Senin, 07 Agustus 2017

Filled Under:

Cara Memperlancar Buang Air Besar (BAB) Paling Ampuh Tanpa Macet

BAB alias buang air besar adalah sebuah fenomenal yang lumrah untuk semua manusia. BAB sebaiknya sesering mungkin dan jangan sampai ditunda-tunda hingga berhari-hari.


Karena kalau lama-lama hasil BAB bisa jadi keras dan jadi batu. Kalau udah jadi batu bisa melukai area belakang anda karena sifat BAB yang keras jika terkena kulit dalam akan berdarah. Lama-lama juga bisa muncul yang namanya penyakit sembelit.

BAB yang tidak lancar akan membuat lemak anda bersarang di tubuh jadi badan cepat gendut karena lemak dari makanan tidak bisa keluar dengan semestinya. Apalagi anda tidak pernah olahraga sudah pasti lemak menjadi daging yang menempel di badan anda.

Sebaliknya jika saluran pencernaan lancar, maka tubuh akan langssing karena apa yang anda makan bisa keluar rutin dan lemak yang ada bisa keluar dengan normal.

Untuk memperlancar BAB ada beberapa cara yang anda lakukan, diantaranya sebagai berikut:

1. Seringlah makan sayur
Cara ini sangatlah ampuh untuk melancarkan BAB karena sayur kaya akan serat yang mudah dicerna oleh tubuh. Sehingga tubuh juga gampang mengeluarkan ampas makanan anda. Makanya tidak jarang diet yang sehat selalu melibatkan sayur dalam makanannya.

Berbagai resep masakan saya sudah bagikan di postingan sebelumnya seperti resep memasak kangkung ala restoran, cara memasak oseng kecambah, sayur sop maupun sayur bening. Dengan memasak sayur yang berbeda-beda setiap hari akan membuat anda tidak bosan makan sayur sehingga bab pun lancar.

2. Minum air putih minimal 8 gelas sehari
Jangan suka minum minuman bersoda karena selain tidak sehat, minum ini akan membuat anda semakin gendut. Lebih baik minum air putih dengan takaran 8 gelas sehari karena dalam tubuh manusia terkandung banyak air.

Maka dari itu jika anda kekurangan minuman 1 gelas saja menjadikan tubuh sulit mencerna makanan. Akibatnya BaB juga tidak lancar, untuk melancarkannya kembali anda hanya butuh minum airputih 8 gelas atau lebih selama sehari.

3. Makanlah buah-buahan
Kalau anda tidak suka sayur bisa diganti dengan buah-buahan. Anda bisa membeli sayur kates atau pepaya dan pisang karena kedua buah ini terkenal akan keampuhannya dalam melancarkan bab yang mampet.

Oh iya khusus buah pisang jangan makan banyak banyak karena kata dokter Oz buah pisang kalau dimakan kebanyakan malah menyebabkan anda sulit buang air besar. Jadi yg terjadi malah sebaliknya. Supaya lebih bergizi lagi anda bisa makan sehari bermacam macam warna. Misalnya pagi apel, siang jeruk, dan malamnya pisang.

Selain itu, anda juga bisa minum jus buah atau jus sayur sebagai pengganti makanan. Bisa juga minum es buah, makan salad atau makan gado-gado yang olahannya penuh serat karena campuran buah dan sayurannya di dalam makanannya.

4. Minum yogurt
Yogurt, minuman olahan susu yang difermentasikan membuat anda lancar BAB. Sekarang di berbagai supermarket sudah tersedia. Anda hanya tinggal membelinya dan konsumsi dengan rutin supaya anda bisa buang air besar dengan lancar.

5. Makan suplemen
Suplemen adalah vitamin tambahan untuk tubuh anda yang kekurangan serat. Vitamin seperti obat pil yang mengandung estark buah-buahan dan sayuran bisa menjadi pilihan tepat bagi tubuh anda yang buang air besarnya tidak lancar. Larutan seperti vegeta juga bisa menjadi tambahan ketika anda tidak bisa BAB.

6. Pergi ke Dokter
Namun apabila buang air besar anda tidak keluar juga, lebih baik langsung saja periksakan ke dokter siapa tahu dengan ke dokter, anda bisa tahu apa penyebabnya dan apa yg bisa menjadi obatnya.

7. Terbiasalah
Buang air besar itu juga waktunya bisa diatur dengan kebiasaan. Jika anda sudah terbiasa BAB setiap harinya pasti sangatlah mudah melancarkan pembuangan BAB. Namun, apabila anda suka menunda – nunda karena kesibukan atau tak ada waktu maka BAB anda juga semakin tidak lancar.

Oleh karena itu untuk menerapkan hidup sehat. Mulailah dari sekarang ubah kebiasaan anda yg menunda buang air besar karena ini juga sampah yg perlu dibuang. Jangan tunggu sampai mengendap atau mengeras jadi banyak. Mulai pagi cobalah duduk di toilet walau sebentar sapa tau Bab anda mau keluar tanpa di suruh.

Kalau sudah terbiasa, sekali anda duduk di toilet, BAB pun bisa keluar dengan sendirinya karena secara tidak langsung tubuh anda sudah mendapatkan perintah yg berawal dari niat diri anda.

Mungkin begitu saja cara Intan untuk kalian iters. Jangan lupa subcribe untuk langganan artikel dan like fanspage. Bagikan juga artikel ini jika bermanfaat untuk orang lain. Semoga BAB anda semakin lancar ya.. Hehehe

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar