Selasa, 17 Juli 2018

Filled Under: ,

Tips Cara Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Tertipu

Tips Cara Membeli Smartphone Bekas Agar Tidak Tertipu. Membeli barang bekas memang banyak keuntungannya karena harganya lebih murah daripada yg baru. Apalagi untuk handphone sayangnya beberapa penjual ada yang main curang untuk mengambil keuntungan. Terutama jika anda memilih untuk membeli hape di online shop. 


Intan saja pernah ketipu 700 ribu karena tergiur oleh handphone keluaran terbaru yang harganya murah sekali. Otomatis saya sudah transfer tapi ternyata hp gak datang - datang ke rumah. Padahal saat itu uang menipis, tega nian penjualnya. Begitu saya chat lagi, komplain kenapa barang gak datang datang akhirnya saya diblokir dan tidak mendapatkan apa - apa. 

Jadi sebelum anda melakukan transaksi jual beli apalagi masalah handphone, anda harus tahu cara membeli smartphone bekas agar tidak tertipu. Yuk simak baik - baik cara berikut ini. 

1. Ketahui harga pasar terlebih dahulu

Sebelum membeli handphone bekas, anda hendaknya melihat dulu harga bekasnya di Google. Sehingga anda tidak akan membeli handphone yg kemahalan atau kemurahan. 

Hape yang kemurahan terkadang karena beberapa situasi dan kondisi barang tersebut sudah minus alias ada kecacatannya. Kecacatan seperti kondisi barangnya tidak mulus sih gak papa karena gak merusak fungsinya sebagai hape, namun jika cacatnya tergolong berat misalnya hp suka mati sendiri, hp ngedrop, hp tidak bisa wifian lebih baik ga usah dibeli. 

2. Belilah di toko online terpercaya

Sebelum membeli anda hendaknya mencari tahu apakah toko tersebut toko yg jujur, amanah, dan memang memberikan kiriman yang  dibeli kepada customernya. Lalu bagaimana caranya?

Jika anda belanja dari instagram cobalah untuk melihat komentarnya, apakah ada yang membeli dan ada sebuah review. Kalau anda melihat ada pembeli yg pesan, cobalah menghubungi pembeli yg sudah beli hp dari toko tersebut. Apakah memang toko tersebut terbukti mengirimkan hpnya kepada pembeli atau tidak, anda akan tahu dari sini. 

3. Lebih baik beli di Marketplace dibandingkan tempat lain

Saya suka sekali berbelanja di marketplace apalagi handphone karena dengan marketplace uang kita jadi terjamin dan aman karena adanya pihak ke 3. 

Jadi ketika anda beli sesuatu, orang ketiga akan menerima uang anda terlebih dahulu, ketika penjual mengirim barang tersebut dan sampai di tempat anda, anda bisa mengeceknya terlebih dahulu. 

Kalau memang barang tersebut sampai dengan sangat baik dan tidak palsu, hp bisa dinyalakan, atau hp memang sesuai kondisi yg dijelaskan, anda bisa mengatakan bahwa barang sudah diterima dan uang akan diteruskan kepada penjual oleh pihak ketiga.

Membeli handphone di online memang rentan tertipu jika anda belum berpengalaman karena jualan online kita hanya dapat melihat fotonya dari jarak jauh sedangkan kondisi barang tersebut dijelaskan dengan kata - kata manis oleh pelapak.

Oleh karena itu anda harus tahu cara berbelanja handphone di marketplace. Hal pertama yg harus anda ketahui adalah ulasan. Bacalah semua ulasan pada toko yg mau anda beli. Apakah ulasan tersebut jelek atau bagus. 

Ulasan adalah review pembeli yang diberikan ketika pembeli tersebut menerima barang dari penjual. Jadi ulasan sangat penting untuk kita baca, kalau ulasannya jelek lebih baik anda jangan beli di toko tersebut. Masih banyak toko lain yg bisa anda pilih. Jika sebaliknya ulasannya sangat baik, anda bisa memesan hape disana. 

Ada banyak marketplace yg bisa anda coba. Cuma yang saya rekomendasikan adalah tokopedia.com karena marketplace ini banyak memberikan banyak promo dan diskon. Download sekarang & nikmati cashback s.d 30rb untuk transaksi pertama dengan memasukkan Kode: TPANJUQON7.

4. Ajak penjual untuk COD-an

Ketika anda ingin membeli handphone online ada baiknya anda membeli dari orang yg menjual 1 kota saja. Mungkin anda bingung gimana mencari penjual hp di online yg bisa COD-an. 

Tenang anda bisa kok mencarinya di marketplace. Misalnya anda mau beli hp di tokopedia. Atur dulu kota atau darimana barang dikirim. Misalnya anda ada di Malang, maka centang saja area Malang pada filter penelusuran. 

Jika sudah ketemu hp dan penjualnya. Chat penjual dan katakan keinginanmu bahwa anda ingin langsung beli dengan bertemu langsung atau lebih dikenal dengan sistem COD (Cash On delivery) yg artinya pembayaran akan dilakukan ketika barang datang dan sesuai yg diinginkan. 

Nah dengan begini, anda gak akan tertipu lagi sama pelapak atau penjual hape karena anda akan aman dan terjamin. Apalagi kalau pakai sistem COD anda bisa langsung cek sendiri hpnya. Apakah hp tersebut masih bagus atau tidak anda bisa langsung mengerti sendirinya. 

Selain tips membeli hp di atas anda juga bisa membaca cara mengecek hape android second bagus atau tidak. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar