Senin, 04 Desember 2017

Filled Under: , , ,

Simak Cara Cek dan Membedakan Samsung Asli dan Palsu!

Dari semua handphone yang sudah beredar di dunia, pasti ada yang namanya hp asli dan palsu termasuk dengan hp dengan merek ternama seperti Samsung. 

Nah supaya kalian tidak diakali dengan pedagang nakal yang suka mengambil untung ketika menjual hp Samsung asli tapi anda menerima yang palsu, perlu beberapa hal yang harus anda tahu sebelum membeli smartphone bermerek Samsung ini.

Hp samsung memang banyak yang membuat tiruannya. Tiruan smartphone disebut juga dengan Supercopy atau Kingcopy, dan HDC. Namanya mirip pasti 100% tidak bisa sama seperi hp samsung originalnya. Disana pasti ada perbedaan meskipun kecil dan sulit dilihat dengan kasat mata.

Agar terhindar dari penipuan dari penjual smartphone replika, anda bisa membeli di toko-toko besar dan terpercaya. Jika anda membeli online, utamakan bisa CODan supaya anda bisa mengeceknya dengan teliti dahulu sebelum membeli handphone tersebut.

Berikut adalah perbedaan yang harus anda ketahui dari Samsung asli dan palsu.

1. Berat Handphone
Yang satu ini anda pasti tahu cara mengukurnya meskipun tidak pakai timbangan berat karena rata-rata yang namanya hp replika termasuk samsung beratnya pasti lebih ringan daripada yang asli. 

Terkadang kita seperti menggenggam hp mainan. Hal ini karena hp replica dibuat dengan kualitas rendah seperti material pembentuk dan perangkat luar.

2. Cek Nama Logo dan Merk
Nama logo Samsung selalu ada di atas layar dan di bawah speaker atas bagian depan, dan ada di belakang handphone. Coba cek logo tersebut apakah warnanya terlihat mencolok dan jika anda sentuh terlalu lama dan berulang kali bisa mengelupas atau pudar, bahkan letaknya kadang tidak seimbang / simetris? Jika jawabannya iya berarti hp anda palsu. 

Hp original Samsung akan menempel dengan sempurna dan tahan lama karena pabrik ternama tidak mungkin menempelkan nama produk mereka secara asal dan mudah di dihilangkan untuk beberapa sentuhan. 

3. Cek Letak Tombol
Smartphone Samsung asli layar dan tombol homenya punya keselarasan letaknya. Jarak tombol home dari kanan dan kiri pasti sama, begitu juga jarak ke atas dan ke bawah. 


Jika handphone anda tidak seperti itu berarti sudah saatnya anda bisa bilang Hp tersebut palsu!

4. Temukan Hologram Sein
Temukan hologram yang berlabel Samsung dan SEIN (Samsung Elektronik Indonesia).  Hologram ini bisa ditemukan di charger, baterai di dalam Hp Samsung, buku garansi. Stikernya berbentuk mencolok warna perak. Coba amati baik-baik perbedaannya.


5. Logo Samsung di Awal
Anda pasti tahu jika kita menghidupkan dan mematikan handphone Samsung pasti ada sebuah logo dan suara unik yang muncul. Yah itulah yang saya maksud sebuah logo di awal dan tidak semua peniru bisa membuatnya.

Jadi sebuah replika Samsung tidak mungkin ada tulisan dan logo Samsung seperti itu. Mereka kadang memberikan awal lain seperti gambar maupun warna blank hitam saja ketika dihidupkan atau dimatikan.

6. Layar Sentuh
Layar sentuh pada Samsung asli terlihat enak karena keras dan kuat, ditekan juga langsung bereaksi. Tapi jangan harap anda menemukan hal ini pada Samsung palsu karena kualitasnya layar sentuh kurang bagus, kita seakan-akan memencet plastik dan sentuhan responnya tidak secepat Samsung asli.

7. Notifikasi berwarna
Anda pasti tahu sebuah deretan notifikasi seperti banyaknya baterai, jam, dan sebuah notif seperti bbm ataupun wa yang muncul di atas layar? 

Notifikasi tersebut jika di Samsung original pasti warnanya putih, namun jika  di Samsung copian anda kebanyakan melihat notifikasi bermacam-macam warna seperti pelangi merah, kuning, hijau, ungu, pink atau biru.

8. Kualitas Foto pada Camera
Walaupun Samsung tiruan mempunyai spek tinggi yang bisa dicek di handphone anda, tapi pada kenyataannya hasil foto jepretan jauh lebih jelek dibanding hasil foto dari Samsung asli karena kamera berkualitas rendah. 

Hasil foto yang dihasilkan lebih buram dan kurang terang. So, buat selfipun tidak memuaskan hati meskipun ada flash sebagai fitur tambahan.

9. Charger 
Charger pada Samsung asli pasti dibekali dengan sebuah ciri khusus. Ciri tersebut ada di 2 buah colokannya yang jika dilihat, di pangkal ada sebuah garis dan bentuknya tidak lurus seperti yang palsu. 

10. Kelengkapan Handphone
Anda beli handphone tapi perlengkapannya seperti hp, charger, headset, buku garansi, buku petunjuk, ada yang kurang. Anda perlu bertanya pada penjualnya, apa memang dia korupsi atau memang  barang yang anda beli palsu?

11. Cek dengan Kode Rahasia Samsung
Pembuat Samsung memang super cerdas karena mereka telah mempunyai sebuah kode rahasia untuk mengetahui jenis hp yang kita punya. Kode rahasia tersebut adalah *#0*#. 

Caranya mudah banget seperti mengecek nomor hp sendiri yaitu hanya dengan hubungi atau call *#0*#, dan tunggu beberapa detik sampai muncul informasi seperti, Receiver, Vibration, Dimmer, Mega Cam, Touch, Sensor, Sub Key, cek warna (Red, Green, Blue), Speaker, Sleep dan Front Kamera.

Jika hp anda termasuk Samsung palsu, tidak akan ada yang muncul ketika anda menghubungi kode rahasia tersebut. 

12. Kode Imei
Semua produk Samsung mempunyai no IMEI yang berbeda-beda. Anda bisa menemukannya di bagian baterai hp atau jika anda tidak mau repot copot hp bisa langsung cek di nomor *#06#.

Setelah mendapat nomernya, anda bisa masukkan ke situs http://www.imei.info/ jika no imei anda tidak mengidentifikasi apa-apa sudah berarti hp anda palsu.

13. Cek dengan Aplikasi
Aplikasi canggih yang dapat menginfokan jenis ponsel seperti Antutu dan Genuine Galaxy bisa membedakan jenis Samsung palsu atau tidak. Pasalnya jika hp anda memang palsu aplikasi tersebut tidak akan bisa menginformasikan info hape tersebut karena tidak terdaftar sebagai Samsung Asli.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar