Selasa, 10 Juli 2018

Filled Under: , ,

Resep Cara Membuat Laksa Makanan Khas Orang Tangerang begini cara bikinnya!

Resep cara membuat laksa makanan khas orang Tangerang - Hai.. kali ini saya akan memberikan resep makanan khas dari daerah lainnya yaitu makanan laksa. Ada yang tau laksa itu sejenis makanan apa??

Yaaappss.. benar sekali Laksa Tangerang merupakan salah satu makanan legendaris yang berasal dari Tangerang. Warnanya kekuningan, rasanya sangat gurih dan biasanya disajikan bersama potongan ayam atau telur.
Laksa Tangerang terdiri dari dua macam yakni Laksa Nyonya yang biasa dibuat oleh kaum peranakan Cina yang ada di Tangerang dan Laksa Nyai yang dibuat oleh kaum pribumi dari Tangerang sendiri.
Sejarah terciptanya makanan laksa
Berdasarkan beberapa sumber, Laksa Tangerang ini sudah berkembang bahkan sejak beberapa waktu yang lalu, dan pada tahun 1970 makanan ini sempat populer karena dijajakan oleh pedagang keliling yang ada di Tangerang. Tetapi, seiring berjalannya waktu, makanan ini secara perlahan mulai menurun popularitsanya karena digeser oleh jenis makanan yang lain.
Tetapi, pada tahun 2000 makanan ini mulai muncul kembali di berbagai tempat dan sekarang, kita bisa dengan mudah menemukannya dengan mengunjungi Jl. Muhammad Yamin, tepatnya di depan Lembaga Pemasyarakan Wanita Kota Tangerang.
Bahan baku yang dibutuhkan


1. 1 ekor ayam kampung, potong 6 bagian

2. Air secukupnya

3. 1250 santan

4. 2 batang daun salam, potong serong

5. 200 gram bihun

6. 200 gram kentang, potong dadu 1 cm

7. 50 gram kacang hijau, rebus, sisihkan

8. 3 sdm minya, untuk menumis

9. 100 gram kelapa sangrai

Bumbu-bumbu

1. 8 buah bawang merah

2. 6 siung bawang putih, iris halus

3. 6 cm kunyit, bakar dulu

4. 6 cm jahe, buang kulit, bakar sebentar

6. 5 cm lengkuas, iris halus

7. 2 sdt ketumbar bubuk

8. 1 sdt merica bubuk

9. 1 sdt gula pasir

10. 3 buah cabai merah

11. Garam secukupnya

Langkah-langkah Cara membuat laksa Tangerang

1. Ambil 1/3 bumbu halus, campurkan pada potongan ayam, masak sampai berubah warna, tambahkan 500 ml air, daun salam, masak ayam sampai matang, kemudian tiriskan. Bakar sampai berwarna kecoklatan, sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis sisa bumbu, setelah harum masukkan irisan kentang, kacang hijau, irisan daun bawang, kelapa sangrai, dan santan, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat.

3. Letakkan bihun dan ayam bakar di dalam mangkuk lalu siram dengan kuah laksa, sajikan dengan sambal dan bawang goreng.


4. Sajikan selagi hangat!

Preview makanan laksa Tangerang


Mudah bukan cara membuatnya .. yukk tunggu apalagi mulailah coba membuat makanan laksa Tangerang dirumah dan rasakan kelezatan dari cita rasa makanan laksa yang pastinya bikin ketagihan mulut dan lidah kalian deh.
Demikian resep Cara membuat laksa makanan khas orang Tangerang Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar