Senin, 16 Oktober 2017

Filled Under: ,

Cara Packing dan Melipat Jilbab di Koper Agar Tidak Kusut

Yuhuuu.. Musim liburan sudah tiba. Kinilah saatlah untuk packing. Intan juga sudah siap nih untuk kasih tips-tips yang selalu membantu anda dalam melakukan sesuatu. Kali ini saya akan memberikan tips packing untuk para muslimah.

Saya sendiri sudah mulai berhijab sejak tahun 2015 yang lalu. Jilbab atau kerudung adalah penutup rambut dan aurat para wanita. Walaupun rambut kita tertutupi, kita sebagai wanita masih bisa tampil cantik dengan berhijab.



Di saat liburan kita pasti ingin membawa beberapa kerudung favorit kita. Namun anda sebaiknya jangan terlalu keburu nafsu, meskipun kita sudah membawa banyak jilbab tidak mungkin semuanya dipakai sekaligus. 

Yuk langsung aja kita simak cara packing cerdas untuk kerudung.

1. Sesuaikan dengan tempat dan suasana

Ketika anda mau liburan lebih baik kita cocokkan dengan situasi dan kondisi disana. 

Jika anda ke gunung ada baiknya jika anda packing jilbab yang berbahan tebal saja, supaya tidak kedinginan atau anda juga bisa mengkombinasi kerudung anda dengan topi rajut yang trendy.



Jika anda ke pantai, anda juga bisa memilih kerudung yang tipis supaya tidak gerah. Anda bisa juga memakai topi pantai supaya wajah anda selalu terlihat putih alami tanpa takut kena sinar matahari.

2. Memakai 2 warna untuk hijab lebih baik

Memakai hijab memang perlu trick supaya bisa selalu tampil kekinian. Salah satu cara yaitu dengan memakai 2 warna untuk menggunakan hijab daripada memakai 1 warna karena akan terlihat monoton.



Selain itu memakai 2 warna dari kerudung yang berbeda akan lebih menghemat tempat di koper anda. Mengapa begitu? Karena kita bisa mengkombine / mencampur dari 3 kerudung saja. 



Misalnya untuk semingggu kita bisa packing 3 warna hijab pink, biru muda dan putih. Kalau bisa pilih 1 warna netral supaya bisa dilekatkan ke warna apa aja yang anda suka. Untuk hijab motif kita bisa pakai langsung tanpa di packing.

Hari pertama: Hijab motif yang saya pakai
Hari kedua: Hijab pink dan putih
Hari ketiga: Hijab biru muda dan pink
Hari keempat: Hijab biru muda dan putih
Hari kelima: Hijab pink
Hari keenam: Hijab putih dan motif
Hari ketujuh: Hijab motif dengan topi. 

Dengan begitu anda bisa berganti-ganti kerudung dengan hanya membawa 3 kerudung yang berbeda warna. Jika anda pakai hijab 1 warna dan ingin berganti-ganti tiap hari mungkin anda harus membawa 7 kerudung untuk 1 minggu saja.

Untuk caranya agak rumit dikit sih, tapi jika anda sudah terbiasa dan telaten pasti bisa dan terlihat mudah di mata anda.

3. Membawa 1 kerudung yang mempunyai 2 warna

Kalau yang ini lebih praktis lagi dan kita tidak perlu mempacking banyak-banyak kerudung. Yapp kita bawa saja kerudung yang punya 2 warna. 



Kadang ada jilbab yang bawahnya pink dan atasnya abu-abu. Ada juga yang atasnya polkadot, yang bagian lainnya polos. Ada lagi jilbab yang warna motif dengan campuran polos. 



Banyak banget deh yang bisa anda pilih. Walaupun jarang ditemui pasti adalah di beberapa toko online shop ataupun toko - toko kerudung di kota anda. 

4. Bawa 1 ciput yang punya warna banyak

Saya punya inner kerudung cuma satu tapi warnanya banyak banget. Pasalnya kainnya ini selain nyaman dipakai warnanya juga bolak-balik. Di dalam 1 sisi ada 3 warna yaitu merah, kuning, biru, dan sisi baliknya juga ada abu-abu, hitam, dan putih. 



Ketika anda butuh untuk memakai kerudung, tinggal sesuaikan warna yang cocok dari salah satu warna itu. Jika anda punya yang seperti ini gak perlu packing berat-berat, selain itu membuat koper kita menjadi lega.

5. Cara melipat kerudung supaya tidak kusut

Kerudung sangat bermacam-macam jenisnya. Supaya praktis anda bisa pilih kerudung yang tidak mudah kusut dan lungset walaupun sudah dilipat atau digulung-gulung untuk dibawa berlibur. 

Untuk kerudung segi 4 yang berbahan tipis bisa anda lipat biasa menjadi segi empat lalu taruh pada tas tersendiri seperti tas travel kecil supaya bentuknya tidak berubah-rubah dan tetap rapi sampai tujuan. 

Sedangkan untuk kerudung jenis bergo melipatnya tidak boleh asal. Apalagi pada  bagian atas jangan di tekuk supaya tetap halus dan tidak membekas. Seperti di bawah inilah yang benar:


Jika anda punya kerudung yang luwes dan tidak kusut ketika diapain ajja. Lebih baik melipatnya menjadi gulungan supaya irit tempat.

Kalau kerudung anda cuma dua atau tiga cukup selipkan di kantong tas atau selipkan di dalam koper bagian atas.  

Buat jilbab yang mudah kusut, haruslah disetrika dulu sebelum dipacking. Sesudah disetrika sesuaikan bentuknya menjadi kerudung yang langsung pakai. 


Misalnya anda biasa pakai kerudung secara segitiga berarti langsung lipat kedua ujungnya menjadi segitiga dan gulung dengan sebuah rol buatan dari kertas (bisa diambil dari bekas tisu gulung atau bekas kertas fax). Setelah digulung barulah masukkan ke dalam tas.

Ok sekian tips kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar