Selasa, 31 Juli 2018

Filled Under: ,

Cara sederhana mencuci pakaian agar warna pada pakaian tidak cepat pudar atau luntur

Cara sederhana mencuci pakaian agar warna pada pakaian tidak cepat pudar atau luntur  - pernah ga sih kamu mencuci pakaian yang sangat kamu sukai dan sayangi namun ternyata warna pada pakaian tersebut harus luntur atau pudar karena kamu salah dalam menerapkan teknik cara mencucinya dengan benar? 


Dalam kata lain kamu hanya mencuci pakaian tersebut secara asal-asalan saja (sing penting bersih Bae) wkwkwk

Ternyata teknik dalam mencuci pakaian juga sangat penting lohh bunda, supaya pakaian bisa awet dan tahan lama untuk dipakai. Kan jadinya bisa menghemat biaya bulan ya toh hehehe

Ada beberapa indikator penentu dalam mencuci pakaian salah satunya adalah memilih detergen yang tepat untuk digunakan pada saat mencuci pakaian

Memilih detergen yang sesuai dengan baju juga merupakan aspek penting yang tidak boleh dilewatkan.

Bahan kimia yang terkandung dalam detergen tidak selamanya cocok untuk jenis kain bajumu. Beberapa bahan kimia bahkan mampu memudarkan warna pakaian.

Jika mencuci secara manual dengan tangan, kamu bisa merendam pakaian ke dalam larutan bahan alami agar warna tidak memudar.

Pakaian berawarna gelap ternyata cenderung lebih mudah pudar dibandingkan dengan warna lain.

Agar warna pakaian tidak mudah pudar, maka kamu bisa mengikuti tips di bawah ini 


1. Perhatikan suhu pada air

Sebagian Besar kesalahan pencucian pada pakaian yang luntur adalah pada pemilihan suhu air. Ini dapat dihindari dengan hanya membaca label perawatan pakaian Anda. Jika artikel pakaian memerintahkan anda untuk menggunakan air dingin atau hangat, jangan gunakan air panas.


Beberapa Orang mempercayai bahwa air panas bisa mendapatkan pakaian pakaian paling bersih, tapi itu belum tentu benar. Menggunakan deterjen berkualitas baik akan benar-benar bersih pakaian Anda, tidak peduli apa suhu air.

Untuk tetap berada di sisi aman, gunakan air dingin untuk artikel pakaian dengan warna campuran, seperti kemeja dan gaun berwarna yang mengandung kedua berwarna putih dan kain.

2. Dahulukan mencuci bagian dalam pakaian

Saat kamu mencuci pakaian berawarna, sangat dianjurkan untuk mencucinya dari bagian dalam dulu baru bagian luar. Langkah awal ini berguna untuk mencegah warna pakaian agar tidak cepat pudar

3. Pakailah cuka

Saat mencuci dengan tangan, kamu pasti akan merendam pakaian ke dalam seember air berisi campuran detergen.

Tambahkan secangkir cuka putih ke dalam larutan tersebut. Biarkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Trik simpel ini akan membantu warna baju kamu tidak mudah pudar.

4. Hindari dari sinar matahari langsung

Sangat penting untuk tidak membiarkan pakaian berada di bawah sinar matahari langsung. Menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari hanya akan membuat warnanya cepat memudar.

5. Keringkan lah dengan posisi yang tepat

Saat kamu mengeringkan baju di bawah sinar matahari langsung, pastikan untuk memposisikan bagian dalam baju berada di luar.

Pengeringan udara sebenarnya merupakan sebuah pilihan yang lebih baik. Dengan pengeringan udara berarti kamu juga memperpanjang umur warna pakaian kamu

6. Pakailah air dingin

Menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian merupakan teknik jitu untuk mencegah memudarnya warna pakaian.

Mencuci dengan air panas hanya akan membuat warna pakaian kamu pudar dan kusam. Cara ini merupakan cara yang mudah dan sederhana untuk mencegah warna pakaian cepat pudar.



Nah.. begitulah beberapa cara sederhana tetapi bisa membuat pakaian kamu menjadi awet dan tahan lama di gunakan loh.. jadi ga perlu beli baju baru terus deh karena baju yang lama pun masih seperti terlihat baru.


Demikian cara sederhana mencuci pakaian yang dapat saya berikan Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar