Selasa, 24 Juli 2018

Filled Under: ,

10 Cara berbicara kepada orang yang lebih tua yang baik dan sopan

10 cara berbicara kepada orang yang lebih tua yang baik dan sopan - pernah gak sih kamu merasa canggung jika ingin membicarakan sesuatu kepada orang yang lebih tua dari kamu atau kepada orang yang kita hormati (seperti orang tua kita, guru, pak ustadz, dosen dan lain sebagainya).


Jangan sampai karena kecanggungan kamu itu membuat orang yang lebih tua yang kita ajak bicara merasa dia sedang tidak dihormati oleh kamu.

Waaahhh.. kalau sudah begitu gawat banget dong pastinya, nah buat kamu-kamu semua yang masih sering merasa canggung dan kurang percaya diri berbicara dihadapan orang yang lebih tua daripada kita. 

Ini saya akan memberikan beberapa triknya, semoga dengan trik ini kamu bisa lebih enjoy berbicara dengan orang yang lebih tua dari kita yaa.

1. Tersenyum



ketika orang lain sedang bercerita dimana cerita tersebut mengharuskan kamu untuk menanggapi maka tersenyumlah.

Entah anda menanggapi negatif atau positif, cukup berikan senyuman maka mereka pun akan melanjutkan ceritanya ke sesi berikutnya.

2. Cobalah untuk tetap Fokus dan Konsentrasi

Ini mungkin terdengar mudah tetapi nyatanya banyak orang yang mengeluh dan berlalu ketika dia kehabisan bahan cerita atau terhambat karena sikap si lawan bicara.

Jadi usahakan konsentrasi pada orang yang sedang berbicara. Jangan sampai mereka mengulang - ulangi kalimat, jangan buat mereka menunggu juga, apalagi terhadap orang yang lebih tua karena mereka cenderung gampang tersinggung.

Jika kamu sedang tidak ingin diajak bicara maka caranya adalah dengarkanlah dia sebentar, perhatikan dia lalu ketika dapat waktu yang tepat utarakan perasaan anda dengan berkata, "Maaf pak/buk saya sedang ada ......" atau "maaf dek aku lagi ada urusan yang harus diselesaikan ......". Jadi jangan sampai anda menolak mentah - mentah jika sedang dicurhati orang lain.

3. Pergunakanlah intonasi bicara yang sewajarnya

jangan menggunakan nada tinggi pada orang yang lebih tua karena mereka akan menganggap anda menantang mereka, jangan miringkan kepala atau alis naik sebelah apalagi jika anda adalah pria, berbeda pula ketika berbicara dengan wanita.

Gunakan nada bicara yang halus. Nada yang naik turun boleh juga untuk dipakai tetapi jangan berlebihan dan jangan dibuat - buat. Jika anda pria maka berbicaralah seperti pria. Jika berbicara dengan yang lebih muda, anda harus lebih halus lagi demi menjaga perasaanya tetapi juga harus tetap tegas dan konsisten.

4. Tatap matanya (awas jadi baper hehe)

menatap mata seseorang merupakan sesuatu yang penting tetapi bisa juga berbahaya jika berlebihan. Untuk itu, jika berhadapan dengan orang yang lebih tua jangan terlalu sering menatap matanya karena mereka akan menganggap anda menantang mereka atau berani.

Jangan mengalihkan apalagi memotong pembicaraan dan pandangan kecuali pada situasi kondisi tertentu. Jika pada orang yang lebih muda maka jangan anda meremehkan dia. Jangan memandang dengan tatapan dingin atau tatapan tidak butuh.

5. Mainkan Gerak gerik

ini adalah hal yang unik karena dengan bahasa tubuh kamu dapat mengetahui apakah lawan bicara kamu telah nyaman atau tidak. Kamu dapat mengetahui dari tatapan matanya yang biasanya berharap kamu memberikan tanggapan untuk sesuatu yang kamu sampaikan.


Jika berhadapan dengan orang yang lebih tua jangan sekali kali menggunakan telunjuk tangan untuk menunjuk sesuatu, karena disini anda akan dicap arrogan.

jangan menggerakkan tangan seperti orang yang tidak tahu menahu dan tidak mau tahu. Jangan memakai kata "gak tau","gak bisa" karena itu jawaban orang yang tak bertanggung jawab, jawab saja dengan "maaf kurang tahu", "maaf belum bisa" ........ 

Untuk orang yang lebih muda jangan terlalu banyak memainkan tangan atau bahasa tubuh lainnya, karena kamu akan dicap sebagai orang yang arrogan, gunakan bahasa tubuh yang menarik sehingga lawan bicara anda merasa yakin, aman, dan lega dengan cerita anda.

6. Cobalah Libatkan dalam pembicaraan ringan

Bicarakan hal-hal ringan terlebih dahulu, misalnya mengenai hewan peliharaan, nanti malam makan apa, dan sebagainya. Hal tersebut akan membantu kamu terhubung dengan orang tua, sehingga bisa dilanjutkan ke pembicaraan yang lebih besar lagi.

7. Pastikan Beritahu apa yang ingin kamu capai

Apakah kamu memiliki masalah berat yang ingin diselesaikan? Atau sekadar didengarkan oleh orang tua? Jangan hanya diam atau bahkan berbohong kepada orang tua. Ungkapkan apa yang ingin dicapai atau lakukan, agar mereka tahu apa yang kamu butuhkan.

8. Bicarakan dengan salah satu orang tua terlebih dahulu


Jika takut berbicara kepada orang tua, coba bicarakan dengan salah satu dari mereka yang lebih memahami akan hal tersebut.

9. Ingat! Cobalah untuk selalu Pilih jalan keluar dari pertentangan


Setiap pembicaraan akan berjalan dengan baik jika tidak ada pertengkaran. Menurut McCoy, jika segala sesuatu yang dibicarakan adalah pertentangan, kamu dan orang tuamu hanya akan kelelahan. Jika tidak mendapatkan titik tengah, coba minta pengecualian, atau dengan melakukan hal-hal yang baru.

10. Pilih tempat dan waktu yang tepat

Bukan ide bagus jika kamu berbicara mengenai hal-hal buruk ketika orang tuamu sedang terburu-buru menuju kantor. Berbicaralah saat orang tua sedang santai. Jika sedang marah, tunggu hingga meredam. 

Nah itu saja yang dapat saya bagikan mengenai 10 cara berbicara kepada orang yang lebih tua yang baik dan sopan Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar