Sabtu, 02 September 2017

Filled Under: ,

15 Cara Rahasia Sukses Lulus Ujian CPNS Tahun 2018

Berjuta-juta orang Indonesia melamar lowongan CPNS tapi tak menyangka hanya puluhan ribu saja yang bisa lulus ujian CPNS dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). 

Saya yang pernah mengikuti Ujian CPNS 1 kali, sebenarnya sangat menyayangkan sekali karena nilai saya kurang 1 saja sudah bisa lulus Ujian CAT ini. 



Namun apalah dikata, meskipun nilai kurang satu di bagian TWK, tetap saja tidak lulus karena belum melewati passing grade yang telah ditentukan. Yah maklum saya kurang pengetahuan dengan berita-berita gitu.

Supaya anda tidak mengalami hal yang sama seperti saya, anda harus punya strategi sebelum mengerjakan soal Ujian CPNS supaya dapat dilulus tes Ujian CPNS dan lulus menjadi PNS yang anda dambakan.

Tenang iters, anda hanya perlu melakukan tips rahasia agar mudah lulus Ujian CPNS tahun 2018 kali ini. Silahkan disimak baik-baik ya.

1. Siapkan Berkas Persyaratan

Agar bisa mengikuti Ujian CPNS, anda pertama-tama harus siapkan dokumen yang harus didaftarkan. Jangan lupa juga scan dan compress foto agar bisa diupload dengan ukuran yang ditentukan.

Legalisir ijasah juga diperlukan sebagai bukti ijasah anda asli dan original. Oh iya fotocopyan juga harus dilegalisir ya. Anda bisa minta ke sekolah atau kampus anda terlebih dahulu mulai dari sekarang. 

Supaya  gak kesusu atau keburu saat ada pendaftaran nanti. Minta legalisiran yang lumayan banyak supaya gak bolak - balik lagi kalau kurang.

Yang paling penting lagi adalah Kartu Keluarga karena ternyata nomer kartu keluargaah yang digunakan untuk log in pendaftaran nanti. Jika anda punya masalah dengan KK misalnya surat KK hilang atau sudah tidak berlaku lagi harus segera diurus. (Baca: Cara Membuat Kartu Keluarga Baru)

Gak kalah penting lagi adalah KTP. Karena salah satu persyaratannya dengan fotocopy KTP. So, kalau anda punya KTP yang belum diperpanjang lebih baik diurus sekarang atau KTP hilang, anda bisa minta surat kepolisian sebagai pengganti KTP.

Jika sudah lengkap, berarti anda sudah siap untuk lolos proses administrasi dan menuju tahap berikutnya di Ujian CPNS seleksi kompetens dasar dengan sistem CAT. Tinggal duduk manis dan tunggu pengumuman jadwal dan tempat tes CPNS 2018.

2. Datang Lebih Awal dan Tidak Terlambat

Saya kemaren ujian CPNS di Surabaya, sedangkan rumah saya sekarang juga Surabaya. Namun karena Surabaya yang terlalu luas dan saya disini sebagai pendatang baru. 

Ujian waktu itu dimulai jam 2 siang tapi saya berangkat jam 1 siang. Sayapun tanpa ada survey sebelumnya ke tempat ujian, sempat kesasar-sasar ke tempat ujian.

Padahal sudah pakai layanan Google Map, ada jalan lurus yang enak tapi malah dibuat muter-muter sama aplikasi yang satu ini. Untung saja 15 menit sebelum masuk gedung, saya bisa berlari mengejar ketinggalan. 

Telat 5 detik saja, mungkin saya sudah disuruh pulang karena waktu saya masuk, saya sudah disuruh masuk ke ruangan ujian tanpa harus menunggu. Satpamnya saja sudah nyegat saya masuk. Duhh untung saja.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan. Survey dulu ke tempat ujian adalah sebuah keharusan supaya anda tidak terlambat dan mengetahui jalan dengan benar. 

Apalagi anda yang dari luar kota, wajib datang lebih awal. Hitungkan juga dengan waktu tempuh ditambah perkiraan kemacetan. Pilihan kendaraan yang anda pakai juga mempengaruhi cepat atau lambatnya anda sampai di tempat tujuan.

Kalau saran saya, anda lebih baik pakai sepeda motor supaya bisa salip kanan kiri dan lebih luwes, atau jika anda memilih kendaraan umum. Anda bisa pilih kereta api daripada menggunakan bus yang rawan kemacetan.

Siapkan juga air putih untuk menghilangkan dahaga di tengah perjalanan. Supaya anda tidak dehidrasi dan kekurangan tenaga ketika memulai ujian.

Jangan sampai seperti teman saya yang dari Lamongan kemaren katanya dia sudah jauh-jauh datang ke tempat Ujian CPNS tapi tidak diperbolehkan masuk karena sudah terlambat. Padahal waktunya kurang 5 menit saja sebelum ujian dimulai.

3. Perbanyak Sholat Dhuha dan Hajat

Sebagai umat muslim kita percaya bahwa segala sesuatunya sudah ditentukan dan ditakdirkan oleh ALLAH SWT. Kita bisa minta kepada-Nya supaya kita diberikan yang terbaik dengan memperbanyak amal ibadah dengan Shalat Dhuha dan Sholat Hajat.

Kedua sholat ini mempunyai fungsi sama yang bisa kita gunakan untuk memohon supaya bisa diloloskan tes Ujian CPNS dengan mudah tanpa hambatan. Berdoalah kepada Allah dengan bahasa anda sendiri setelah sholat ditunaikan.

Sholat dhuha berfungsi untuk menambah rejeki, rejeki bisa bermacam-macam bisa dengan mengabulkan keinginan anda, diterima pekerjaan, bertambahnya harta, diberinya keturunan dan lain-lain. 

Sedangkan sholat hajat adalah solat untuk meminta supaya hajat atau keinginan kita terkabul seperti keinginan untuk menikah, keinginan untuk mendapatkan pekerjaan seperti CPNS ini dan lain sebagainya.

4. Berdoa Sebelum Mengerjakan Soal

Fungsinya berdoa adalah memulai dengan niat karena Allah SWT. Supaya kita diberi kemudahan dalam mengerjakan soal dan diberi pikiran yang fresh sehingga kita bisa mengerjakan CPNS dengan lancar dan hasil memuaskan.

Anda bisa mengucapkan Bismillah sebelum mengeklik soal di komputer atau baca surat Al-Fatihah sebagai pemulanya. Bimsalabim dengan doa saja, anda pasti bisa asal jangan lupa belajarnya juga ya. Hehehe.

5. Kerjakan Soal Dari Yang Paling Mudah

Ada tiga macam jenis ujian kompetensi dasar. Ketiga kelompok soal dimaksud yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Menurut saya yang paling mudah adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) meliputi penilaian integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Saya bisa bilang bergitu karena nilai saya yang paling tinggi ada disini. Saya tidak perlu menguras pikiran untuk menjawabnya. Jika anda berwawasan luas dan sering menonton berita atau politik, anda bisa langsung mengerjakan TWK. 

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia. Keempat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).

Kalau anda pandai ke soal hitungan dan logika bisa lompati dan langsung masuk ke soal jenis TIU. TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Daripada menjawab soal yang lain dulu, alangkah baiknya anda menjawab soal yang paling mudah dulu menurut anda dari pada menunggu menyelesaikan soal yang sulit.

Toh soal di sistem CAT ini bisa dilompati dan diulang kembali ke soal yang belum anda jawab. Jadi jangan takut dan terpaku pada 1 soal saja yang menguras waktu dan tenaga.

6. Siapkan Baju dan Sepatu Sebelum Hari H

Pasti tahu dong ya kalau mau ikut ujian ini harus pakai baju hitam dan putih. Atasan berwarna putih dan bawahan berwarna hitam. Untuk cewek berhijab pakai kerudung hijab berwarna hitam yang polos. Sepatu fantofel hitam dan jangan pakai perhiasan apapun apalagi emas. 

Kalaupun anda pakai perhiasan dan tertutup pakaian. Anda akan kena razia dan perhiasan yang anda kenakan mau tidak mau harus dititipkan pada petugas penjaga CPNS. Ketika pulang, anda harus mengambilnya kembali di tempat penjagaan tadi. Jadi jangan sampai kelupaan.

Kalau bisa titipkan saja sama saudara, teman atau orang tua anda ikut mengantar anda ke lokasi ujian. Jika anda tidak mematuhi ketentuan di atas, siap-siap saja anda tereliminasi sebelum berperang.

Gak perlu bawa alat tulis atau kertas untuk coretan karena semua sudah difasilitasi disana. Anda tinggal bawa badan aja ke tempat ujian. Okay!

7. Belajar Dulu dan Tambah Wawasan Anda

Pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal SKD. Peserta yang berhasil lulus Ujian harus nilainya di atas ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Sebelum mengkuti ujian CPNS anda bisa sedikit membaca baca tentang Negara Indonesia seperti ilmu pengetahuan sosial dan sejarah, apalagi Undang - Undang Dasar 1945 yang pernah saya pelajari di SMP juga keluar dibagian Soal TWK.

Materi kedua adalah Tes Intelegensi Umum (TIU), anda bisa latihan soal matematika dasar seperti cara menghitung kecepatan, dalamnya sumur, peluang angka, deretan angka dan lain-lain.  

Adapun Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain yang dirangkai dalam soal.

Anda juga bisa beli buku ujian CPNS yang sering dijual dan latihan menjawabnya setiap hari. Jika anda sudah belajar dengan keras, yakinlah anda bisa dan anda akan melihat hasilnya.

8. Minta Restu Orang Tua dan Suami

Restu orang tua dan suami sangat perlu agar mereka bisa ikut serta mendoakan keberhasilan anda waktu tes. Dengan doa mereka terhadapmu, tes Ujian CPNS akan dilancarkan dan lebih dimudahkan oleh Allah SWT.

9. Perbanyak Latihan Tes CPNS

Tes CPNS tahun-tahun sebelumnya banyak yang sudah dibukukan atau diupload dalam bentuk PDF, anda hanya perlu mencarinya di google.com dengan kata kunci Ujian CPNS .Pdf. Ada juga beberapa webmaster yang membuat kuis online latihan ujian cpns. Anda bisa mencobanya secara gratis.

10. Perhitungkan Waktu Mengerjakan

Waktu mengerjakan sangat terbatas. Anda hanya diberi waktu beberapa menit untuk 1 soal jadi anda harus menjawab dengan tak tek alias cepat secepat kilat. Menjawab soal berwaktu anda juga perlu latihan supaya terbiasa.

Anda bisa menghitung soal yang anda kerjakan di rumah dengan bantuan stopwatch yang ada di handphone anda.

11. Kerjakan dengan Konsentrasi Tanpa Panik

Tidak perlu deg-degan dalam mengerjakan soal karena rasa kepanikan anda akan merusak konsentrasi dari dalam pikiran. Untuk menghilangkan rasa panik anda bisa melakukan peregangan otot tangan sebelum mengerjakan soa dan ambil nafas dalam-dalam.

12. Jangan Begadang di Malam Sebelum Ujian

Mungkin anda maunya belajar sampai malam, tapi kalau kemalaman juga gak baik bagi tubuh anda. Anda bisa mengantuk waktu menghadapi ujian. Apalagi kalau waktunya udah mepet, mata anda malah gak bisa melek. Wah-wah bukannya untung jadi buntung dong. Gagal jawab soal-soalnya.

13. Sarapan Sebelum Berangkat

Seperti yang kita ketahui sarapan adalah sumber energi. Jadi walaupun terburu-buru anda harus sarapan sebelum melakukan ujian. Jika tidak sempat anda cukup beli roti di jalan agar perut anda tidak kosong dan badan tidak lemas. Sehinggan anda masih bisa berfikir dengan jernih tanpa rasa kelaparan yang menerjang.

14. Jaga Kesehatan Sampai Tanggal Ujian

Tanggal ujian harus dilingkari di kalendar anda supaya tidak lupa. Selain itu anda juga harus menjaga kesehatan anda, jangan sampai anda di hari H sakit yang akibatnya tidak bisa hadir karena harus ke rumah sakit atau ke dokter. Hmm.

15. Pilih Lowongan Dengan Peminat yang Sedikit

Daripada memilih lowongan yang kuota terbatas, tapi pesaingnya bejibun. Anda bisa pilih yang lowongan jarang dinikmati, sehingga pesaing anda besar untuk masuk ke dalamnya tanpa takut disenggol dengan banyaknya pesaing.

Cara diatas adalah cara agar anda lolos Ujian Cat, sedangkan untuk lolos Seleksi Kompetisi Bidang anda harus belajar apa yang harus anda geluti sesuai bidang anda masing-masing. Misalnya untuk menjadi Menteri luar negeri Jepang, anda harus menguasai dan lancar dalam bahasa Jepang.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar