Senin, 18 Desember 2017

Filled Under: ,

9 Cara Membuat Sambal Enak dan Bikin Nagih

Hello para readers. Intan Tutorial hari ini akan memberikan sebuah resep istimewa aneka sambal. Cocok untuk anda yang sangat menyukai pedas. Yuk langsung saja bagaimana sih membuatnya?




1. Cara Membuat Sambel Bawang Merah Simple

Cara membuat sambal sangat mudah sekali. Bahannya juga sangat mudah ditemukan di dapur. Saya kenal bermacam-macam sambal dari suami kesayangan. Hehe maklum dia lebih pintar masak daripada saya.

Pertama siapkan alat dan bahannya. Yang pasti harus ada ulek-ulek dan cuek atau cobek. Setelah itu siapkan bahan-bahan di bawah ini:
  • 10 buah cabe / lombok kecil
  • 1 atau 2 siung bawang merah yang ukuran sedang
  • Gula pasir secukupnya.
  • Garam secukupnya.
Cara memasak:

Letakkan semua bahan di atas ke dalam cobek, dan uleg atau haluskan sampai hancur dan merata. Lalu cicipi, koreksi rasa. Jika terasa sudah enak sambal siap dinikmati dengan lauknya.

2.Cara Membuat Sambel Bawang Putih Simple

Menurut saya cara membuat sambal sangat gampang sekali. Bahannya juga mudah ditemukan di dapur.

Saya kenal sambel bawang putih dari ayah mertua. Beliau mengajarkan saya buat sambel enak dan paling gampang bikinnya. Cobain deh pasti ketagihan. 

Pertama siapkan alat dan bahannya. Yang pasti harus ada ulek-ulek dan cobek. Siapkan bahan-bahan di bawah ini:
  • 4 buah cabe / lombok kecil, bisa tambah kalau kurang
  • 1 siung bawang putih yang ukuran sedang, kalau pake yang besar bisa dipotong setengahnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Garam secukupnya.
Cara memasak:

Letakkan semua bahan di atas ke dalam cobek, dan uleg atau haluskan sampai hancur dan merata. Lalu cicipi, koreksi rasa. Jika terasa sudah enak sambal siap dinikmati dengan gorengan.

3. Cara Membuat Sambel dengan Petis Madura

Petis madura menurutku lebih enak daripada petis jawa yang hitam karena Intan gak suka baunya, beda dengan petis madura yang rasanya gurih karena terbuat dari ikan apalagi ga berbau.

Petis madura itu kenyal kaya karet mirip keju mozarela tapi warnanya coklat gelap. Petis ini dikasih lombok aja sih sudah enak sebenare tapi kalau mau dibuat sambel ikuti resep di bawah ini supaya lebih sedap.

Alat:
Cobek dan ulek-ulek

Bahan:
  • 1 buah tomat segar
  • 5 buah lombok kecil
  • Gula secukupnya
  • 1 sendok makan petis madura 
  • 1 sendok teh Garam
Cara Membuat:

Campurkan semua bahan ke dalam cobek dan ulek sampai tercampur rata. Cicipi dan siap dinikmati. 

4. Cara Membuat Sambel Kecap

Sambel kecap ini manis rasanya berbeda dengan sambel-sambel lainnya. Inilah resep mudah ala intan tutorial:

Pertama-tama yang perlu disiapkan hanya sebuah mangkok kecil yang sudah bersih untuk tempat sambalnya, lalu ambil 1 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih. 

Iris tipis bawang merah tersebut dan masukkan ke dalam mangkok, lalu iris cabe kecil juga yang sudah bersih ke dalam mangkok. Terserah lombok atau berapa cabe. Kalau saya lebih banyak lebih baik. Hehehe.

Langkah terakhir adalah menuangkan kecap ke mangkok yang sudah ada irisan bawang dan cabai. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Selesai. 

Sambel kecap ini enak sekali untuk cocolan tempe goreng dan lainnya.

5. Cara membuat sambel komplit ala mama

Kenapa saya sebut komplit? Karena mama dan emak saya suka memuat sambel dengan bahan yang komplit dan banyak.

Okay langsung aja yang harus disiapkan pertama-tama.

Alat:
Cobek dan ulek-ulek

Bahan:
  • 2 siung Bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 buah lombok atau cabe kecil
  • 1 buah lombok atau cabe merah besar. Buang bijinya.
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
Cara memasak:

Cuci bersih bawang dan cabenya.
Lalu goreng sebentar. Jangan sampai hangus.
Kemudian siapkan cobek. Letakkan semua bahan yang sudah digoreng. Termasuk garam dan gulanya. Kemudian haluskan dengan ulek-ulek.

6. Cara membuat sambel korek

Kali ini kita akan membuat sambel korek. Sambel ini favorit suamiku katanya kemaren. Sambel yang simpel dibuat ini rasanya menggugah selera dan enak dinikmati dengan apapun.

Caranya cuma mengulek garam, dan lombok saja. Haluskan sampai aromanya harum. Terus setelah itu sajikan dengan nasi hangat dan lauk pauknya.

So simple as that khan guys. Hehehe. Silakan coba pasti kalian ketagihan. Apalagi ada kerupuk yang kriuk-kriuk. Hemmm sedeppp deh ya.

7. Cara membuat sambel minyak

Intan ingat sekali ketika remaja, mama mengajariku membuat sambel minyak karena gak ada bawang ataupun brambang saat itu tapi kepingin nyambel tempe.

Resepnya pun sangat simpel, bahan yang dibutuhkan Cuma lombok kecil 3 buah atau suka – suka anda. Kemudian siapkan cobek dan beri gram dan gula sedikit saja, setelah itu ulek sama lombok.

Kalau udah halus beri minyak goreng yang sudah digoreng tapi jangan yang udah hitam atau yang udah dipakai berkali-kali. Uleg lagi setelahnya. Selesai. Sambel siap dihidangkan. 

8. Cara Membuat Sambel Terasi

Membuat sambel ini yang penting adalah racikannya pas maka akan jadi sambal yang nikmat.

Bumbunya cukup simpel hanya lombok 5 buah atau tergantung keinginan kamu mau pedes apa pedes bangettt? 

Setelah itu bawang merah dan terasi ukuran dadu kecil yang sudah matang (bisa digoreng dulu kalau masih mentah atau dipanggang di atas api). Garam dan gula secukupnya.

Jika sudah selesai dikumpulkan semua bahan, cuci dulu sampai bersih kecuali terasi gorengnya dan masukkan semua ke cobek dan tinggal dihaluskan pake uleg-uleg. Halus smpai warnanya merata dan tidak ada yang kasar. Kemudian cicipi kurang garam atau kurang gula tapi kalau sudah pas ya alhamdulillah.

Tinggal sajikan ke keluarga tercinta dengan camilan, lalapan atau nasi.

Kalau gak ada bawang merah di dapur bisa diganti dengan tomat. Tomatnya kecil aja atau separuh dari tomat besar kecuali kalau mau bikin sambal yang banyakan. 

9. Cara Membuat Sambel Tomat

Sama seperti sebelumnya sambel bawang merah dan sambel bawang putih. Resep sambel tomat ini sangat mudah dan simple. Enak buat lalapan ayam atau tempe di rumah.

Pertama siapkan alat dan bahannya. Yang pasti harus ada ulek-ulek dan cuek. Setelah itu siapkan bahan-bahan di bawah ini:
  • 7 buah cabe / lombok kecil, bisa tambah kalau kurang
  • 1 buah tomat kecil.
  • Terasi secukupnya (kalau suka)
  • Gula pasir secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Cara memasak:

Letakkan semua bahan di atas ke dalam cobek, dan uleg atau haluskan sampai hancur dan merata. Lalu cicipi, koreksi rasa. Jika terasa sudah enak sambal siap dinikmati dengan gorengan hangat.

Selamat menikmati. :D

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar