Sabtu, 30 Desember 2017

Filled Under:

Resep Cara Membuat Sayur Sop Sederhana, Enak, dan Sedap

Anyeong sobat Iters.. Hari ini yuk kita masak-masakan lagi setelah sebelumnya saya membuat sayur bening. Sekarang Intan mau masak sayur sop yang segar dan bergizi. (Baca: cara membuat tempe cokelat green tea khas malang enak banget)

Intan suka sekali dengan jenis sop ini karena masaknya sangat mudah, gak ribet, sayurnya pun warna-warni jadi kita bisa mendapatkan vitamin yang bermacam-macam daripada sayur yang lain.

Saya biasanya beli sayur sop-sopan 3.000 di pasar untuk porsi 2 orang, kadang bisa sampai 1 hari penuh, tapi kadang juga setengah hari sudah habis kalau suami gak kerja. Ya maklum yang namanya pria lebih membutuhkan banyak energi dibandingkan dengan kita kaum perempuan.

Curhat dikit ya tentang sayur sop, kalau di surabaya sayur sopnya ga sekomplit kayak di Malang. Kalau di Malang itu ada tomat, kalau di Surabaya tomat harus dibeli terpisah mungkin. Saya kadang beli sop2an di pasar kalau gak ada kubisnya diganti sama sawi putih kecil. Hmm.

Kalau ada yang belum tahu sayur sop. Sop2an terdiri dari wortel, kentang, tomat, kubis, buncis, seledri dan bawang pre. Jika mau masak, semua sayur harus dikupas dulu seperti wortel, kentang, kubis yang bagian atas hendaknya dibuang karena sudah kotor.

Sedangkan buncis potong bagian atas lalu ambil seratnya yang ada di pinggir kanan kiri, potong juga bagian yang paling bawah maksud saya ujung-ujungnya itu lho.

Bawang pre bisa potong ujung-ujungnya yang layu dan kupas bagian tutup kulit yang kotor terkena debu. Khusus tomat gak usah diapa-apain.

Cuci semua sayur, dan potong-potong sesuai selera. Kalau saya wortel dipotong bundar-bundar. Ada juga yang membuang tengahnya dulu (seperti mama saya) baru di potong kemudian.

Kentang dipotong dadu, seledri ambil daun dan tangkainya dipakai dikit-dikit. Buncis dipotong kecil-kecil agak serong, tomat kecil dipotong jadi 4 kalau tomat gede bisa jadi 6, kubis dibuang pangkalnya dulu terus dipetik manual juga bisa.

Untuk bawang pre bagian atas atau daunnya dipotong kecil-kecil berbentuk bundar. Sedangkan yang bagian putihnya saya potong berdiri seperti yang diajari mama. (Baca: Cara membuat es degan special)

Jika sudah semua, siapkan bawang merah dan bawang putih. Kupas juga, cuci sampai bersih, potong tipis-tipis. (Baca: Cara membuat wedang cabai)

Untuk tambahan anda bisa memotong-motong pentol bakso, sosis, ayam suwir, makaroni atau jamur. Kalau saya lebih suka dicampur dengan jamur hitam kecil-kecil (lupa namanya).

Selain itu siapkan bumbunya gula, garam, lada bubuk secukupnya dan penyedap rasa (bila suka). (Baca: Cara membuat onion ring ala CFC)

Nah saatnya kita memasak...

- Ambil wajan penggorengan. Nyalakan api.

- Tuangkan minyak sedikit. Tunggu sampai panas.

- Masukkan bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis.

- Tunggu sampai wangi. (Ketika anda mulai bersin-bersin biasanya)

- Masukkan 2 gelas air atau sesuai selera.

- Tunggu sampai mendidih.

- Masukkan sayur yang lama matangnya terlebih dahulu seperti wortel, buncis dan kentang.

- Tunggu lagi beberapa menit saja, lalu masukkan sayur lain, kubis, tomat, seledri, bawang pre dan jamur kecil (anda bisa pilih yang lain).

- Masukkan bumbunya garam 1 sendok teh, gula ditabur merata di atasnya, kemudian sedikit lada. Jika suka pedas bisa masukkan lada yang lebih banyak. Kalau saya karena sop nanti akan dimakan dengan sambel nikmat jadi ladanya dikit biar ga terlalu pedas.

- Terakhir beri penyedap rasa.

- Aduk-aduk hingga merata, cek sayur apa sudah matang, kalau kentang bisa cek dengan menggunakan sutil untuk memotongnya, jika sudah empuk artinya sudah matang.

- Koreksi rasa. Ambil sendok incipi kuahnya barang kali ada yang kurang. Jangan lupa ditiup dulu supaya ga jedir bibirnya. :D Kalau asin tambahkan gula, kalau hambar tambahkan garam, kalau kurang pedas tambahkan lada.

- Matikan api.

Sayur sop siap dinikmati dengan nasi pulen dan sambal yang bikin nagih buatanku. Silahkan dicoba. Semoga enak jadi suami suka. Hehehe. (Baca: Cara menghitung jumlah kata di blogger)

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar