Minggu, 17 Desember 2017

Filled Under: , ,

Cara Memotong Bawang Merah Supaya Tidak Menangis

Hallo para readers tercinta. Kali ini Intan akan memberikan suatu tips dan cara agar memasak anda semakin nyaman. Salah satu bahan terfavorit untuk memasak adalah bawang merah. 



Bawang merah memang enak untuk makanan, tapi tidak enaknya kalau kita sedang mengiris bawang ini, air mata kita tak tertahankan akan turun tiba-tiba menetesi pipi. 
Apakah anda tahu, mengapa bawang bisa membuat anda menangis?

Hal ini karena bawang merah mengandung unsur sulfur di dalamnya. Iyah.. sulfur atau belerang ini terkenal akan baunya yang sangat menyengat dan membuat mata kita perih jika gasnya mengenai mata bagaikan kawah api gunung Bromo yang Intan pernah kunjungi.

Mau masak sih paling cuma 1  atau 2 bawang sih gak papa yah. Yang repotnya waktu kita mengadakan syukuran atau ingin memasak banyak. Bawang merah yang kita butuhkan pun semakin banyak pula. Air mata kita nanti bisa jadi seember. 

Untuk mengatasi hal tersebut. Simaklah cara memotong bawang supaya tidak menangis berikut ini:

1. Iris Cepat

Supaya tidak menangis anda perlu melakukan pemotongan bawang secara cepat dan kilat sehingga perambatan enzim yang memerihkan mata dari bawang tidak sempat mengenai mata kita.

2. Pisau yang Tajam

Pisau juga mengambil peranan penting supaya anda tidak mengeluarkan tetesan-tetesan air mata. Pisau yang tajam membuat anda lancar dan mengiris lebih cepat dibanding pisau yang tumpul dan tidak seberapa tajam.

3. Pakai Kipas

Ketika ingin mengiris bawang, anda perlu menyiapkan satu kipas kecil untuk didudukkan disamping telenan pengiris bawang. 

Setelah itu hidupkan dengan angin yang kecil saja ketika anda mulai mengiris bawang. Hal ini mampu mengusir gas penyebab perihnya mata anda.

4. Pakai Lilin

Aroma lilin dipercaya mengusir yang namanya gas dari sulfur yang ada di bawang merah, jadi ketika kita memotong jangan lupa hidupkan lilin. Selain bisa membuat dapur kita harum, air mata anda dijamin tidak menetes lagi.

5. Rendam di Dalam Air

Enzim bawang akan menghilang jika anda merendam dulu di baskom air selama 1 menit. Cara ini memang manjur, tapi kelemahannya aroma bawang dapat berkurang karena larut dalam air.

6. Bekukan Bawang

Sebelum bawang diiris, anda bisa membekukan bawang merah dahulu di freezer kulkas asal jangan sampai beku. Cukup diamkan disana 10-15 menit lalu potong dengan normal pasti bawang tersebut aman dan tidak menimbulkan perih.

7. Gunakan Kacamata Khusus

Kacamata khusus seperti kacamata renang dan kacamata penelitian membuatmu aman ketika memotong bawang. Hal ini karena kacamata akan melindungi mata anda dari gas yang ingin masuk ke dalam mata.

8. Gunakan Helm

Mungkin sedikit lucu kalau ngiris bawang pakai helm segala, tapi anda bisa menggunakan ini karena setiap orang pasti punya di rumah, tidak seperti kacamata khusus yang jarang dimiliki orang. 

Tapi kaca helm harus tertutup rapat ya kalau mau ngiris. Kalau terbuka ya percuma pakai helm. Hehe

9. Makan Permen Karet

Punya permen karet di rumah? Silahkan makan sambil mengiris bawang. Cara ini sangat digemari oleh para bule sebagai satu cara mencegah air mata keluar saat memotong bawang di rumah.

Hayoo..  Anda pilih yang mana guys???

Semoga bermaninfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar