Jumat, 03 Agustus 2018

Filled Under: , ,

11 Cara Cepat Selamatkan dan Melindungi DIri Dari Gempa Bumi

Cara Cepat Selamatkan Diri Dari Gempa Bumi. Baru beberapa hari yang lalu kita sudah dikejutkan dengan adanya sebuah gempa bumi yang berukuran 7 SK yang terjadi pada daerah NTT, NTB dan kepulauan lombok. 


Sebagai masyarakat Indonesia, Intan turut berduka cita atas meninggalnya orang - orang korban gempa bumi yang sekarang korbannya sudah mencapai 91 orang yang meninggal dunia, ratusan lainnya mengalami luka parah ataupun ringan, dan beberapa bangunan yang rusak dan roboh akibat bencana Gempa Bumi. 

Untuk meminimalisirkan adanya korban bencana alam terutama dari bencana Gempa Bumi. Kita sebagai manusia harus tahu cara berlindung ketika bencana ini terjadi. Walaupun umur manusia tidak ada yang tahu, yang pasti kita bisa tetap berusaha agar umur kita bisa panjang dengan menyelamatkan diri dan menyelamatkan orang lain. 

So, jangan kemana - mana iters, baca selengkapnya cara cepat selamatkan diri dari gempa bumi!

1. Ketika anda berada di luar rumah, sebaiknya anda menuju ke tanah lapang seperti lapangan, sawah, dan tempat lainnya.

2. Jangan berlindung di dekat tiang listrik atau pohon tinggi karena benda tersebut rentan roboh dan dapat mengenai anda.

3. Jangan berlindung di dekat tempat berkaca karena nanti kaca bisa pecah dan melukai anda.

4. Selalu lindungi kepala anda karena kepala bagian paling sensitif dari tubuh. Lindungi sebisa mungkin dengan tangan atau barang bawaan anda misalnya tas, bantal, helm, atau benda lain yg bisa bersifat melindungi. 

5. Ketika anda berada di dalam gedung, segera keluar dari lift, dan turun menggunakan tangga darurat. Jika tidak memungkinkan keluar, anda bisa berlindung di bawah meja. 

6. Ketika di dalam kendaraan, usahakan untuk berhenti di daerah yang aman. Ingat jangan berhenti di dekat tiang listrik, pohon atau di bawah jembatan tol maupun di bawah jembatan penyebrangan.

7. Jika kendaraan anda ada di dalam gedung, segera keluarkan diri anda dan mobil anda dari sana karena gedung punya kemungkinan besar untuk roboh. 

8. Saat anda berada di pegunungan. Hindari berdiri di dekat tebing atau perbukitan karena daerah tersebut rawan longsor ketika gempa bumi berguncang. 

9. Ketika anda sedang berada di daerah pantai, lekaslah naik ke permukaan dan segera menuju ke tempat tinggi karena saat gempa bumi terjadi, besar kemungkinan tinggi ombak semakin naik bisa juga menjadi tsunami jika memang gempa tersebut sangat berpotensial memunculkan gelombang tinggi. 

10. Upayakan anda membangun rumah dari kayu sehingga jika terjadi gempa bumi tidak akan fatal akibatnya, atau jika anda ingin perkuat rumah anda, dan yang paling penting lagi jangan meletakkan benda-benda di atas yang mudah jatuh akibat guncangan dari tanah. 

11. Kalau bisa anda juga pilih lemari yang tidak terlalu tinggi, pilihlah lemari yang ukuran sedang sehingga jika terkena gempa tidak rawan roboh atau menimpa anda. 

12. Siapkan barang penting dan darurat mulai sekarang supaya ketika ada bencana alam, anda tidak perlu mengepacknya, anda tinggal mengambil apa yang anda siapkan dan berlari mencari perlindungan.

13. Selalu berdoa di dalam sholat anda, semoga kita bisa dilindungi dari segala mara bahaya termasuk bencana alam seperti gempa bumi. 

14. Jangan panik apabila ada gempa bumi terjadi, lakukan sebisa anda perlindungan diri seperti yang sudah saya jelaskan diatas. 

15. Anda perlu mempersiap masker jika anda mempunyai gangguan sistem pernafasan untuk berjaga - jaga apabila banyak bangunan runtuh dan menimbulkan debu. Siapkan juga alat bantuan pernafasan. Tidak lupa juga obat - obatan untuk membantu mengobati sesama. 

Semoga bermanfaat ya 11 Cara Cepat Selamatkan dan Melindungi DIri Dari Gempa Bumi. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar