Minggu, 31 Desember 2017

Filled Under:

Cara Cepat Kuasai dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di cara cepat menghapal hiragana dan katakana dalam bahasa Jepang. Yang perlu dilakukan untuk cepat mengerti bahasa Jepang adalah dengan mengetahui dasarnya dulu yaitu membaca dan menulis huruf hiragana dan katakana.

Kok huruf kanji enggak? Kanji biasanya ada tanda baca di atas seperti furigana untuk memudahkan membaca dan furigana di tulis dengan huruf hiragana dan katakana jadi anda harus bisa membaca dan menulis kedua huruf tersebut sebelum belajar kanji. (Baca: Cara cepat dan mudah mengartikan kanji)

Setelah itu anda harus rutin menghapal kosakata yang sering keluar dan digunakan ketika di Jepang nanti. Setelah menginjak kosakata sedikit demi sedikit belajar cara membuat kalimat bahasa Jepang.

Saya sudah membuat situs Intan Hikari belajar bahasa Jepang jika anda mau belajar. Disana anda akan belajar sesuai bab 1 sampai buku minna no nihongo habis. Lengkap sekali isinya dari pengenalan huruf hiragana dan katakan, berbagai macam partikel, kosakata dan tata bahasa. Silahkan tengok.

Untuk melancarkan bahasa Jepang, anda bisa mulai membiasakan diri berbicara bahasa Jepang di rumah ataupun sesama teman. Kalau ayah dan ibumu tidak bisa coba bicaralah sendiri dengan kucing atau boneka. Cukup anggap mereka seseorang yang paling mengerti dirimu. (Baca: Cara memberikan suprise di hari ibu)

Kalau anda mempunyai teman yang bisa bahasa Jepang ajaklah dia berbicara, salah-salah sedikit gak papa. Ngomong sambil mikir gak papa, tapi lambat laun anda pasti akan terbiasa ngomong bahasa Jepang lancar tanpa hambatan karena sudah terbiasa.

Mendengar musik dan lagu berbahasa Jepang juga akan membantu anda dalam meningkatkan bahasa Jepang, apalagi jika anda menyempatkan diri untuk menerjemahkan lagunya ke bahasa Indonesia supaya dikit demi sedikit kosakata anda juga bertambah seiring bertambahnya lagu bahasa Jepang yang sudah anda hafalkan.

Sering-seringlah menonton anime dan drama Jepang. Walaupun drama Jepang kalah sama drama Korea. Drama Jepang juga masih bagus untuk ditonton, apalagi di dalam drama Jepang selalu terselipkan budaya Jepang, kebiasaan orang Jepang, dan dramanya masih bermakna besar tentang kehidupan. Dengan begitu anda secara tidak langsung akan tahu banyak tentang negara Jepang.

Mencari teman asli Jepang adalah jurus terjitu untuk melancarkan bahasa Jepang. Anda bisa menemukannya di akun biro jodoh, facebook, instagram atau media social lainnya. Untuk mencari teman Jepang bisa tulis nama khas dengan hiragana di kotak pencarian. Misalnya hikari, misaki, sakura, dan banyak lagi. (Baca: cara cek nomer handphone sendiri)

Setelah anda berteman, perkenalankan dirimu dengan bahasa Jepang di messenger, komentar menggunakan bahasa Jepang di foto atau statusnya. Jika anda bisa lebih dekat ajak dia teleponan, video call dan tentu saja berbicara pakai bahasa Jepang. Kalau perlu ajak dia kencan atau menikah. Hahai..

Jurus paling jitu lancar berbahasa Jepang adalah ke negara Jepangnya langsung selama 1 bulan. Dijamin pasti anda akan bisa bicara bahasa Jepang dengan sendirinya karena mereka orang Jepang kebanyakan tidak mengerti dengan bahasa Inggris. Jadi mau tidak mau anda harus berbicara dengan bahasa Jepang disana setiap hari. (Baca: cara mengatasi dan mengobati bengkak di bibir)

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar