbuh lebat dan cepat panjang.

- Membesarkan alat reproduksi pria.

- Sebagai bahan bakar diesel.

- Sebagai vernis atau pengawet kayu.

- Sebagai bahan dasar pembuatan lilin.

- Sebagai bahan dasar pembuatan sabun dan sampoo.

- Bisa digunakan sebagai pengganti conditioner rambut.

- Minyak kemiri dapat dioleskan pada kulit dengan campuran berbagai aroma.


- Sebagai obat pencahar.

- Obat diare yang tidak kunjung sembuh.

- Untuk pelebat alis dan kumis.

- Mengatasi kebotakan di area tertentu rambut.

Tuh, banyak banget khan manfaatnya. Yuk kita lanjut Cara membuat minyak kemiri sendiri di rumah. Cekidot...

Pertama, kita harus bisa memilih kemiri yang berkualitas bagus dengan ciri-ciri kemiri masih utuh dan tanpa ada retak karena kalau kemiri pecah bisa-bisa kandungan minyak di dalamnya bisa kering.

Untuk menyimpan kemiri adalah dengan membiarkannya kering dan simpan dalam toples kering kedap udara supaya tidak mudah basi jika tidak ingin diolah dulu.

Cara ini bermanfaat ketika anda masih belum sempat mengolah kemiri di sela-sela kesibukan anda padahal kemiri sudah terlanjur dibeli, dan anda bisa menunda waktu sampai anda libur kerja.

Membuat minyak kemiri sangat mudah. Anda hanya perlu menghaluskan kemiri yang sudah diberihkan dulu. Bisa pakai blender kalau mau cepat atau pakai cuek batu supaya tahan dengan kerasnya kemiri.

Haluskan sampai menjadi bubuk atau kerikil-kerikil halus. Setelah itu siapkan kompor dan wajan. Jangan lupa minyak gorengnya. Nyalakan api kemudian letakkan wajan pengorengan di atasnya. 

Beri minyak, tunggu sampai minyak panas lalu masukkan kemiri yang sudah dihaluskan tadi. Oseng-oseng dan tambahkan air secukupnya supaya kemiri bisa sedikit cair. Jika sudah wangi dan warnanya berubah. Matikan api.

Siapkan saringan dan sendok. Saring semua yang kemiri yang sudah dimasak tadi. Jangan lupa di bawah saringan siapkan wadah agar minyak kemiri bisa langsung menetes. Setelah itu pencet-pencet ke bawah serbuk kemiri supaya minyaknya kesaring. 

Kalau serbuknya tidak mengeluarkan minyak lagi berarti minyak kemiri anda sudah selesai. Anda tinggal menggunakannya untuk rambut, alis atau kumis supaya bertambah lebat dan subur.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar