Minggu, 03 September 2017

Filled Under:

Cara Cepat Lulus Ujian JLPT N5 Bahasa Jepang

Konnichiwa minasan, jumpa lagi sama saya si imut Intan. Kali ini saya akan berbagi pengalaman saya dari sastra Jepang untuk membantu anda cepat lulus JLPT N5.

Sebenarnya waktu saya kuliah semester 1 sastra jepang belum ada yang namanya ujian noryukushiken JLPT yang level 5 adanya malah ujian noken JLPT N4. 



Yap dulu itu levelnya Cuma dari level 4, level 3, level 2 dan 1. Dengan ketentuan semakin kecil level yang anda kuasai maka anda akan semakin pintar dalam bahasa Jepang. Berarti orang yang sudah ahli bahasa Jepang dan lancar maka otomatis dia pasti punya sertifikat JLPT 1.

Gak mudah sampai level puncak, karena listening atau percakapannya akan semakin cepat dan kanjinya yang harus dikuasai juga sudah rumit dan banyak. Tapi jika anda mau berusaha, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. N1 pasti bisa anda capai dengan belajar bertahap.

Untuk pemula yang ingin lancar berbahasa Jepang, anda harus mulai dari nol yaitu ikut ujian permulaan Noryukushiken JLPT N5. Saya mungkin belum pernah ikut, tapi saya pernah membaca soal dari teman-teman dan sepertinya soalnya lebih simple dan sederhana dibandingkan ujian saya dulu yang N4.

Hal ini mungkin karena pengaruh pembagian level menjadi 5 bagian. Jadi tahap-tahapnya menjadi lebih rata tingkat kesulitannya dan seimbang.

Oh iya untuk pemula sebaiknya jangan cepat-cepat ingin lompat ujian. Misalnya N5 belum ikut, anda memaksakan ikut ke shiken N4. Sebaiknya anda ikuti tahapan semua tes karena sertifikat yang anda peroleh juga berguna untuk menunjukkan bahwa anda sudah mampu menguasai bahasa Jepang tingkat tersebut. Untuk memperoleh pekerjaan yang berkaitan dengan bahasa Jepang pun semakin mudah.

Anda pasti tahu apa yang harus dilakukan untuk pemula supaya lulus tes N5. Hal tersebut adalah dengan cara cepat menghapalkan huruf-huruf dasar seperti hiragana, katakana dan kanji. Sebelumnya saya sudah kasih tahu cara cepat menghapalkan huruf hiragana dan katakana.

Jika anda mau, belajar juga pelajaran – pelajaran yang sudah saya susun di Intan Hikari. Insya Allah akan mempermudah anda mengerjakan soal-soal nouryukushiken level 5.

Kuncinya untuk lulus N5 mungkin cukup anda kuasai 1 buku yang namanya Minna nihongo 1. Buku ini full berisi pelajaran bahasa Jepang yang ditulis dalam bahasa Jepang juga. Kalau anda belajar sendiri mungkin perlu sering-sering mengartikannya ke dalam kamus.

Untuk memudahkannya anda juga bisa beli minna nihongo kiso 1 yang versi terjemahan atau les privat lah bahasa Jepang ke sensei yang sudah menguasai buku tersebut supaya anda tidak kebingungan. Perbanyak latihan menghafal kanji-kanji dasar.

Beli buku minna nihongo bisa secara online atau ke toko buku di tempat anda. Yang jelas di Gramedia belum ada. Kalau di Surabaya kemaren saya nemuin di toko buku khusus tapi nemunya cuma versi terjemahan. Atau pinjem buku mahasiswa sastra Jepang deh pasti punya buku itu.

Apa mau pinjem punya saya aja?? Bisa dong tapi ada syaratnya, anda harus les privat ke saya dulu. Hehehe. (tapi sementara ini cuma menerima dari kota Surabaya ya)

Selain itu anda bisa coba tes online bahasa Jepang untuk pemula, anda juga bisa main game online di situs bahasa Jepang, perbanyak dengerin lagu-lagu bahasa Jepang kalau bisa yang ada liriknya untuk mengasah chokai atau pendengaran anda. Nah bagaimana masih kurang apa belum??

Kalau masih kurang banyak, mungkin anda tertarik untuk membaca cara cepat lancar berbahasa Jepang.


Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar