Jumat, 08 Desember 2017

Filled Under: ,

Cara Simpan Air Kelapa, Air Degan dan Santan Supaya Tidak Cepat Basi

Air degan atau air kelapa adalah air yang mempunyai khasiat yang tinggi dan sangat enak diminum ketika sudah dicampur es. Benarkah readers??? 



Saya yang sangat suka yang namanya es degan sangatlah tidak suka dengan kelemahannya yaitu gampang basi. Saya pernah dengan sengaja membiarkan 1 es degan saya yang masih terbungkus dalam plastik dan saya simpan di kulkas (bukan freezer) supaya besoknya bisa saya minum kembali.

Eh bukannya segar dan manis tapi ternyata kecut karena basi. Aneh ya padahal kalau air biasa atau cuka, teh atau kopi kalau ditaruh kulkas bisa tahan lama. Beda banget sama yang namanya air degan atau air kelapa. 

Saya punya pengalaman lagi masalah air kelapa, saya pernah membeli air kelapa di pasar Surabaya. Saat itu memang sangat panas dan akhirnya saya dan suami membeli dua buah air kelapa (bukan degan). Emang menyegarkan dan sangat murah sekali harganya cuma 5000 sudah dapat sebotol aqua besar.

Sampai rumah saya diamkan beberapa jam saja. Kira-kira waktu malam hari, saat saya akan tidur saya minum lagi air kelapa itu ternyata sudah tidak enak alias sudah bau.

Btw, mau tahu apa penyebabnya air kelapa cepat basi???

Hal itu karena air kelapa atau air degan memiliki tingkat keasaman yang rendah serta mengandung nutrisi lengkap untuk pertumbuhan bakteri, terutama asam laktat. Inilah yang menyebabkan air kelapa tidak tahan lama jika dibiarkan di suhu ruang terus menerus. 

Jika belum ingin diminum atau diolah, sebaiknya biarkan air kelapa tetap di dalam buah kelapa segarnya atau simpan di lemari es. Anda juga harus tahu bahwa suhu dingin juga hanya membuat air kelapa bertahan selama 1 hari.

Cara simpan air kelapa supaya tidak basi
Tapi jika anda mau, ada satu cara rahasia agar air degan atau air kelapa anda bisa diminum kembali selama beberapa hari kemudian, walaupun kualitas rasanya sedikit berkurang.

Siapkan botol dengan tutupnya untuk wadah air kelapa / air degan anda. Lalu tuang air kelapa yang ingin disimpan ke wadah, ambil saring dan saringlah air kelapa sebelum dimasukkan ke dalam botol. 

Setelah disaring dan dimasukkan ke dalam botol masukkan ke dalam freezer dengan tutup sedikit terbuka. Simpan dalam freezer selama setengah sampai satu jam saja baru setelah itu simpan ke kulkas biasa (bukan freezer).

Jika ingin diminum tinggal diamkan dan letakkan botol di luar kulkas supaya encer sendiri dan air kelapa siap diminum kembali.

Cara agar air santan kelapa tidak cepat basi
Cara simpan kelapa parut supaya tahan lama berbulan-bulan sudah tahu, sekarang giliran cara agar santan tidak mudah basi

Mudah sekali, kita hanya perlu membekukan santan segar dengan cara memasukkan santan ke dalam botol kedap udara, lalu simpan di freezer kulkas. Jika ingin dipakai tinggal cairkan di suhu ruang sehingga bisa dipakai lagi. Dengan cara ini santan anda tidak bau selama kurang lebih 3 bulan.

Selain itu anda juga bisa merebus santan dengan garam supaya santan bisa tahan lama jika dimasukkan ke dalam kulkas seperti cara pertama. 

Ada cara tambahan buat anda yang mau menyimpan degan supaya tahan lama. Anda bisa menggodok atau merebus degan atau kelapa muda yang anda keruk menggunakan air kelapanya (jangan pakai air putih atau yang lain). 

Biarkan mendidih dan setelah itu angkat degan atau kelapanya. Dinginkan beberapa saat dan masukkan ke wadah tutup seperti toples atau tupperware, baru masukkan ke dalam kulkas setelahnya. 

Okay selamat mencoba :D.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

1 komentar:

  1. Terima kasih, saya coba utk menyimpan air kelapa tua. Tp tidak saya saring, lgsg saya masukin 2 botol, yg utk besok sama yg utk hari ini. Dan tdk saya buka tutupnya, cuman skrg sudah saya masukin ke freezer dan nambahin suhu dinginnya.

    BalasHapus