Kamis, 31 Agustus 2017

Filled Under: , ,

Cara Dasar Membuat Cokelat Valentine Berbagai Macam Bentuk

30 Hari lagi mencari cinta lewat event Valentine bisa anda lakukan. Sebenarnya di Indonesia tidak ada hari yang namanya Valentine tapi karena pengaruh negara luar seperti Jepang tanggal 14 februari adalah hari special untuk para cewek dan para cowok yang sedang dimabuk cinta.

Di Jepang hari Valentine ini adalah suatu kesempatan para wanita untuk mengutarakan perasaannya melalui sebuah cokelat  yang akan diberikan kepada lelaki yang disukainya. Cokelat ini mereka buat cokelat racikan resep sendiri dengan penuh cinta. 



Jika anda di Jepang kemudian diberi cokelat oleh seorang wanita bisa berarti orang yang memberikanmu cokelat sangat sayang kepada anda dan anda bisa membalasnya di white day atau hari putih. Dimana pada tanggal 14 maret anda harus memberi hadiah balasan kepada sang wanita tersebut.

Kalau anda punya perasaan yang sama, anda harus membalasnya dengan memberikan hadiah yang 2x atau 3x lebih mahal dari harga sebuah cokelat. Yang menariknya lagi hadiah harus berwarna putih misalnya perhiasan putih, baju putih, cokelat putih, marshmallow berwarna putih dan lain-lain. 

Untuk menolak cintanya yang anda lakukan hanya memberikan sebuah sapu tangan putih untuk digunakan si cewek menangis.
Warna putih pada white day menandakan cinta tulus dan suci tanpa noda. 

Lalu apa makna cokelat di hari valentine??? Menurut Intan karena cokelat itu manis maka membuat orang lain bahagia  an senang ketika memakannya. Cokelat juga mengandung sebuah hormon tertentu sehingga membuat nyaman dan rileks pada orang yang memakannya.

Oleh karena itu dalam cinta cokelat bisa menjadi lambang supaya perjalanan cinta mereka bahagia dan berakhir dengan rasa nyaman diantara keduanya.

Di Indonesia Valentine tidak hanya kaum wanita yang memberi cokelat ke cowoknya tapi juga cowoknya yang ngasih cokelat ke ceweknya. Tradisi disini berubah karena perempuan Indonesia lebih malu mengutarakan cinta duluan ke cowok. Jadi cewek Indonesia lebih senang menerima cokelat daripada memberi cokelat.

Namun hal tersebut tidak bisa jadi patokan karena perempuan Indonesia juga banyak yang memberi coklat kepada laki-laki yang disukainya.

Tanpa menunggu white day, anda bisa mengutarakan cinta lebih romantis dan special kepada gebetan anda dengan membawa cokelat dan bunga. Seketika itu juga perasaan anda bisa dijawab oleh calon kekasih anda. Ya iyalah nunggu 30 hari kelamaan. Wkwkwk.

Nah kali ini khusus untuk iters (intan tutorial readers), Intan akan membagikan resep dasar untuk membuat cokelat valentine enak berbagai macam bentuk. 

Kenapa saya kasih dasarnya karena kita bisa membuat bentuk sekreatif mungkin dengan cara ini jadi gak perlu pilih model di toko-toko cokelat yang umumnya sangat mahal jika kita pilih cokelat dengan model yang bagus.



Yang paling utama, anda harus beli cetakan cokelat untuk membuat cokelat berbentuk lucu atau bentuk favorit love. Supaya lebih kreatif juga anda bisa beli cetakan berbentuk huruf untuk merangkai sebuah kata romantis dari cokelat.




Beli cetakan cokelat bisa di toko-toku kue di kota anda atau beli online di lapak-lapak terpercaya seperti lazada.com, bibli.com, shope, tokopedia.com, bukalapak.com dan lainnya. Harganya mulai dari 3000 rupiah sampai puluhan ribu.

Jika anda sudah beli cetakan. Anda perlu memilih cokelat. Untuk membuat cokelat cetakan lebih mudah dan simplenya anda hanya perlu membeli cokelat manis dengan pilihan warna yang anda sukai. 

Tidak disarankan untuk pemula menggunakan bubuk cokelat dan cokelat original tidak berasa (masih pahit) karena nanti masih harus dicampur dengan bahan lain seperti gula. Saya akan membahasnya di lain postingan.

Lebih simplenya anda bisa membeli cokelat manis yang bermerek seperti silverqueen, mercolade rainbow untuk cokelat warna varian rasa yang berbeda, tulip dan banyak lagi lainnya.



Setelah itu, anda butuh 2 mangkok stainless steel untuk memasak cokelat, beserta panci untuk menggodok air. Kalau sudah siap langsung saja kita simak yuk bagaimana cara buatnya!

Alat:
- 1 buah kompor
- 1 buah mangkok stainless steel ukuran besar
1 buah mangkok stainless steel ukuran kecil
- 1 buah panci
- 1 buah cetakan cokelat
- 1 buah piring
- 1 buah kemasan cokelat
- 1 buah freezer jika ada
- 1 buah pisau

Bahan:
- 2 batang cokelat manis
- Beberapa batang cokelat warna (Jika ingin membuat variasi cokelat warna warni)
- 2 gelas air bersih secukupnya

Cara Memasak:
- Nyalakan api / kompor.
- Ambil panci kosong dan letakkan di atas kompor.
- Masukkan 2 gelas air bersih ke dalam panci.
- Masak sampai muncul gelembung-gelembung di atasnya alias mendidih.
- Matikan api. 
- Tuang air panas ke mangkok besar.
- Letakkan mangkok kecil diatasnya.
- Potong cokelat menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam mangkok kecil.
- Ambil sendok dan aduk cokelat menjadi lelehan.
- Kalau anda melelehkan cokelat warna harus dilelehkan satu-satu di mangkok yang berbeda.
- Jika sudah leleh, siapkan cetakan cokelat.
- Tuang sedikit demi sedikit cokelat ke cetakannya.
- Isi cokelat berlapis warna jika ingin atas dan bawah warnanya berbeda, atau isi dengan beda warna di dalam cetakan untuk menghasilkan cokelat beberapa warna yang berbeda.
- Dinginkan beberapa menit di freezer kulkas
- Ambil dan angkat dari cetakan kalau sudah mengeras. Selamat cokelat anda sudah jadi.
- Hidangkan cokelat di piring saji atau bungkus dalam kemasan yang sudah anda siapkan sebelumnya.



Yap begitu saja resepnya, so simple as that khan? Ga perlu takut nyoba pasti berhasil kok! Cokelat bisa anda sajikan kepada orang tersayang seperti saudara, pacar, gebetan, suami, istri atau orang tua anda. 

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar