Kamis, 28 Desember 2017

Filled Under: ,

4 Cara Kembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus di HP

Whatsapp sekarang sudah menjadi salah satu media chatting yang terlaris menandingi BBM dan Line. Yah emang pakai WA itu simple, ga ribet, nambahkan teman juga hanya pakai nomer telepon. 

Enaknya lagi Whatsapp juga bisa dihubungkan dengan laptop atau komputer kita untuk memudahkan pekerjaan di kantor. Bukan itu aja, whatsapp juga enak buat telepon maupun video call. Suara dan gambarnya lebih jelas daripada yang lain. 

Menulis pesan, atau kirim pesan berupa foto, suara, video dan file bisa anda kirim dengan mudahnya. Begitu pula dengan mengembalikan chat whatsapp yang tidak sengaja terhapus cukup dengan waktu 1 detik saja. Hehehe.

Misalnya chat-chat romantis dari seorang kekasih atau bahkan mantan kamu yang suka kirim gombalan untuk balikan lagi. Bisa juga tugas kantor yang aslinya memang dari WA. 

Sebenarnya whatsapp itu super canggih sekali karena dia bisa otomatis back up (menyimpan) semua data-data anda dalam 7 hari terakhir. Walaupun anda tidak mengaturnya terlebih dahulu.

Beginilah cara mudah mengembalikan riwayat obrolan WA anda / Chat anda yang tidak sengaja kehapus. 

Whatsapp sendiri punya jawaban dari pertanyaan anda seperti ini silahkan baca Fax Whatsapp, tapi kalau belum jelas bisa baca saja punya saya dijamin komplit dan mudah dimengerti.

1. Install Ulang Whatsapp

Whatsapp setiap hari pada jam 2 pagi selalu rutin menyimpan data-data anda. Jadi anda jangan takut akan kehilangan riwayat obrolan anda pada chat yang terhapus. 

Asal chat yang ingin anda pulihkan harus masih dalam waktu 7 hari terakhir ke belakang. Jika anda sudah kehilangan riwayat obrolan dalam waktu 10 hari yang lalu atau lebih, anda bisa pakai jurus yang kedua. 

Yang terpenting Uninstall WA anda dulu, baru pasang kembali. Ada dua cara untuk uninstall.

  • Setelan >> Aplikasi >> Cari Whatsapp >> Hapus Install
  • Google Play >> Cari Whatsapp >> Uninstall / Copot Pemasangan

Untuk memasang kembali anda bisa masuk lagi ke Google Play >> Cari Whatsapp >> Install


Setelah pemasangan, buka Whatsapp anda. Lalu jika ada pertanyaan riwayat pesandi temukan >> pulihkan


2. Cari dalam Memory Hp

Jika anda kehilangan memory whatsapp di waktu tertentu, anda bisa pakai cara ini. Seperti yang tadi saya katakan Whatsapp menyimpan memory chat anda selama 7 hari yang simpanan tersebut selalu disimpan berkala di databasenya. 

Buka folder Whatsapp di file manager hp anda. Lalu cari folder whatsapp. Supaya mudah anda bisa cari dengan tombol search / pencarian. Biasanya sih lokasinya di /sdcard/WhatsApp/Databases.



Jika anda ketemu, anda akan melihat beberapa kode-kode database sesuai tanggal disana. Nama seperti “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt” di mana “YYYY-MM-DD” itu adalah tahun, bulan, dan tahun.

Pilih tanggal yang kira-kira pesan anda terhapus dan hapus database tanggal yang tidak diperlukan. 

Bisa juga pindahkan database yang bertanggal lain di luar folder WA. Sisakan tanggal yang diperlukan saja lalu ganti dengan nama msgstore.db.crypt kemudian simpan. Terakhir Install Ulang WA dengan cara yang sudah saya ajarkan tadi.

3. Restore Cadangan di Google Drive

Jika anda rutin membackup pesannya di google drive, whatsapp pasti rutin menyimpannya disana. Anda hanya perlu uninstall ulang Whatsapp anda, kemudian buka Wa dengan verivikasi no.telpon dan email agar bisa terhubung dengan akun anda.


Sebelum itu pastikan akun google anda sama seperti akun google drive yang sudah anda daftarkan dulu. Jika WA sudah mendeteksi akan ada otomatis perintah restore, anda tinggal klik dan tunggu sampai proses selesai.

4. Pakai Aplikasi Recover

Ada banyak aplikasi yang memberikan layanan gratis memulihkan chat whatsapp anda. Salah satunya anda bisa pakai Backup for whats

Aplikasi ini dapat dengan mudahnya membantumu mengembalikan chat berupa pesan, suara ataupun video yang sudah terhapus hanya dalam 1 klik saja.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar