Kamis, 07 Desember 2017

Filled Under: , ,

Cara Mengetik Bahasa Jepang di Laptop, Ms.Word, atau Komputer

Untuk pemula pembelajar bahasa Jepang seperti saya terkadang bingung kalau dapet tugas mengetik bahasa Jepang di laptop atau PC. Awal mulanya saya pernah pakai software yang saya gunakan di komputer tapi lama-kelamaan gak enak pakai software tulisan bahasa Jepang.

Saya bisa bilang begitu karena pakai software tidak praktis dan tidak bisa langsung ditulis di wordnya langsung atau media lain tetapi kita harus mencopy-paste apa yang sudah saya ketikkan bahasa Jepang tersebut.

Ternyata eh ternyata ada cara yang menurut saya paling mudah di dunia untuk mengetik bahasa Jepang di Laptop, word, internet ataupun akun yang anda mau. 

Salah satu fitur ini ada di semua komputer atau laptop anda tapi sebagian memang ada yang kurang tahu dan mungkin ada pilihan bahasanya yang kurang lengkap. 

Caranya cukup mudah. Jika anda laptopnya sudah update pakai windows 8, anda bisa ikuti cara saya. Namun jika anda tidak sama seperti saya, anda bisa cari intinya di laptop anda.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menuju ke control panel. Untuk windows 8, cukup gerakkan mouse ke arah kanan dan pilih simbol roda (setting). 


Setelah itu anda bisa pilih control panel. Coba lihat lagi di right side. 


Ketika jendela control panel terbuka, saatnya anda untuk mencari Clock, language and region. Di bawah tulisan tersebut ada tulisan add language. Tinggal klik saja.


Nah ntar terbukalah pilihan bahasa yang ada di laptop anda. 
Di laptop saya awalnya hanya ada bahasa Inggris. Untuk menambah bahasa yang lain, kita harus klik add language lagi untuk mencari pilihan bahasa lain.


Cari bahasa sesuai dengan huruf alphabet, jika ingin memilih bahasa Jepang. Langsung saja menuju ke huruf J untuk Japanese [huruf bahasa Jepang Nihongo]. Tinggal pilih dan add, jangan pilih cancel ya karena cancel untuk membatalkan. Anda bisa klik cancel jika huruf yang anda cari tidak ada.

Jika sudah selesai, coba lihat pojok bawah sebelah kanan dekat jam laptop atau PC anda. Disana akan terlihat sebuah pilihan bahasa. Jika anda memilih bahasa utama ENGlish maka yang terlihat adalah huruf Eng saja. Silahkann klik untuk mengubah bahasa yang lain, anda bisa pilih dan menggunakannya sekarang. 


Eh jangan lupa coba dulu apakah emang bisa mengetik bahasa Jepang sekarang? Nih lihat Intan sudah membuktikkannya dengan menulis dou dalam bahasa Jepang yang artinya bagaimana?

Kerenkan minasan? Mau belajar bahasa Jepang dan mengetik bahasa Jepang secara cepat, anda bisa mempelajarinya di kelas onli ne Intan Hikari yang selalu update menemani anda. Selamat belajar!

Dengan mengganti penulisan bahasa di laptop anda, anda juga bisa menulis apa saja selama masih ada di laptop anda. Misalnya mau nulis status facebook di laptop, mau ketik pidato bahasa Jepang di ms.word atau bahkan buat presentasi bahasa Jepang pakai power point. Sekarang semua bisa teratasi!

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar