Minggu, 10 Desember 2017

Filled Under:

Cara Mengirim Email Banyak Tanpa Diketahui Penerima Satu Sama Lain

Kadang mengirim ke email banyak satu per satu begitu melelahkan, apalagi jika isi emailpun sama. Walaupun teknik copy paste email kita sudah cepat, tetap saja mengirim email dengan jumlah puluhan, ratusan, bahkan ribuan seringkali membuat kita capek. 

Jadi kitapun berpikir bagaimanakah cara cepat mengirim email sama dengan jumlah yang banyak pada penerima yang berbeda-beda, namun tanpa sepengetahuan si penerima email tersebut?

Sebenarnya fitur mengirim sekaligus ke banyak penerima email tanpa diketahui penerima yang lain sudah ada di GMAIL ini. Mereka sangatlah mengerti bahwa terkadang kita memerlukan fasilitas tersebut untuk keperluan yang penting.

Keperluan yang memerlukan email banyak seperti menyebar undangan pesta, undangan pernikahan, undangan ulang tahun, promosi barang dagangan, melamar pekerjaan, bahkan untuk memberikan tugas dari atasan ke bawahan dan pengumuman lainnya.

Untuk yang belum tahu, sebenarnya sangat mudah untuk melakukannya. Anda hanya tinggal siapkan 1 buah pesan yang ingin anda kirim ke semua teman atau kolega anda. Siapkan email penerima, mulai dari A ke Z pastikan email sudah benar supaya email tidak salah penerima, ataupun kandas di tengah jalan karena email tidak teridentifikasi dengan baik.

Jika anda sudah siap, silahkan masuk akun GMAIL anda. Kemudian klik TULIS atau COMPOSE [tombol merah] pada layar GMAIL yang terbuka.

Anda akan melihat sebuah kotak untuk mengirim pesan. Di kotak tersebut amati kolom KEPADA atau TO. Di sebelahnya agak jauh anda juga akan melihat tulisan CC dan BCC. Silahkan anda pilih yang BCC saja. Isikan email penerima di kolom BCC itu. Penulisan email harus tanpa tanda titik atau koma dan gak perlu digandeng.

Misalnya:
abac@gmail.com.bajsa@gmail.com.hdiau@gmail.com [salah]
abac@gmail.com,bajsa@gmaill.com,hdiau@gmail.com [salah]
abac@gmail.combajsa@gmaill.comhdiau@gmail.com [salah]
abac@gmail.com bajsa@gmaill.com hdiau@gmail.com [benar]

Mungkin anda sedikit bertanya-tanya apakah itu BCC??
BCC adalah singkatan dari Blind Carbon Copy.

Blind yang dibahasa inggriskan artinya adalah buta. Jadi bisa diartikan alamat email yang ada di BCC akan dihilangkan pandangannya dari masing-masing penerima ooleh mail server.

Saat kita memasukan alamat - alamat email penerima di dalam kolom BCC pada dasarnya fungsi ini akan memerintah mail server supaya menghilangkan alamat - alamat email yang dituju sebelum dikirim secara masal.

Jadi penerima email tidak akan mengetahui kepada siapa saja kita mengirim email yang sama kepada beberapa banyak orang sehingga kita tidak perlu khawatir lagi ada orang yang marah atau kecewa pada anda karena alamat emailnya telah disebarluaskan oleh kita walaupun secara tidak sengaja.

Back ke Tutorial, setelah anda menulis beberapa penerima di BCC, silahkan lanjut ke Subjek yang bisa anda isi dengan keperluan anda. Misalnya jika isinya tentang undangan. Tinggal tulis Undangan Pernikahan pada kolom Subjek.

Sedangkan kolom besar di bawah subjek, kita bisa isi dengan isi pesan kita. Jika ingin menyebar undangan, promosi atau kata-kata yang ingin anda sampaikan ke banyak orang tinggal tulis saja disini. Anda juga bisa upload gambar maupun attach file seperti documen doc, pdf, dan lain-lain.

Setelah itu pencet tombol KIRIM. Selamat anda telah sukses! Anda bisa cek sukses tidaknya email setelah mengirim email tersebut.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar