Jumat, 15 Desember 2017

Filled Under: , , ,

22 Cara dan Tempat untuk Merayakan Tahun Baru 2018 di Surabaya

Gak terasa sebentar lagi sudah memasuki penghujung tahun 2018. Apa anda sudah punya rencana mau kemana? Jika belum anda bisa berkunjung ke Surabaya dan lakukan cara asyik ini agar tahun barumu semakin berkesan. Ajaklah kekasih anda ataupun keluarga untuk menciptakan suasan romantis dan harmonis.

Sebenarnya ya kota-kota besar termasuk Surabaya waktu liburan panjang itu lebih sepi dibanding hari biasanya karena kebanyakan para penduduknya pada mudik ke kampung asalnya masing-masing.

Seperti hari raya Idul Fitri kemaren, kota Surabaya terasa sepi. Di jalan raya sudah bebas kemacetan, jalanan pun serasa milik sendiri. Orang jualan di pinggir jalan juga tidak banyak. 

Namun jangan khawatir meskipun begitu ada spot-spot tertentu di  Surabaya yang dijamin banyak keramaian dan mengadakan acara meriah untuk Tahun Baru 2018 yang tinggal menunggu hari.

1. Surabaya Carnival Park
Jika berkunjung ke Surabaya sempatkanlah anda berkunjung ke Surabaya Carnival Park. Tempat ini adalah sebuah taman bermain yang sangat seru, ada 40 lebih wahana yang perlu anda coba ketika datang kesini. 

Diantaranya rollercoaster, ayunan terbang, tornado, rumah hantu, 4D Cinema dan yang paling indah adalah naik bianglala yang tinggi sehingga kita bisa menikmati riyuhnya kembang api di malam tahun baru nanti. 

Selain itu ada lampion garden yang cantik dihiasi lampu warna-warni dan tempat selfie 3D yang berupa lukisan tapi tampak real ketika di foto, pas buat anda yang suka mejeng di depan kamera.  

Apalagi nih di tahun baru ada promo paket hemat yang biasanya tiketnya 90.000 menjadi 100.ribu yang sudah mencakup bonus sate barbeque, air minum dan 1 buah terompet. Anda juga bisa menikmati live music gratis ditemani DJ Rara Syorez untuk special performance. Jam buka mulai jam 4 sore sampai jam 1 pagi. Seru khan guys?

2. Food Junction Grand Pakuwon
Ini salah satu tempat favorit saya dan suami untuk menghilangkan penat. Sebenarnya ini bukan tempat wisata tapi cuma sebuah perkumpulan kedai makanan dengan konsep yang berbeda dengan yang lain. 

Yang paling enak disini tidak dikenakan tiket masuk untuk menikmati makanan dan wahana disini, kalian hanya perlu membayar tiket parkirnya aja. Parkir untuk kendaraan juga sangat sangat luaaaaas. Jadi jangan takut untuk memakirkan sepeda atau mobil anda. 

Di dalam Food Junction ada sekitar 100 pilihan stand makanan standart mall. Anda bebas mau pilih makanan apa disini. Plusnya dari tempat ini, anda bisa makan dengan pemandangan alam dan danau buatan. 

Bahkan anda juga bisa bermain wahana disini. Ada berbagai wahana populer walaupun jumlahnya tidak banyak. Diantaranya ada perahu bebek yang bisa kita dayung bersama pasangan di danau, ada bianglala yang lumayan tinggi, ada mobil-mobil lampion unik yang bisa anda jalankan bersama keluarga dan kuda-kudaan untuk anak anda. 

Jika anda tidak puas disini banyak lampion yang biasanya bentuknya beragam dan berubah-ubah sesuai dengan eventnya. Ada juga lampu I Love U. Wahananya cukup murah, harganya cuma sekitar 10-20 ribu per wahana. Makanannya harga mall di Surabaya.

3. Shopping di Mall-Mall Besar Surabaya
Ke Surabaya belum lengkap tanpa Shopping. Disini ada banyak Mall-Mall besar yang memberikan diskon dan promo tahun baru 2018. Banyak juga pameran dan live music di Mall - Mall ini. Sehingga anda bebas memilih apa saja yang ingin anda beli.

Inilah daftar Mall yang bisa anda kunjungi di Surabaya:

1. Pakuwon Trade Center (PTC)
Dulu waktu saya kuliah sering banget kesini untuk berbelanja melepas penat setelah ujian bahasa Jepang di UNESA. Pakuwon ini lumayan ramai pengunjung dan kebanyakan yang berbelanja orang-orang menengah ke atas karena mall ini sangat dekat dengan apartemen dan gedung-gedung didekatnya.

2. Bubutan Golden Junction (BGJ)
BGJ sangat dekat dengan tempat tinggal saya. Harganya juga terjangkau dan tidak mencekik leher. Saya biasa belanja bulanan di Carefour yang ada di dalamnya. Di lantai bawah juga ada ramayana dan mesin atm pada lantai dua yang berderet mempermudah pengunjung untuk belanja dengan uang tunai.

3. Royal Plaza
Mall yang lumayan besar ini ada di dekat wilayah ketintang. Untuk sebuah Mall, harga disini cukup terjangkau bahkan anda bisa menemukan baju yang harganya 50.000 ke bawah.

4. Grand City Mall
Suami saya pernah kerja disini. Disini mal kalangan elit dan tidak begitu ramai di luar, tapi jika anda ke dalam akan terlihat ada banyak pengunjung yang lalu lalang. Butik-butik disini juga menjual banyak barang bermerek terkenal. Yang paling populer disini adalah arena Permainan Ice Skating & Snow Play yang jarang kita temukan di kota kecil.

5. Darmo Trade Center (DTC)
Dari luar Mal ini kelihatan kuno dan lumutan, beda seperti PTC atau mall lainnya. Tapi jangan salah di dalamnya sangat ramai. Mall ini sering digunakan untuk kulakan karena harganya murah meriah. Kalau di Malang DTC mirip seperti pasar Matahari karena kita juga bisa menawar barang.

6. City of Tomorrow (CITO)
Ketika Anda pertama kali datang ke Kota Surabaya, entah itu dari terminal Purabaya (Bungurasih) Sidoarjo, Mojokerto maupun dari bandara Juanda (Sidoarjo), maka Anda akan disambut oleh bangunan Mal yang terletak persis di salah satu sudut Bundaran Waru. 

Bangunan ini cukup besar dan megah. Sayangnya Intan masih belum bisa menyempatkan waktu datang kesini, meskipun hampir tiap bulan dilewati.


7. Tunjungan Plasa (TP)
Saya bisa bilang Mal ini adalah Mal terbesar di Surabaya walaupun tingkatnya tidak tinggi. Mall ini terdiri dari 6 bangunan besar yang bertingkat. Ada Tp 1, Tp 2, Tp 3, Tp 4, Tp 5 dan yang terbaru adalah Tp 6. 

Sangat luas untuk ukuran sebuah Mal dan anda bisa tersesat jika tidak tahu jalan pulang. Ada banyak pilihan toko baju, makanan, furniture, pameran mobil atau motor juga sering diadakan disini.

8. Surabaya Town Square (SUTOS)
SUTOS mirip seperti MATOS di Malang. Mallnya sedikit kecil dibandingkan Tunjungan atau mal lainnya. Bukanya sampai larut malam, terkadang hingga pukul 01.00 malam. Kalau di Jakarta, mall ini seperti La Piazza yang ada di Kelapa Gading.

9. Plaza Surabaya
Plaza Surabaya sangat dekat dengan WTC. Plasa ini cukup lengkap dan dilengkapi dengan bioskop. Saya suka menonton film di plasa ini. Di samping bangunan Mal ada air mancur yang bisa kita mainkan sambil makan di luar Mal.

10. Ciputra World Surabaya
Mall ini mempunyai eskalator terpanjang di Asia Tenggara. Eskalator sepanjang 34 meter dan tinggi 16 meter ini berkecepatan 30 meter per menit. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari ujung ke ujung adalah 66 detik. Design eskalator ini sengaja dibuat agar pengunjung tetap dapat langsung ke tempat makan di V-Walk hingga larut malam pukul 12 PM, tanpa harus terganggu dengan toko-toko di dalam mal yang sudah tutup jam 10 malam.

11. Pasar Atum Surabaya
Pasar ini bentuknya seperti Mall karena besar dan bertingkat tapi sedikit kumuh jika dilihat dari luar tapi di bagian dalam penampilannya beda. Bahkan di lantai paling atas kita bisa berenang dengan harga paling murah cuma 10.000 rupiah. Di samping pasar atum juga ada warung cumi paling enak yang selalu buka 24 jam.

12. 
Word Trade Center (WTC)
WTC menjadi tempat favorit untuk menjual dan membeli Hp. Disini banyak toko yang menawarkan Hp atau smartphone canggih dengan harga promo dan bisa ditawar dilengkapi garansi resmi. Kita juga bisa baran eletronik lain seperti laptop, mifi atau lainnya.


---------------------

Sebenarnya masih banyak lagi mall lainnya tapi tangan ini sudah keriting. Nanti kita lanjutkan lagi di tempat terpisah.

4. Tugu Pahlawan Surabaya
Tempat ini adalah tempat paling favorit untuk muda-mudi yang merayakan tahun baru. Tiap di ujung tahun biasanya di tugu pahlawan mengadakan konser, festival atau pesta kembang api untuk menyambut datangnya tahun baru. 


Jangan lupa bawa terompet dan bando warna-warni ketika datang kesini untuk ikut berpartisipasi memeriahkan acara tahun baru 2018 nanti.

5. Pelabuhan Tanjung Perak
Mau yang beda? Silahkan berkunjung ke pelabuhan tanjung perak di Surabaya. Disini nantinya akan ada puluhan kapal yang sudah dihias sedemikian rupa untuk memeriahkan Tahun Baru 2018. 


Beberapa diantaranya adalah kapal pesiar yang megah dan beberapa kapal tempur milik tentara Angkatan Laut. Kembang api akan dinyalakan di atas lautan lepas sehingga semua orang bisa menyaksikan keindahannya. Bukan hanya itu, sirine atau klakson kapal juga akan dinyalakan supaya bertambah meriah.

6. Ciputra Waterpark Surabaya
Waterpark yang sangat digemarioleh semua kalangan. Disini selain berenang anda juga bisa bermain air, berseluncur depan perosotan yang tinggi dan menunggangi ombak buatan yang lumayan menghanyutkan. Di malam hari anda juga bisa menikmati acara kembang api bersama pengunjung yang ada disana.



7. Taman Bungkul
Jika anda menyukai kesegaran dan sekedar jalan-jalan malam di tahun baru. Anda sangat tepat untuk mengunjungi Taman Bungkul. Di taman ini arenanya  hijau dan luas. Cocok sebagai tempat berkumpul teman-teman untuk bercanda, bermain ataupun melakukan kegiatan positif lainnya.

Kawasan wisata yang beralamat di Jalan Darmo menjadi tempat iconic Surabaya. Setiap malam tahun baru, pusat keramaian malam serta pesta pergantian tahun akan berada disini. Berbagai pertunjukkan ataupun festival akan diadakan ditempat ini, seperti kembang api, festival makanan dan banyak lagi.

8. Air Mancur Jembatan Kenjeran
Disini kita akan dihibur dengan atraksi air mancur ini sangat eksotis karena warnanya yang bisa berganti-ganti seperti pelangi dan bisa meliuk melenggang di udara mengikuti musik yang diputar di Jembatan Kenjeran.


Kawasan Wisata Air Mancur Jembatan Kenjeran ini sangat sayang dilewatkan apalagi dengan atraksi perpaduan antara air mancur dan juga permainan lampu di sekitar air mancur tersebut. Ketika malam pergantian tahun tentu saja permainan lampu dan juga kembang api yang ada di pusat kota Surabaya bisa menjadi kombinasi yang sangat elegan. 

Jika kesini jangan lupa datang agak awal sebelum jadwal air mancur di mulai karena jalan rayanya sangat macet saking banyaknya pengunjung yang akan melihat atraksi ini.

9. Jembatan Suramadu

Salah satu kawasan wisata yang bisa dinikmati ketika malam tahun baru ialah Jembatan Suramadu. Jembatan ini sudah menjadi penghubung antara Surabaya dan pulau Madura. Panjang jembatan ini kurang lebih 5.438 meter dengan pemandangan hamparan laut yang menawan dan juga panorama jembatan berhias lampu yang sangat indah.


Di Jembatan Suramadu memang tidak ada kembang api dan tidak boleh turun ketika melintasinya. Akan tetapi para wisatawan bisa melihat dan menyaksikan pesta kembang api yang digelar di pusat kota Surabaya. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi wisata pantai di Kaki Jembatan Suramadu, disini juga ada tempat untuk santai memandangi pantai sambil minum segelas kopi atau teh hangat dengan ditemani beragam macam penganan kue yang manis memanjakan lidah.

Anda juga bisa menyaksikan keindahan jembatan suramadu di malam hari sambil menunggu detik-detik pergantian tahun 2017-2018 dengan menyewa kapal yang disewakan para nelayan sekitar. Hanya dengan uang 5000 rupiah, anda bisa menikmati suasana malam tahun baru di Surabaya dari sudut yang berbeda. 

10. Citilites Sky Club & Bistro Java Paragon Surabaya
Suka ketinggian dan ingin lebih dekat dengan bintang? Kunjungilah Citilites Sky Club & Bistro java paragon yang ada di dalam hotel Paragon lantai 21. Merayakan dan Memeriahkan malam tahun baru dari ketinggian sambil melihat indahnya kota Surabaya di malam hari, bersama keluarga dan orang terkasih tentu akan serasa sangat romantis dan menyenangkan. 


Makan malam bersama keluarga atau kekasih dengan tema candle light dinner di malam tahun baru, sambil menunggu hitungan mundur pergantian tahun, menikmati keindahan kota Surabaya sambil menikmati sajian menu seperti milkshake dan cemilan manis seperti puding atau cake akan membuat tahun baru anda semakin sweet dan berkesan. Minuman dan dessert ini sudah sepaket dengan tema malam tahun baru dengan harga hanya Rp. 500 – 600 ribu untuk tema candle light dinner.

Happy New Years 2018 para sahabat Intan Tutorial, Happy Traveling Yah!

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar