Senin, 02 Juli 2018

Filled Under: , , , , ,

Cara Membuat Kerak Telor Makanan Tradisional Masyarakat Betawi

Cara membuat kerak telor makanan tradisional masyarakat betawi - Kali ini saya akan memberikan cara membuat kerak telor makanan khas betawi. Jika kalian berkesempatan berkunjung ke kota Jakarta dan berniat mencari makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman.



Rasanya tepat jika anda menjatuhkan pilihan kepada kerak telor. Selain rasanya yang super enak makanan ini juga dibuat dengan cara yang unik. Kerak telor pun sudah dikenal ke hampir seluruh wilayah Indonesia loh.

Sejarah kerak telor

Menurut sejarah kerak telor telah ada dari zaman kolonial Belanda. Yang pada awalnya semua bermula dari coba-coba pada puluhan tahun silam. Ketika Batavia (sekarang Jakarta) masih dipenuhi oleh tumbuhan pohon kelapa.

Sekawanan pemuda Betawi Menteng iseng mencampurkan antara ketan, kelapa parut dan bumbu dapur lainnya. Ternyata tidak disangka tidak diduga berawal dari iseng-iseng tersebut banyak tetangga yang menyukainya.

Pada tahun 1970-an mereka pun mulai mencoba peruntungan dengan berjualan resep unik tersebut di daerah Monas (monumen nasional).

Ternyata makanan tersebut laku keras bahkan seolah sampai menjadi ciri khas Betawi yang terkenal kelezatan rasanya.

Bahan-bahan
Bumbu kasar: 
1. 100 gram beras ketan putih
2. 200 ml air 
3. 100 gram kelapa parut kasar, disangrai untuk garnish
4. 2 butir telor bebek
5. 15 gram ebi (diseduh, disangrai, dan dihaluskan)
6. 30 gram bawang goreng
7. 1 sendok makan minyak untuk menumis bawang goreng

Bumbu halus: 
1. 4 buah cabai merah kering
2. 3 cm kencur
3. 1 cm jahe
4. Setengah sendok teh merica
5. 3 siung bawang merah
6. 1 siung bawang putih

Cara membuat
• langkah pertama kita membuat terlebih dahulu serundengnya sebagai bahan taburan kerak telor dengan cara disangrai tumis bumbu halus hingga harum, masukkan kelapa parut, garam, gula pasir dan 2 sendok makan ebi halus. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga kering dan berwarna kecoklatan serta mengeluarkan aroma harum angkat dan sisihkan.


Http://putsept.site
Pict: putra septiana
• panaskan wajan, sebaiknya menggunakan wajan kecil yang memiliki bentuk cekung


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• tuangkan kedalam wajan satu sendok sayur beras ketan yang telah direndam beserta satu sendok sayur air rendamannya. Tutup wajan dan masak beberapa saat hingga air menyusut dan agak mengering.


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• masukkan 2 sendok makan serundeng, 1 sendok makan ebi halus, 1 sendok makan bawang goreng, dan 1 butir telor bebek aduk rata dan lebarkan hingga kepinggir wajan serta membentuk dasar tipis. 


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• masak hingga mengering dan mengeluarkan aroma harum khas telor dadar.


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• balik wajan sehingga posisinya tertelungkup dan api membakar permukaan kerak telor, biarkan beberapa saat hingga kerak telor berubah warna menjadi kecoklatan namun hati-hati jangan sampai gosong.


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• untuk mengangkatnya, gunakan spatula tipis sehingga kerak telor dapat terlepas dari wajan.


Http://www.putsept.site
Pict: putra septiana
• beri taburan serundeng, dan bawang goreng

• sajikan selagi hangat.

Lokasi jualan pedagang kerak telor

Saat ini cukup sulit menemukan para pedagang kerak telor sekalipun ada hanya tempat tempat tertentu saja seperti di tempat wisata , serta di sekitar tempat pertunjukan kebudayaan Betawi.

Saya pun tidak ingin menyerah mencari para pedagang kerak telor ini dan akhirnya saya pun mendapatkan beberapa tempat rekomendasi untuk membeli kerak telor antara lainnya:

1. Kerak telor bang safe'i (jalan Kebagusan III no. 97 pasar Minggu Jakarta selatan) bagi yang memiliki rumah jauh dari tempat tersebut bisa memesan kerak telor secara online juga loh dengan mengunjungi website nya di www.keraktelor.net

2. Halaman belakang museum Fatahillah Jakarta ( kota tua Jakarta)


3. Dan sekitaran area pekan raya Jakarta Kemayoran (JI-Expo)

Untuk harga sangat bervariasi tergantung tempat pedagang berjualan dan juga telor yang digunakan, namun secara umum harga satu porsi kerak telor berkisar

• Rp 20.000,00 untuk yang berbahan telor ayam
• dan Rp 25.000,00 untuk yang berbahan telor bebek (itik)

Buat yang masih bingung atau mungkin belum paham cara membuat kerak telornya yuuk bisa disimak video berikut ini

Demikian resep Cara membuat kerak telor makanan tradisional masyarakat betawi semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar