Rabu, 13 Desember 2017

Filled Under: , ,

Cara Menyimpan Kelapa Agar Tahan Lama Sampai Berbulan - Bulan

Hello para readers, ketemu lagi sama Intan Tutorial. Hari ini Intan akan membagikan cara unik simpan kelapa parut agar tetap segar dan tahan lama selama berbulan-bulan. Cara ini saya tahu dari salah satu siaran televisi di Indonesia. 


Olahan kelapa memang sering kali membuat makanan enak dan membuat kita doyan makan. Namun pada saat memasak sering kali kita sering lupa memperhatikan takarannya sehingga banyak pula kelapa yang tidak dimasak menjadi mubadzir kalau dibiarkan basi begitu saja. Salah satunya adalah kelapa parut.

Padahal kelapa parut bisa diperas santannya dan bisa dibuat lagi jadi lodeh atau kelapa parut tersebut bisa kita goreng untuk serundeng dan parutan kelapa juga bisa dimasak jadi urap-urap dan botok. Hmm banyak lagi masakan lainnya jika kita bisa menyimpan kelapa parut untuk masakan selanjutnya. Dengan begitu kita juga bisa hemat khan guys.

Okay langsung aja deh yuk simak cara simpan kelapa yang baik dan benar supaya awet dan tidak cepat basi.

Jika anda punya kelapa utuh dan segar yang sudah dikupas. Untuk menyimpannya jangan buang air yang ada di dalam kelapa karena air kelapa tersebut punya fungsi menjaga daging kelapa tetap gurih, renyah dan segar. 

Cara simpannya cukup bungkus dengan kertas dan simpan dalam lemari es atau suhu dalam ruangan. Dengan begitu kelapa bisa aman dan dan tidak basi selama seminggu.

Namun jika anda punya kelapa yang sudah kadung atau terlanjur di parut. Anda bisa pakai cara di bawah ini:

1. Siapkan wadah toples yang kedap udara.
2. Siapkan sisa parutan kelapa yang mau anda simpan.
3. Siapkan 1 gelas air. 

Setelah itu anda bentuk parutan kelapa tadi menjadi bulatan-bulatan kecil seperti pentol bakso. Jika sulit dibentuk bisa ditambah air sedikit ke dalam parutan kelapa. 

Eits tapi jangan diperas nanti air santannya hilang dan rasa kelapa jadi tidak enak. Cukup dibentuk bundar aja lalu simpan ke dalam wadah tertutup atau toples yang sudah kita siapkan tersebut.

Ulangi langkah diatas berulang kali sampai parutan kelapa anda habis. Setelah itu tutup rapat wadah tersebut dan taruh ke dalam freezer. Dengan begitu anda bisa menyimpan parutan kelapa selama bulan lamanya.

Dengan begini anda pasti hemat dan suami akan senang. :D

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar