Jumat, 27 Juli 2018

Filled Under: , ,

Macam dan cara mendapatkan beasiswa sarjana, buat kamu para scholarship hunter wajib baca ini!

Macam dan cara mendapatkan beasiswa sarjana - siapa sih diantara kamu yang tidak menginginkan mendapatkan beasiswa? Pasti jawabannya hampir tidak ada yang tidak menginginkannya bukan.

Terlebih untuk kamu yang (maaf) memang sangat membutuhkannya. Tentunya kamu akan secara sungguh-sungguh bertekad untuk mendapatkan dan mewujudkannya. Syukur-syukur jika beasiswa yang kamu impikan ialah beasiswa internasional.

Dan beasiswa internasional tersebut ternyata dapat kamu raih dengan usaha kamu sendiri.. so pasti nya kamu sangat bahagia sekali dong.

Untuk kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana (S1) khususnya yang sudah mulai memasuki semester III. boleh kamu coba untuk mencari-cari beasiswa yang menurut kamu cocok dengan keinginan kamu. 

Karena biasanya beasiswa sarjana itu bermunculan untuk para mahasiswa semester III ke atas, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada beasiswa yang ditawarkan ketika kamu masih menempuh pendidikan di bangku sekolah SMA.

Disini saya akan membagikan informasi beberapa beasiswa sarjana dalam negeri yang mungkin cocok untuk kamu para mahasiswa aktif dan berprestasi di kampus.

Dan juga saya akan memberikan beberapa trik cara mendapatkan beasiswa-beasiswa tersebut tentunya.

Langsung saja dibaca dan disimak secara seksama yaww.. dan jangan lupa share artikel ini mungkin saja ada teman atau siapapun orang terdekat kamu sedang membutuhkan informasi ini

1. Beasiswa BFI FINANCE



Program beasiswa kuliah dari BFI Finance tidak hanya memberikan kesempatan berkuliah tapi juga jaminan bekerja di BFI Finance dan menjadi peserta Management Trainee Program (MTP) BFI Finance. Mahasiswa yang boleh mendaftar adalah yang berada di semester 4-8 di PTN maupun PTS dari semua jurusan namun diutamakan jurusan ekonomi.

Beasiswa kuliah meliputi bantuan biaya kuliah mulai saat menerima beasiswa hingga semester 8, uang saku tiap semester, bantuan subsidi buku, dan juga bantuan biaya tugas akhir.

Beasiswa kuliah yang sudah ada sejak tahun 2004 ini merupakan salah satu beasiswa kuliah yang menjanjikan. Sayangnya kuota yang disediakan tidak cukup banyak yaitu hanya belasan mahasiswa saja setiap tahunnya.

2. beasiswa BCA FINANCE


Beasiswa BCA Finance Peduli Anak Bangsa adalah Besiswa kuliah S1 yang diberikan oleh BCA Finance diperuntukkan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggu Swasta yang sudah melewati masa studi semester dua atau mulai memasuki tingkat 2.

Beasiswa kuliah yang diberikan berupa uang sebesar Rp3.000.000 yang diberikan tiap semester. Beasiswa akan diberikan hingga semester 8 perkuliahan. Persyaratannya tidak terlalu sulit yaitu untuk mahasiswa PTN memiliki IPK minimal 3.00 sedangkan PTS dengan IPK minimal 3.40 dan juga aktif berorganisasi.

3. Beasiswa BBP - PPA (kemenristekdikti)



Sama seperti Bidikmisi, Beasiswa kuliah BBP-PPA juga merupakan beasiswa kuliah dari pemerintah RI melalui Dikti. Beasiswa BBP-PPA merupakan singkatan dari Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendikan Peningkatan Prestasi Akademik.

Beasiswa kuliah ini biasanya diberikan antara semester 2 hingga semester 8 berupa bantuan dana tunai untuk 2 semester. Beasiswa juga mungkin diberikan mulai dari semester awal jika penerimanya memiliki prestasi akademik saat di SMA.

4. Beasiswa bidikmisi (kemenristekdikti)



Bidikmisi adalah beasiswa kuliah dari pemerintah RI melalui Dikti. Beasiswa kuliah ini ditujukan bagi para calon mahasiswa yang kurang mampu secara finansial namun memiliki potensi akademi.

Bantuan besiswa kuliah program D3 diberikan selama 6 semester, sedangkan untuk program D4 dan S1 diberikan selama 8 semester. Bantuan dana beasiswa berupa dana uang kuliah yang dibayarkan secara langsung kepada perguruan tinggi dan uang saku dan tunjangan buku yang diberikan langsung pada mahasiswa setiap satu semester sekali.

Beasiswa kuliah Bidikmisi bisa diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Pendaftaran Bidikmisi maksimal sebelum memasuki semester 2 perkuliahan.

5. Beasiswa ORBIT (Ainun&Habibie foundation)


Yayasan beasiswa ini sudah ada sejak tahun 1992, pada awalnya Yayasan ini bernama Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT saja, tapi pada tahun 2011 bergani nama menjadi Yayasan Amal Abadi Beasiswa ORBIT Hasri Ainun Habibie sebagai sebuah penghargaan bagi almarhumah. Beasiswa yang diberikan oleh Yayasan AAB ORBIT HAH ini bukan hanya beasiswa kuliah tetapi juga untuk tingkat SMA.

Beasiswa kuliah terbagi menjadi dua kategori yaitu beasiswa reguler dan juga beasiswa unggulan. Beasiswa kuliah regular diberikan kepada yang ingin berkuliah ataupun yang sedang menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Beasiswa kuliah yang diberikan berupa dana sebesar Rp750.000 per bulan yang diberikan selama satu tahun ajaran.

Sedangkan untuk beasiswa kuliah unggulan, diberikan sejak awal hingga selesai menempuh pendidikan di PTN unggulan. Besiswa kuliah unggulan mencakup biaya perdaftaran bantuan uang kuliah, uang buku, uang kost per semester, dan juga uang saku per bulan.

6. Beasiswa Sampoerna foundation


Beasiswa kuliah selanjutnya adalah beasiswa yang diberikan PT HM Sampoerna, Tbk melalui Sampoerna Foundation. Beasiswa kuliah yang satu ini memiliki tujuan untuk membantu para pelajar di seluruh Indonesia yang memiliki prestasi cemerlang tetapi kesulitan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Salah satu kriteria yang diharapkan dari penerima beasiswa kuliah Sampoerna Foundation adalah pelajar yang memiliki semangat tinggi untuk membangun negeri dan juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Beasiswa kuliah yang diberikan Sampoerna Foundation tidak hanya mencakup biaya kuliah penuh selama 4 tahun saja, tapi juga uang saku. Selain itu, biaya tunjangan buku dan juga tunjangan biaya internet juga akan diberikan untuk penerima beasiswa kuliah yang satu ini.

7. Beasiswa beswan Djarum (Djarum beasiswa +)

Beasiswa kuliah yang satu ini merupakan salah satu beasiswa kuliah yang cukup populer di Indonesia. Djarum Foundation sudah berkontribusi di dunia pendidikan sejak tahun 1984. Djarum Beasiswa Plus adalah beasiswa kuliah yang diberikan oleh Djarum Foundation untuk mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Penerima beasiswa kuliah yang satu ini disebut dengan Beswan Djarum.

Beswan Djarum akan mendapatkan beasiswa kuliah berupa dana beasiswa selama satu tahun. Tapi tidak hanya sampai di situ saja, para Beswan Djarum ini juga akan mendapatkan berbagai pelatihan. Pelatihan yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan soft skill Beswan Djarum agar nantinya siap menjadi penerus dan pemimpin bangsa.

Pelatihan yang diberikan mencakup Nation Building, Character Building, Leadership Developmet, Competition Challenger, dan International Exposure.

8. Beasiswa ASTRA


PT Astra Internasional, Tbk memiliki 2 beasiswa kuliah S1 yang diberikan untuk kamu. Pertama adalah Beasiswa Astra 1st yang diberikan pada mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi di Pulau Jawa dan diutamakan berasal dari jurusan Teknik, Ekonomi, Psikologi, IT, dan Statistik yang berada di semester 2,4, atau 6. Beasiswa yang diberikan berupa uang sebesar Rp5.000.000 dan juga pelatihan yang memungkinkan kamu untuk memperluas jaringan dengan para professional Astra.

Beasiswa kuliah S1 yang kedua disalurkan melalui Yayasan Toyota Astra yang diberikan untuk membantu mahasiswa yang sedang menyelesaikan tugas akhir dan berlaku untuk mahasiswa yang ada di beberapa perguruan tinggi terpilih di seluruh Indonesia.

Beasiswa kuliah yang diberikan berupa uang sebesar Rp250.000 per bulan. Selain beasiswa kuliah untuk bantuan tugas akhir jenjang S1, tersedia juga beasiswa kuliah untuk penelitian dan disertasi.

9. Beasiswa bank BRI


Beasiswa bank BRI di wujudkan melalui program Nusantara cerdas, diperuntukan bagi mahasiswa untuk jenjang pendidikan sarjana (S1) dari perguruan tinggi negeri (PTN) terkenal di pulau Jawa.

(UGM,UNNES,UNY,UNESA,UI,ITB,IPB,UNM,UNPAD) dalam program Nusantara cerdas ini bank BRI memberikan bantuan untuk biaya kehidupan mahasiswa.

Biaya pendidikan selama 8 semester, biaya pengembangan diri, serta perlengkapan kuliah, untuk masing-masing mahasiswa yang mendapatkan mahasiswa.

Mahasiswa yang bisa mengikuti program beasiswa Nusantara cerdas ini tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditentukan salah satunya mahasiswa tersebut adalah mahasiswa yang berprestasi. Serta berasal dari daerah terdepan,terpencil,terluar (3T)

Para mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa bank BRI ini tidak diharuskan melakukannya masa bakti kepada bank BRI. Mereka diberikan. Kebebasan untuk memilih pekerjaan sesuai yang mereka inginkan.

10. Beasiswa XL future leaders




Beasiswa XL future leaders merupakan program pelatihan terpadu, bagi mahasiswa semester 1 sampai dengan 4 yang difokuskan pada 3 area kompetensi yang dibutuhkan. Untuk dapat berkiprah di tingkat global para peserta tidak akan dikenakan biaya apapun saat proses seleksi.

Tips cara mendapatkan beasiswa


1. Usahakan Drop aplikasi (form pendaftaran beasiswa) sedini mungkin

Nasehat untuk memberikan berkas pendaftaran sedini mungkin bisa jadi adalah nasihat yang paling sering kamu dengar. Nyatanya, para sumber kita juga mengatakan hal yang sama.

Bahkan Alexis Csizmazia mahasiswa yang menerima beasiswa dari QS-IE University scholarship mengatakan “ Sekolah hanya mempunyai dana terbatas untuk beasiswa, semakin cepat Anda mendaftarkan diri, semakin cepat sekolah mengenali dan mempertimbangkan Anda”

2. Sering-seringlah update informasi / cek informasi di website universitas / badan usaha pemberi beasiswa.

Agar hunting beasiswa lebih fokus, Kamu harus tau dulu ke universitas mana kamu akan melanjutkan study. Setelah itu, sering-sering kunjungi websitenya. Biasanya admin web akan memposting pengumuman jauh-jauh hari dari deadline. Cara ini juga lebih efisien dari pada menunggu pengumuman di website beasiswa secara global.

Saat pengumuman sudah keluar, perhatikan seluruh persyaratan dengan teliti. Catat juga kapan batas pengiriman aplikasi. 

3. Pelajari topik essay yang di perlombakan

Salah satu penilaian untuk calon penerima beasiswa adalah essay. Luangkan waktu lebih lama saat mengidentifikasi tema essay. Breakdown seluruh keyword dan pahami apa sebenernya mereka maksud. Kamu diperkenankan untuk membuat essay dari berbagai referensi selama itu masih bersifat original.

4. Sering-seringlah meminta pendapat kepada senior / orang yang berkompeten dengan topik pembahasan beasiswa ini agar agar orang tersebut dapat melakukan koreksi.

Dengan sering meneliti dan membiarkan orang lain ikut membacanya, typo –salah tulis- dan beberapa kesalahan lain bisa dikurangi. Kamu juga bisa meminta temanmu untuk memberi masukan dan kritik. Feedback ini akan membantumu mengevaluasi essay maupun aplikasi sebelum dikirimkan.

5. Cari alternatif (siapkan opsi ke 2 jika opsi pertama gagal)


Ketika Kamu diharuskan spesifik memilih universitas seperti pada nomor 2, bukan berarti kamu hanya memiliki 1 opsi. Pikirkan juga plan B atau alternative lain. Saat beasiswa dari universitas di Plan A, Setidaknya kamu masih mempunyai Plan B. Alternatif ini dapat di cari di website, buku atau bertanya pada alumni

6. Jadilah seorang time planner

Jika kamu telah apply ke lebih dari satu beasiswa, pastikan kamu mampu untuk mengatur waktu. Apalagi biasanya kita masih di sibukkan dengan rutinitas sekolah dan aktifitas yang lain. Jangan sampai, dengan mempunyai alternative justru membuatmu tidak matang di keduanya

7. Apply ,apply dan apply

Saran terakhir dari para penerima beasiswa internasional adalah
“Stop doubting yourself, and start applying!”

Di usia kita saat ini, terjatuh dan berdiri lagi adalah hal biasa. Segala hal besar tidak akan didapatkan dengan mudah bukan? Tetap semangat.



Demikian macam dan cara mendapatkan beasiswa sarjana Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar