Sabtu, 04 Agustus 2018

Filled Under: , ,

Resep membuat es selendang Mayang segar dan nikmat yang dapat menggoyang lidah

Resep membuat es selendang Mayang segar dan nikmat yang dapat menggoyang lidah - halo, apa kabarnya hari ini ? Kali ini saya akan membagikan sedikit resep tutorial cara membuat es selendang Mayang.
Ada yang tau es selendang Mayang itu apa? Yukk simak dulu sejarah terciptanya es selendang Mayang berikut ini


Sejarah terciptanya makanan es selendang Mayang

Es Selendang Mayang ini dulu sangat terkenal di kalangan masyarakat Betawi. Minuman satu ini awalnya merupakan salah satu minuman yang di sajikan saat acara tertentu seperti acara lebaran dan acara keluarga lainnya.


Dalam perkembangannya, Es Selendang Mayang ini mulai kurang di minati dan jarang di kita temui. Karena sudah dianggap kuno oleh masyarakat, maka tidak banyak orang yang menjajakan minuman tradisional satu ini.

Namun bagi anda pecinta kuliner tradisional yang ingin mencicipi, anda masih bisa menemukannya di tempat yang kental akan adat Betawi di Jakarta seperti di kota tua, ragunan dan daerah kemayoran.

Minuman segar berisi hunkwe yang telah dimasak dengan campuran tepung beras dan air daun suji dan daun pandan ini merupakan salah satu minuman tradisional yang populer.

Resep es selendang mayang berikut bisa menjadi panduan Anda untuk menyajikan minuman segar untuk keluarga.

Untuk membuat es selandang mayang ini bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapatkan diantaranya tepung beras dan tepung hunkwe. Proses pembuatannya juga tidak terlalu sulit untuk anda coba dirumah.

Bahan-bahan


1. 1.000 mili liter air


2. 2 lembar pandan, diikat


3. 100 gram tepung hunkwe


4. 50 gram tepung beras


5. Setengah sendok teh vanili bubuk


6. Setengah sendok teh garam


*Daun suji
7. 15 mili liter air daun suji dari 20 lembar daun suji dan 2 lembar daun pandan


8. 5 tetes pewarna makanan warna merah cabai

Bahan-bahan kuah nya


1. 300 gram gula merah


2. 100 gram gula pasir

3. 200 ml air


*Daun pandan
4. 1 lembar daun pandan

Bahan Kuah Santan nya

1. 500 ml santan yang diambil dari 1 butir kelapa

2. 2 daun pandan yang diikat dan di simpul

1/2 sendok teh garam

Bahan Pelengkap

1. 700 gram es serut

Es selendang mayang

Cara Membuat
 


1. langkah pertama rebus air, tepung hunkwe, vanili bubuk, daun pandan, tepung beras, dan garam diaduk sampai adonan meletup-letup. Bagi adonan 5 bagian. Satu bagian ditambahkan pewarna merah. Aduk rata. Satu bagian ditambahkan air suji. Aduk rata. Tiga bagian lagi biarkan putih.


2. Tuang adonan hijau ke dalam loyang 24x12x4 cm yang dioles minyak. Ratakan. Tuangkan adonan putih di atasnya. Tuang lagi adonan merah di atasnya. Dinginkan. Potong bentuk jajaran genjang 2 cm.


3. Untuk kuah nya, rebus gula merah, gula pasir, daun pandan bersama air sambil sesekali diaduk hingga mendidih. Dinginkan.


4. Untuk membuat kuah santannya caranya rebus santan, garam dan daun pandan, sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan diginkan.


5. Hidangkan potongan es selendang mayang dengan siraman santan, rebusan gula merah + pandan, dan tambahkan es batu.

6. Selain air santan dan gula merah, pada penyajian Es Selendang Mayang ini ada juga yang menggunakan potongan buah nangka agar menambah cita rasa dan aroma pada es tersebut.

Sangat mudah dibuat dirumah loh moms... Cocok untuk dimakan bersama kerabat dan keluarga.

Yukks lestarikan makanan/minuman khas Indonesia.


Demikian resep membuat es selendang Mayang segar dan nikmat yang dapat menggoyang lidah Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar