Sabtu, 25 Agustus 2018

Filled Under: , ,

Beberapa perbedaan antara blogspot dengan wordpress, yang baru mulai belajar ngeblog wajib tau ini!

Beberapa perbedaan antara blogspot dengan wordpress - mungkin di dunia blogging sudah tidak asing lagi bagi kita untuk membahas mengenai perbedaan antara blogspot dengan wordpress yang tidak bisa dipungkiri.

Sampai dengan saat ini menjadi 2 developer blog yang paling terkenal dan familiar di gunakan oleh para blogger.

Namun di artikel saya yang satu ini saya akan membahas itu secara lebih detail dan mendalam sesuai apa yang saya ketahui tentang keduanya (blogspot dan wordpress)

1. Dilihat dari segi template nya

Hal dasar yang terlihat ketika kamu menggunakan blogspot adalah kebebasan dalam mengotak atik template. Hal ini dikarenakan blogspot memiliki ekstensi HTML, jadi bisa dirubah-rubah sesuai dengan kemauan tanpa harus menjadi seorang ahli. 


Berbeda ketika kamu menggunakan wordpress, Ekstensi yang digunakan adalah PHP. Nah, sifat PHP ini lebih pada keadaan paten dan hanya bisa dirubah oleh orang-orang yang mahir dibidang PHP.

Dari segi ini menurut saya blogspot masih jauh mengungguli pesaing kuatnya yaitu wordpress

2. Dilihat dari segi fitur nya


Ketika membahas mengenai fitur yang ditawarkan antara blogspot dan wordpress maka akan ada perbedaan yang sangat signifikan.

Mengapa? itu karena sudah jelas sekali bahwa fitur yang ditawarkan oleh wordpress itu sangat banyak, bahkan bisa mencapai ratusan. Fitur ini disediakan dalam bentuk plugin-plugin. 

Jadi, jika kamu ingin memasang fitur tambahan pada wordpress maka tinggal download pluginnya lalu di instal. Berbeda jauh dengan blogspot yang semuanya serba terbatas. Hanya berkisar antara Script HTML yang itu sedikit.

3. Dilihat dari segi hosting nya

Blogger menyediakan Hosting gratis kepada penggunanya dan itu tidak terbatas. Berbeda dengan wordpress yang hanya menyediakan hosting gratis dengan kapasitas yang tidak seberapa besar.

Namun, ketika pada tingkat lanjut kamu ingin merubah blog menjadi domain TLD (top level domain) maka secara otomatis blog platform wordpress harus menyewa hosting pada pihak ketiga, seperti namecheap atau hostgator. Jadi ya bayar buat beli domain dan nyewa hosting gitu.

Enaknya jika menggunakan hosting Blogspot itu ya gratis dan kapasitas yang tak terbatas meskipun kamu telah mengganti blog menjadi blog TLD. Namun, perlu kamu ketahui karena Blogspot menyediakan hosting gratis maka jika suatu hari kamh melanggar TOS dari blogspot maka siap-siap saja blog akan dihapus tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Sebenarnya, hosting dilain blogspot pun memiliki resiko, tetapi dari segi kenyamanan, Jelas lebih nyaman di luar blogspot. Dilihat dari segi ini menurut saya antara blogger dengan wordpress sama-sama kuat dan seimbang

4. Dilihat dari segi SEO nya

Ada yang bilang kalau SEO yang diterapkan oleh blog platform wordpress itu lebih waaaah dikarenakan SEO yang digunakan itu berasal dari plugin SEO.

Namun pernyataan ini masih diragukan Mengapa ? coba saja kamu menulis sebuah keyword di google maka Link blog platform apa yang paling sering muncul ? blogspot atau wordpress ?

Ehhhh, bentar jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dulu ya, seorang blogger yang biasanya menggunakan blog platform wordpress itu endingnya untuk membangun blog profesional.

Jadi bisa saja link yang muncul di pencarian google itu link blog platform wordpress yang telah dirubah menjadi Blog TLD

5. Perbedaannya dari segi menghasilkan pendapatan nya


Nah, untuk yang satu inilah yang menjadi target incaran utama para blogger. Jujur, jika ingin mendapatkan penghasilan dari blogger secara mudah pasti menggunakan blog platform blogspot. 

Mengapa demikian ? karena blog platform blogspot sudah ada menu HTML Java Script. Jadi, tinggal pasang kode iklan aja disitu Apalagi untuk iklan Google Adsense.

Berbeda jika membahas mengenai blog platform wordpress yang jika ingin mendapatkan pengahasilan dari situ maka blog harus terlebih dahulu dirubah menjadi blog TLD lalu kemudian ada langkah-langkah tertentu agar blog bisa dipasang iklan.

Jadi, menurut Saya jika membahas kemudahan untuk memonitaze maka blogspot sangat lebih unggul.

6. perbedaan dari segi pengaturan pada post baru nya


Perbedaan nyata yang paling saya rasakan antara wordpress dan blogspot adalah pengaturan pada saat membuat postingan baru. 

Kalau di wordpress, pas kamu bikin postingan baru, entar ada pengaturannya postingan itu masuk kategori apa, tag nya apa apa aja, terus bisa ditambahin featured image, format tulisannya juga bisa kamu kelompokkan apakah masuk ke format image, gallery, link, quote, status, video, standard, dll.

Jadi beda-beda format kalau kamu bikin postingan standard atau hanya sekedar quote yang isinya satu-dua kalimat. Di wordpress kamu juga langsung bisa nentuin slug tulisan kamu nanti kayak apa.

Jadi kalau nulis baru, dan entar berubah pikiran pengen ganti judul tulisan, URL nya bisa kamu tentuin sendiri.

Nah, kalau mau buat postingan baru di blogspot, pilihan pengaturannya terbilang lebih sedikit dan sederhana dibanding wordpress. Di blogspot, postingan kita bisa dikelompokkan ke dalam Label tertentu saja, atau kalau di wordpress lebih mirip ke kategori kali ya.

Dan tidak ada pilihan tag seperti yang ada di wordpress. Hal ini menurut sebagian blogger adalah suatu keunggulan blogspot yaitu user friendly (mudah digunakan) dan tidak rumit seperti wordpress.

Oiya satu lagi, kalau di wordpress itu ada pilihan untuk terkoneksi dengan akun sosial media si pemilik blog. Jadi kalau kamu aktifkan fitur ini, kamu bisa otomatis share tulisan terbaru kamu melalui akun sosmed yang udah diatur sebelumnya

Kalau di blogspot juga ada tapi hanya terbatas share melalui Google+ aja. Untuk mau share ke sosmed lain harus manual. Sedangkan di wordpress, pilihan sosmed nya selain Google+ juga ada Twitter, Facebook, Tumblr, dan lain-lain

7. Perbedaan dari segi komentar visitor nya

Masalah komentar sepertinya wordpress lebih unggul dibanding blogspot. Pengalaman saya berkomentar dengan tidak menggunakan akun Google+ di blogspot, tahapan untuk di publish nya lamaa sekali dan agak ribet.

Sedangkan kalau di wordpress hanya satu tahap saja. Tulis nama, alamat email, alamat web dan isi komentar, terus klik kirim komentar. Selesai! Dan komentar kita tinggal nunggu di approved oleh yang punya blog.

Ini juga menjadi salah satu kelebihan wordpress, komentar pengunjung tidak akan di publish sebelum ada persetujuan dari pemilik blog. Selain itu, komentar tersebut bisa diedit sebelum di publish.

Enak kan? Ini untuk menghindari adanya komentar spam di blog kita. Kalau ada komentar aneh aneh kita tinggal delete atau masukkan sebagai spam.

8. Perbedaan dari segi statistik nya


Wah, ini nih yang bikin saya tercengang pas liat tampilan statistik di wordpress. Lengkap banget dibandingin blogspot, Selain bisa melihat traffic visitors dan views per hari, per minggu, per bulan dan per tahun.

di wordpress juga bisa ngeliat berbagai macam hal lain yang belum ditawarkan blogspot. Mulai dari berapa jumlah like yang kamu terima, judul page atau post yang paling ramai dikunjungi, dari negara mana aja yang mampir ke blog kamu, pengunjung tau blog kamu dari mana (misalnya search engine atau facebook, dll).

kalau authors blog kamu lebih dari satu bisa keliatan tulisan dari author mana yang lebih sering dibaca oleh pengunjung, kata kunci apa yang dicari oleh pengunjung pas ke blog kamu, kalau ada video yang kamu upload di blog juga bisa keliatan video mana aja yang di play sama pengunjung, terus kamu juga bisa liat kebanyakan pengunjung itu lebih suka baca tulisan dengan kategori dan tag yang mana. Wah, banyak deh, dan saya senang sekali melihat statistik blog yang lengkap kayak gini

9. Perbedaan dari segi jika terjadi error

Jika kamu tidak punya banyak waktu mengelola blog wordpress lebih baik gunakan blogspot saja karena bisa dibilang pakai blogspot hampir tak mengenal kata ‘error’ dan kalau pun terjadi kesalahan dalam kode templatenya ia masih bisa tetap online dan halaman lain tetap masih bisa dibuka.

Berbeda jika menggunakan wordpress, ada salah pengkodean sedikit saja ia bisa langsung error dan terkadang sama sekali tidak bisa dibuka dan hanya menampilkan halaman putih saja.

Repotnya lagi, jika masalahnya tidak ditemukan dalam blognya langsung maka kita harus masuk ke bagian Cpanel hostingnya yang mana pada bagian tersebut butuh pengetahuan yang cukup agar bisa mencari pokok masalahnya.

10. Perbedaan dari segi artikel web nya

Perbedaan antara Blogspot dengan WordPress lainnya adalah bahwa dengan menggunakan WordPress berarti kita bisa melakukan paste langsung artikel dari MS Word ke dalam kolom posting artikelnya karena sistem dalam CMS wordpress bisa langsung menghilangkan kode bawaan dari windows begitu artikel dipaste di dalamnya.

Adapun dalam blogspot kita harus mempastenya terlebih dahulu ke dalam aplikasi Notepad dan baru kemudian diletakkan dalam postingan. 

Karena jika tidak, kode yang panjang sekali dari sistem microsoft akan ikut terposting dan mempengaruhi kecepatan browser dalam membaca filenya.

Pada dasarnya dari kedua developer blog diatas sama-sama memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing, tidak ada satu pihak yang unggul secara mutlak.

Tapi mungkin bisa di jadikan referensi juga buat kalian yang baru mulai ingin ngeblog, saya sarankan menggunakan blogspot saja selain mudah digunakan.

Blogspot juga memiliki fitur-fitur yang tidak banyak, yang tidak membuat pusing untuk kalian yang baru mulai ngeblog (dalam artian fitur-fitur lebih simpel dan sederhana)


Demikian beberapa perbedaan antara blogspot dengan wordpress Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar