Minggu, 03 Desember 2017

Filled Under: ,

Cara mencegah dan menghilangkan jerawat di punggung

Jerawat memang kadang munculnya tiba-tiba dan tanpa diundang. Saya baru saja melihat siaran tv dokter OZ nah karena sedang membahas tentangg jerawat, saya akhirnya tersentuh untuk membahasnya juga kali ini di Intan Tutorial.


Jerawat bisa muncul dimana saja dimana ada pori-pori kulit yang tersumbat. Jerawat yang muncul berbeda tempat ternyata juga mempunyai berbagai arti tergantung dimana ia munculnya.

Salah satunya adalah jerawat di punggung. Menurut dokter Oz, jerawat di punggung mempunyai arti bahwa seseorang sedang mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Benarkah itu readers?? Anda pasti bisa menjawabnya.

Selain itu stress juga menjadi penyebab yang sering menjadi alasan utama. Stress membuat tubuh rentan terhadap beberapa penyakit karena kondisi tubuh akan menurun dan kulit menjadi lebih sensitif dari biasanya. 

Bukan itu saja baju yang kotor dan lembab bisa jadi jerawat di punggung anda muncul. Apalagi buat yang anda suka olahraga. Setelah olahraga usahakan jangan pakai baju dulu sampai keringat kering (untuk pria) baru setelahnya bisa mandi, sedangkan untuk wanita segeralah mandi jika punggung anda basah dengan keringat.

Mandi itu 2 kali sehari yang fungsinya agar badan kita bersih dari kuman dan bakteri. Jika anda jarang mandi bakteri yang berkumpul dengan kotoran di badan anda bisa menumpuk menjadi jerawat di punggung. Apalagi jika anda termasuk orang yang aktif di luar rumah.

Sprei yang jarang diganti dan anda termasuk orang yang suka tidak memakai baju saat tidur termasuk alasan yang kuat jerawat bisa muncul di daerah tersebut. 

Menurut dokter Oz sprei di ruangan berAC lebih baik diganti minimal 2 minggu atau 1 minggu sekali, jika ruangan yang tidak berAC baiknya sprei kamar diganti minimal 5 hari sekali karena menceeegah debu dan ktoran menempel di sprei tersebut.

Punggung memang daerah yang sulit dibersihkan oleh diri sendiri ketika mandi. Namun, anda bisa menjangkaunya dengan bantuan orang lain seperti istri atau suami anda supaya punggung bisa dibersihkan dengan baik oleh sabun. Untuk yang masih jomblo bisa pakai bantuan sikat untuk membersihkan punggung. :D 

Jangan lupa untuk membilasnya dengan bersih juga agar punggung bebas dari kotoran, sabun dan sampoo yang tersisa dengan sempurna. Setelah itu gunakan handuk bersih setelah mandi.

Kulit yang terlalu kering di daerah punggung juga menjadi penyebab timbulnya jerawat. Sebaiknya anda menggunakan lotion dan pelembab untuk mencegah jerawat muncul di punggung anda.

Ada juga penyebab jerawat karena tas punggung. Gini anda pernah menaruh tas punggung dimana saja? apakah anda yakin tempat tersebut bersih dari kotoran? Nah karena itulah alasannya tas bisa juga membuat punggung anda berjerawat. Jika anda mau, anda bisa pakai tas selempang atau pinggang untuk menghindarinya.

Pemakaian obat terkadang juga ada efek samping berupa jerawat di punggung diantaranya obat yang mengandung androgen dan lithium.

Cara mengobati punggung yang berjerawat:

  • Kunyit dan madu 
Kunyit mempunyai anti bakteri yang baik untuk menghilangkan jerawat dan anti inflamasi untuk mencegah peradangan dan iritasi pada kulit yang berjerawat. 

Cara membuatnya juga mudah tinggal tumbuk atau blender kunyit yang sudah dikupas kulitnya, kemudian campurkan pada madu 1 sendok. Madu disini fungsinya menempelkan bubuk kunyit agar bisa melekat. 

Jika ramuan di atas sudah jadi anda bisa menempelkannya pada jerawat-jerawat di punggung. Lalu diamkan selama 1 jam. Aplikasikan ramuan tersebut 2x sehari sampai jerawat bisa sembuh.
  • Cuka Apel
Siapkan 1 sendok cuka apel dan 1 gelas air putih. Untuk ramuan ini hindari menggunakan ke jerawat yang sudah pecah. Caranya sangat mudah hanya mencampurkan larutan tersebut lalu oleskan pada jerawat, diamkan sendiri sampai kering.

  • Tea Tree Oil

Minyak ini mengandung anti inflamasi dan antiseptik yang membuat jerawat bandel anda mengempes dengan cepat, mengurangi kemerahan dan nyeri pada kulit punggung. Cara memakainya cukup dengan mengoleskannya ada bagian yang terkena jerawat.
  • Lidah Buaya
Punya lidah buaya di rumah? Selain menyehatkan rambut ternyata tanaman yang satu ini membuat jerawat di punggung anda sembuh dengan sendirinya. 

Gel berlendir yang terkandung dalam lidah buaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, menghilangkan peradangan dan sekaligus mempercepat hilangnya jerawat. 
  • Tomat
Bahan yang enak dibuat sambel ini fungsinya juga manjur untuk jerawat karena mengandung asam salisilat yang sangat efektif mengobati jerawat, membantu proses pengeringan jerawat dengan cepat. 

Tomat juga mempunyai anti-inflamasi seperti madu yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang umumnya terkait dengan jerawat. Sekaligus membantu regenerasi sel kulit yang rusak akibat jerawat.
  • Obat
Beberapa obat apotik yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat secara mandiri tanpa resep dokter yaitu benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Namun ingatlah bahwa perawatan ini hanya untuk jerawat kategori ringan.
  • Bahagia
Cara yang satu ini sangat mudah sekali diantaranya membuat diri anda bahagia dengan cara refreshing, memanjakan diri sendiri, makan enak dan lain-lain agar terhindar dari stress dan jerawat. 


*Jangan pakai scrub untuk kulit berjerawat karena membuat kulit badan akan semakin buruk dan iritasi pada daerah berjerawat.penggunaan scrub hanya untuk bekas jerawat dan menghilangkan sel kulit yang mati


Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar