Sabtu, 23 September 2017

Filled Under: ,

Cara Ampuh Membasmi Kelabang yang Masuk ke Dalam Rumah

Kelabang atau kaki seribu adalah sebuah hewan dengan badan merah beruas-ruas berkaki seribu. Kenapa disebut kaki seribu karena hewan ini punya banyak kaki. 


Hewan ini juga punya sengatan yang cukup menyakitkan ketika terinjak dengan kaki kita. Hal itu karena kelabang atau yang lebih dikenal lipan ini punya bisa yang menyakitkan tapi tidak sampai mematikan.

Kelabang banyak ditemukan di daerah yang rawan lembab. Seperti saat musim hujan ini. Apalagi kalau rumah anda kebocoran dan basah, kamar mandi yang selalu tergenang air, dan tembok yang lembab pasti kelabang akan berkunjung kesana.

Saya tidak tahu binatang ini termasuk binatang mematikan atau tidak seperti nyamuk demam berdarah, tapi kerberadaan binatang ini bisa melukai anggota keluarga kita jika tidak segera ditangani. Apalgi untuk anak-anak yang masih belum tahu ganasnya binatang ini.

Sebenarnya kaki seribu merupakan salah satu binatang predator yang sangat menguntungkan bagi manusia karena asal anda tahu makanannya ternyata binatang-binatang menjijikkan seperti kechoa, lalat, dan nyamuk, binatang jorok lainnya yang ada di rumah kita.

Jika kita membiarkannya hidup itu artinya anda ikut mengurangi parasit hewan kotor di rumah anda sehingga hewan seperti kecoa dan lalat akan hilang dengan sendirinya dimakan kaki seribu.

Tapi jika anda menginginkan kaki seribu, anda berarti memperbolehkan kecoa dan lalat bersarang di rumah anda. Dengan resiko tersebut anda seharusnya bisa memikirkan lagi sebelum membunuh hewan ini.

Selain membunuh mungkin anda bisa menyingkirkan kaki seribu saja ke tempat dia berada, atau di tempat kecoa bersarang, supaya dia bisa makan dengan kenyang.

Membasmi binatang ini cukup mudah dilakukan jika anda masih bersi keras memusnahkannya. Cukup ambil batu dan bantingkan ke arah tubuhnya sampai penyet, anda juga bisa injak dengan sepatu yang keras, atau anda bisa pindahkan kaki seribu ke luar rumah seperti selokan atau sungai.

Supaya kaki seribu tidak datang kembali, anda bisa tutup lubang-lubang dari tembok yang permukaannya tidak rata, tembok yang basah sehingga rentan menjadi tempat persembunyian hewan kecil ini. Anda bisa cek area kamar mandi yang biasanya basah.

Kalau perlu anda juga bisa membuat kokoh kembali tembok anda dengan menyemennya atau merenovasi ulang area-area yang sudah akan hancur seperti tembok retak.

Selain faktor diatas anda juga bisa mengusir kelabang dengan cara melakukan pembasmian secara masal kecoa, lalat dan nyamuk supaya kelabang tidak mencari mangsa di tempat anda.

Anda juga harus mengeringkan tempat-tempat kering dan menjaga supaya rumah tidak lembab karena kelabang tidak suka dengan tempat yang kering. Anda juga harus suka bersih-bersih secara rutin agar terhindar dari binatang-binatang kotor tersebut.


Cara lain yang juga sangat mudah adalah menanam pandan di dalam rumah agar aroma rumah kita seperti kue. Konon katanya jika anda menanam pandan, kelabang tidak akan masuk ke rumah karena aromanya bikin hewan ini muntah. :D

Saya sih belum mencoba dengan panda, tapi anda tidak salahnya mencoba. Kalau gak berhasil pakai cara ampuh selanjutnya yaitu menggunakan garam. Anda cukup tabur garam yang banyak di area lembab atau di area yang anda sering melihat kelabang mangkal.

Kalau anda mau, anda bisa juga memasak kelabang dan dibuat gorengan jajanan yang enak seperti jajan jalanan yang sering ditemui di Thailand atau Filipina.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar