Jumat, 13 Juli 2018

Filled Under: , ,

20 Cara menghemat budget pengeluaran bulanan anak kos

20 cara menghemat budget pengeluaran bulanan anak kos - di terima di perguruan negeri impian bagi setiap calon mahasiswa memang merupakan hal yang sangat membahagiakan, tapi bagaimana jika anda di terima di perguruan tinggi negeri yang lokasinya bisa terbilang cukup jauh dari tempat anda sekarang tinggal? 

Cara yang paling sering dilakukan oleh para mahasiswa adalah dengan mencari tempat tinggal pengganti atau orang lebih sering menyebutnya ngekos.


Akan menjadi masalah jika anda adalah tipe orang yang selalu boros dalam membelanjakan uang harian anda. Karena didalam kehidupan kos kita dituntut untuk selalu berhemat Karena orang tua jauh dari kita dan tidak setiap waktu bisa memberikan kita uang jajan.

Oke.. langsung saja ke topik pembicaraan sekarang saya akan memberikan tips bagaimana cara menghemat pengeluaran dikala kita berstatus sebagai anak kos alias anak rantau (sebagian adalah pengalaman pribadi saya sendiri loh..)

Cekidot..

1. Kurangi membeli makan di luar / makanan siap saji

Membeli makanan dari luar kost atau bahkan menggunakan jasa GO-F*OD jelas sering terlintas di pikiran anak kost yang bosan makan mie setiap hari. 

Boleh saja sesekali, tapi demi sukses menghemat uang, kurangi aktivitas makan di luar. Keluarkan uang untuk membeli bahan makanan untuk dimasak di kost bisa dicoba.

2. Cobalah perbanyak kegiatan yang dilakukan dengan berjalan kaki

Pasti pernah ada diantara kamu manusia-manusia mager naik ojek hanya untuk ke minimart atau ke kost sebelah? Selain gak ramah lingkungan, menggunakan kendaraan bermotor saat gak perlu-perlu banget juga bisa membakar kantong.

Jadi, sebagai kiat menghemat uang, perbanyak berjalan untuk tujuan dekat. Toh, berjalan menyehatkanmu juga.

3. Harus hemat pemakaian air dan listrik

Berlama-lama di shower setelah hari panjang memang nikmat, tapi jangan lupa pikirkan berapa tagihan air akhir bulan nanti. Menghemat pengeluaran air dan listrik setiap bulannya berpotensi mengurangi pengeluaranmu secara signifikan, looh..

4. Cobalah drop lamaran pekerjaan paruh waktu / part time

Kalau memungkinkan, gak ada salahnya looh.. anak kost mengambil kerja paruh waktu. Selain bermanfaat untuk pengalaman, kamu juga mendapatkan upah sebagai uang tambahan. Menghemat uang pastinya akan lebih mudah dengan adanya penghasilan sampingan.

5. Usahakan selalu jaga kesehatan anda

Sakit itu mahal! Karena itu, jaga kesehatanmu sebagai anak kost dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga ringan seperti berjalan.

Misi menghemat uangmu bisa jadi kacau balau akibat datangnya sakit tidak terduga, akhirnya uang tabungan ludes membayar tagihan rumah sakit.

6. Usahakan hindari semaksimal mungkin pembelian dadakan

Apa yang akan kamu lakukan jika umpamanya lagi santai-santai sembari buka Instagram dan tiba-tiba olshop favoritmu menggelar flash sale

Setiap jemarimu rasanya langsung ingin mengetik alamat situs olshop tersebut dan berbelanja. Eits, ingat, kamu sedang menghemat. Pembelian dadakan, walaupun dalam jumlah kecil, bisa menjebloskan anak kost ke sesi pengeluaran uang yang lebih besar lagi. 

Jadi, lanjut scroll ke bawah tanpa menggubris iklan flash sale itu, ya!

7. Usahakan lihat dan bandingkan dahulu sebelum memutuskan membeli sesuatu

Mau sekuat apapun kamu menahan diri, gak dipungkiri lagi kalau kebutuhan pasti akan muncul dan kamu akan harus membeli sesuatu. Agar misi menghemat-mu sukses, selalu lihat dan bandingkan barang sebelum membeli. Kalau bisa beli barang sama dengan harga yang lebih rendah, kenapa tidak?

8. Cobalah manfaatkan promo yang ada

Walaupun kejadiannya selangka melihat platipus di jalanan Jakarta hahaha, olshop tertentu biasanya suka menggelar promo yang bisa menghemat uangmu.

9. Ambil uang di ATM secukupnya

Boleh-boleh saja ambil uang dari ATM, tapi untuk mencegah diri kita termakan godaan membeli barang gak dibutuhkan, gunakan ATM sekali seminggu saja dengan cara mengambil sejumlah uang tertentu dan targetkan pakai ATM lagi minggu depan. 

Dengan ini, proses menghemat uang-mu akan jadi lebih mudah. Jadi, kalau ATM di depan kost memanggil-manggil namamu, cuekin aja!

10. Manfaatkan WiFi

Duh, Wi-Fi itu sepertinya sudah jadi kebutuhan primer kehidupan anak kost. Mungkin bagi penghuni kost beruntung, kamar kost sudah dilengkapi fasilitas satu ini, tapi bagi yang tidak, mau gak mau harus jadi fakir Wi-Fi demi menghemat uang. 

11. Hindari sebisa mungkin memfotokopi sesuatu

Berjuang menghemat demi pendidikan sebagai anak kost memang bukan hal mudah, lebih-lebih untuk mahasiswa yang kerap harus fotokopi material kelas demi mendapatkan nilai A. 

Fotokopi per lembar memang terdengar murah dengan harga Rp.100, tapi gimana kalau kamu harus fotokopi buku 300 halaman? Maka dari itu, manfaatkan “koneksi”-mu dengan memanfaatkan catatan dari teman atau dari senior. Menghemat itu bisa dilakukan karena bantuan orang sekitar kita

12. Makanlah sebelum berpergian

Menghemat bukan berarti kamu gak boleh gaul. Betapa girangnya anak kost disaat diajak ke cafe oleh teman yang lebih tebal dompetnya. Tapi, kamu tahu sendiri ‘kan makanan di cafe itu bagai makanan kucing, porsinya nanggung-nanggung banget.

Jadi, daripada mengeluarkan uang Rp.50.000 hanya untuk secangkir kopi americano, lebih baik kenyangkan diri sebelum jalan ke cafe untuk menghindari pengeluaran berlebih.

13. Berbelanja lah sebulan sekali untuk keperluan kos


Cara bertahan hidup yang selanjutnya adalah belanja sesuai kebutuhan. Sering kali anak kost jika mendapat uang kiriman dari orangtuanya langsung pergi ke supermarket untuk membeli barang untuk kebutuhan bulanan mereka.

Sebelum berbelanja, kita menganggap persediaan sebelumnya telah habis dan membutuhkan persediaan baru tanpa mengeceknya terlebih dahulu. Namun, hal ini justru membuat kamu akan boros.

14. Biasakan mencuci baju sendiri

Jangan manja jadi anak kost. Anak kost itu wajib mandiri. Jangan terlalu mengandalkan jasa laundry. Menggunakan jasa laundry membuat kamu makin boros. Biar uangmu bisa dihemat untuk makan, kamu bisa mencuci bajumu sendiri, lagi pula, mencuci baju bisa dijadikan sebagai olahraga gratis hahaha

15. Jika ingin berpergian, nebeng saja sama teman

Bagi kamu anak kost yang tidak punya kendaraan, kemana-mana biasanya menggunakan transportasi yang membutuhkan ongkos yang tidak sedikit. Daripada kamu harus naik angkot atau naik ojek, kamu bisa minta tolong temanmu untuk mengantarkan kamu ke tujuanmu. Atau kalau jarak tujuanmu dekat, kamu bisa berjalan kaki. Dengan hal ini uangmu tidak akan cepat habis.

Bukan berarti pelit tapi hal ini efektif untuk mengurangi pengeluaran. Tapi jangan lupa, suatu saat kamu harus menolong  temanmu atau mentraktir dia atau hanya sekadar mengisi bensinnya, supaya dia tetap bisa ditebengin.
16. Usahakan menabung di awal bulan
Walau keuangan anda pas-pasan bukan berarti anda bebas dari kewajiban menabung, anggarkan sekitar 10-20 persen dari uang bulanan anda, menabunglah di awal  bukan sebaliknya karena sifat dasar manusia akan belanja dengan ceroboh ketika uang yang ia miliki masih terlihat banyak dan tidak menyisakan untuk menabung.
Tabunglah di bank untuk mengurangi resiko dicuri, jangan taruh uang kas terlalu banyak di dompet atau lemari terlebih jika jumlah penghuni kos banyak untuk mengurangi resiko hilang. Tabungan ini dapat anda gunakan sebagai dana darurat ketika anda sakit atau ada keperluan yang mendadak
17. Selalu andalkan bekal, yang sudah kamu bawa
Tidak usah malu membawa makan dan minum sendiri di tas, selain lebih hemat anda juga bisa lebih yakin tentang kebersihan dan kesehatan kualitas bekal yang anda bawa. Tapi makanlah di tempat yang tepat agar tidak mengganggu orang lain dan anda juga dapat menikmati bekal anda, apalagi jika anda punya banyak teman yang tidak sungkan meminta bekal anda.

18. Perbanyak relasi

 Dengan memiliki banyak relasi anda akan memiliki banyak informasi tentang bisnis atau lowongan pekerjaan. Anda akan memiliki orang yang dapat anda mintai pertolongan atau jika dia seorang yang memiliki bisnis atau keahlian tertentu anda dapat bermitra bersamanya atau menjadi klien mereka.


Yang perlu anda tahu bahwa untuk memiliki kawan yang banyak juga harus memiliki modal, tidak ada yang mau berkawan dengan anda jika dia berpikir anda tidak memiliki kemampuan untuk membantu mereka di masa depan. Selalu jadi pribadi supel dan ringan tangan agar anda dapat menarik simpati dari banyak orang.

Tidak harus menjadi pribadi yang rupawan untuk memiliki banyak teman cukup dengan menebarkan senyum dan salam akan membuat mereka senantiasa pribadi yang ramah, itu lebih efektif daripada hal lain seperti mentraktir dan sebagainya.
19. Harus bisa kreatif dalam mendaur ulang

Manfaatkan semua sumber daya yang ada di sekelling anda, gunakan barang bekas milik anda atau orang lain atau orang lain untuk di daur ulang. Gunakan lagi kertas yang bagian belakangnya masih bersih, jika memang sudah tidak bisa dipakai anda bisa jual kiloan. Jika anda cukup kreatif mungkin kreasi anda dapat bernilai ekonomis
20. Berbaik lah dengan semua penghuni kos tak terkecuali ibu kos / pemilik kos

Bantu ibu kost walau sekedar menyapu atau cuci piring, sikap ringan tangan kita akan menumbuhkan sikap simpati dari pemilik rumah. Ibu kost adalah orang tua pengganti kita, ia bisa menjadi penolong ketika kita sakit atau setidaknya memberikan tenggang waktu ketika kita dalam kesulitan finansial. Perbanyak puasa sunnah dan salat dhuha agar rejeki anda lancar. 

Nah itu lah beberapa tips menghemat pengeluaran bagi anak kos, semoga dengan adanya tips ini kalian para anak kos bisa tetap bahagia menjalankan rutinitas perkuliahan tanpa harus terlalu memikirkan pengeluaran bulanan yang membengkak. 

Dan semoga tidak ada lagi kegiatan minum obat maag di akhir bulan hehehe ✌️

Demikian 20 cara menghemat budget pengeluaran bulanan anak kos Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar