Jumat, 06 Oktober 2017

Filled Under:

Cara Membaca dan Mencari Arti Kanji Jepang dengan Mudah

Malam kemaren saya sempat mendengar keluhan pembaca saya karena dia tidak tahu caranya mengartikan bahasa Jepang apalagi kalau ada kanjinya dan furigananya yang sangat memusingkan kalau nyari di kamus. 

Terinspirasi dari sini. Hari ini Intan akan memberikan teman-teman tips dan cara membaca sekaligus mengartikan sebuah kanji dalam bahasa Jepang dengan mudah. 

Untuk belajar bahasa jepang kunjungi  Intan Hikari disana anda akan dibimbing mulai dari dasar secara otodidak.

Intinya agar anda bisa lancar membaca kanji, setiap bertemu 1 kanji segera dihapalkan dengan latihan menulis secara terus menerus sampai hapal. Untuk mengetahui arti dari sebuah kanji anda harus tahu langkahnya dahulu:

  • Cari cara bacanya >> lanjutkan dengan mencari arti dengan cara baca yang anda dapatkan tadi di kamus bahasa Jepang (Saya rekomendasikan kanji matsuura karena itu adalah kamus yang lengkap dan tebal, sering saya pergunakan saat kuliah sastra Jepang dulu)
Untuk mencari tanda baca kanji anda bisa lakukan cara ini::

1. Google Translate


Masukkan kanji yang anda tidak mengerti artinya ke google translate. Sedangkan untuk mengartikannya anda bisa pakai kamus bahasa Jepang saja agar mendapat kosakata banyak yang cocok untuk terjemahan anda.

2. Kamus Kanji 


Di dalam kamus kanji ini (Saya pakai kamus kanji evergreen), anda bisa cari kanji berdasarkan jumlah goresannya. Anda kira-kira saja kalau masih belum ngerti goresannya. Carannya cukup mudah tinggal menghitung garis dari susunan huruf kanji tersebut. 


Misalnya jumlah goresan pada kanji roku atau 6 di atas adalah 4. Berarti anda harus mencari di kumpulan kanji dengan 4 goresan.


3. Gambar di laptop anda

Anda sudah mempunyai aplikasi tulisan Jepang di laptop atau belum? Kalau belum silahkan baca cara instal bahasa Jepang di laptop






Kalau sudah tinggal pindah bahasa anda ke Jepang >> input mode >> klik kanan >> restore language bar >> ime pad >> gambar bentuk kanji yang ingin anda cari cara bacanya misal (gambar pake mouse) 六 >> setelah itu akan ada deretan kanji. 

Pilih kanji yg tepat arahkan mouse anda sampai tampil tanda bacanya dalam bentuk katakana dan hiragana pasti anda bisa baca. Barulah cari artinya seperti biasa dalam kamus bahasa Jepang biasa.

Semoga bermanfaat dan mencoba ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar