Senin, 11 Desember 2017

Filled Under: , ,

Cara Cepat Obati dan Mencegah Demam Berdarah Agar Terhindar dari Kematian

Hello jumpa lagi dengan Intan. Hari ini saya ingin sedikit berbagai tentang bagaimana cara cepat menyembuhkan orang yang sudah terinfeksi virus DBD atau Demam Berdarah Dengue. 


Yang saya bagi disini bukan asal atau jiplak karena saya dan adik saya sempat mengalami virus ini sampai ngamar di Rumah Sakit selama 1 minggu. Lumayan lama untuk ukuran penyakit DB. Sampai mama kebingungan kesana-kemari hanya untuk mencari obat dan menjaga anaknya di RS waktu itu. 

Makasih mama... Love u so much..

Mungkin sebelum ke cara mengobati, kita bisa kenalan sama yang namanya nyamuk Aedes Aegypti si pembawa virus mematikan demam berdarah dengue. 

Mengenal Nyamuk Aedes Aegypti

Asal kalian tahu ya si nyamuk aedes sangat berbeda dengan nyamuk-nyamuk yang biasanya dateng pas kita tidur. Si Aedes ini suka mencari makan dan nafkah waktu pagi hari sampai matahari tenggelam.

Aedes yang suka menyedot atau menggigit darah biasanya adalah nyamuk Aedes betina, sedangkan suaminya si Aedes jantan lebih suka makan buah daripada melakukan hal seperti drakula. Darah manusia untuk Aedes betina supaya menutrisi sel telur dalam kandungannya.


Penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD)
Nah saat nyamuk Aedes Aegypti menggigit kulit manusia, air liurnya akan menginfeksi kulit kita sehingga kita dapat terjangkit virus jika imun di tubuh kita tidak bisa melindungi. 

Gigitan yang terinfeksi bisa mengakibatkan 2 macam penyakit yaitu demam dengue dan demam berdarah dengue. 

Demam dengue adalah suatu gejala yang dialami penderita gigitan nyamuk Aedes Aegypti dengan gejala yang timbul diantaranya demam tinggi, nyeri otot, nyeri pada tulang, sakit sendi dan sakit di belakang mata.

Sedangkan demam berdarah dengue yang sering disingkat DBD sebenarnya suatu penyakit yang ditimbulkan karena peningkatan infeksi demam dengue. 

Jika demam dengue tidak diatasi maka ada kemungkinan penyakit naik ke level DBD yang gejalanya sangat menakutkan seperti pecahnya pembuluh darah seperti mimisan, muntah darah ari mulut, keluarnya bintik-bintik merah, turunnya trombosit dalam darah yang bisa mengakibatkan pembekuan pada darah serta darah rendah yang bisa mengancam jiwa.

Sebelum bertambah parah ke level demam berdarah, anda bisa mengatasi demam dengue dengan meminum banyak cairan, bisa juga minum minuman yang berion, yang penting teruslah minum agar aliran darah lancar, istirahat yang cukup, serta minum obat parasetamol untuk menurunkan panas dan acetaminophen. Insya Allah dalam 2-5 hari akan sembuh.

Dokter menanjurkan juga untuk menjauhi obat-obatan sejenis ibuprofen, aspirin, dan naproxen sodium karena dikhawatirkan dapat meningkatkan resiko pendarahan internal di dalam tubuh.

Namun jika dalam 3-4 hari gejala DBD masih ada, anda perlu bergegas memeriksakan penderita ke rumah sakit. Supaya bisa ditangani lebih lanjut. 

Ketika anda sudah di bawa ke rumah sakit biasanya yang dicek setiap hari adalah trombosit. Trombosit rendah sangat rawan bagi kita karena trombosit normal seharusnya di atas seratus kalau saya tidak salah ingat.

Saya ingat waktu itu mama saya cemas sekali karena trombosit saya di bawah 50. Beliau melakukan apa saja untuk saya agar saya bisa sembuh. Mama sebagai orang tua tunggal menggurus saya di rumah sakit selama seminggu yang akhirnya diperbolehkan pulang.

Cara mengobati Demam BerdarahAda 4 macam minuman yang katanya bisa menyembuhkan demam berdarah dan meninggikan trombosit.

Pertama, minuman jus jambu merah. Saya biasa sehari waktu itu disuruh mama untuk minum jus jambu 1 botol besar supaya cepat sehat. Buat yang suka sih enak-enak aja tapi sayangnya saya tidak suka karena lebih suka jus apukat. Hehe. Rasanya enek banget ngabisin sebanyak itu tapi untuk kesehatan ya sudahlah.

Kedua, minum minuman ber-ion. Entah mama tau darimana yang jelas dia juga meminumkan saya dengan pocari sweat itu. Minuman ini lumayan enak dibanding yang pertama dan menjadi rutinitas saya sebagai minuman di rumah sakit.

Ketiga, minum jamu kunyit putih atau temu ireng yang jelas rasanya pahit. Gak seperti jamu sinom atau beras kencur. Ga enak buat diminum. Meskipun ga enak saya harus minum jamu itu meskipun dikit kata mama.

Keempat, perbanyak minum air putih. Air ini paling saya sukai karena selain tidak berasa tapi menyegarkan. Selalu bisa menetralisir semua yang saya minum. 


Kelima, air kelapa hijau. Air ini dapat menetralkan racun yang disebabkan oleh nyamuk berkaki belang hitam-putih ini. Air yang paling enak untuk dijadikan obat. Hehee

Terakhir, Jenguklah teman-teman anda yang sedang mengalami demam berdarah karena mereka membutuhkan dukungan anda untuk sembuh. Mungkin ada mengganjal di pikiran anda yaitu..

Apa penyakit Demam Berdarah Menular?
Jawabannya adalah TIDAK. Kecuali jika anda digigit oleh nyamuk yang sama dengan penderita Demam berdarah. Tapi jika anda hanya melihat, memegang tangan ataupun memeluk badan penderita DBD, anda tidak akan tertular karena penularan hanya dilakukan oleh nyamuk lewat air liurnya.

Satu-satunya cara ampuh mencegah demam berdarah adalah dengan memberantas jentik-jentik nyamuk di sekitar rumah kita. Intan sudah merangkumnya ke dalam 111 Cara membunuh jentik nyamuk paling cepat dan ampuh.

Mungkin itu saja pengalaman saya dan yang bisa Intan Tutorial bagi kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar