Kamis, 09 April 2020

Filled Under:

Hidangan sehat untuk buka puasa



Tidak terasa Sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa, bulan yang penuh berkah dan kita nanti-nantikan karna aktivitas kita lebih kita fokuskan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada allah SWT. tidak hanya itu kita di wajibkan untuk menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu.


Walau pun kita melaksanakan ibadah puasa, kita tidak boleh bermalas-malasan atau menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak maksimal dalam menjalankan kehidupan sehari hari. untuk menambah energi supaya kita tidak lesuh dalam beraktivitas sebaiknya makan-makanan sehat saat berbuka puasa, agar kita menjalankan puasanya lebih semangat dan tidak mudah lapar, karna kita mencukupi asupan 4 sehat 5 sempurna saat berpuasa. sebab itu agar ibadah puasa kita lancar , kita titak boleh sembarangan memilih makanan saat berbuka puasa. karna nantinya akan mengganggu kesehatan dan malah kita sakit karna sembarang mengkonsumsi makanan saat berbuka.

Kami akan membagikan berbagai menu, di sini kalian bisa memilih menu makanan sehat untuk berbuka puasa. walau pun makanan sehat tetapi rasanya tetap lezat dan nikmat.

Inilah aneka menu masakan yang sehat untuk berbuka puasa yang bisa kalian pilih untuk keluarga andan:

hidangan sehat untuk buka puasa

1. Ta`jil kurma 
     berbuka dengan kurma sangat dianjuran nabi, karna kandungan       serat dan kadar gula yang baik di dalam kurma sangat                       bermanfaat untuk kesehatan kita. dan mengkonsumsi kurma             saat buka dapat mengontrol nafsu makan kita, sehingga kita             tidak mudah lapar.

2. Puding 
    puding  tergolong menu sehat untuk buka puasa, karna                      kandungan di dalamnya terdapat berbagai macam zat bergizi            yang baik untuk kesehatan kita. selain itu kalian bisa membuat        olahan puding dari bahan dasar makanan bisa puding buah atau        puding agar-agar, cake puding dan lain sebagainya.
   
3. Salad buah/ sayur
    buah dan sayur merupakan makanan yang kaya akan serat,gizi        dan vitamin, sehingga sangat cocok di jadikan hidangan saat            bupa puasa. sebenarnya buah jika di makan langsung juga tidak        apa-apa tetapi jika buah dan sayur di olah menjadi salat akan            lebih menarik dan menambah nafsu makan, tentu saja tidak              boleh berlebihan yaa...


4. Makanan bakar/ panggang
    Makan indonesia sangat berbagai ragam, dan semuanya juga            tergantung cara memasaknya. nah untuk menu sehat buka puasa      sebaiknya di masak dengan cara bakar/panggang, karna                    makanan yang di bakar tidak megeluarkan kalori/lemak                    berlebihan sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita, biasanya        makanan yang di bakar yaitu, daging bakar, ayam bakar, ikan          bakar dan lain sebagainya.

5. Aneka sup
    Sup juga tepat jika di sajikan saat buka puasa, karna bahan              bahannya pun bisa terbuat dari sayur,ayam,daging, dan di                sajikan dalam kondisi panas ataupun hangat. sehingga dapat            menghangatkan badan.

6. Pepes ikan.
    kalian juga bisa mengolah makan dengan di pepes dan kukus.          karna makanan yang di pepes atau kukus tidak mengurangi              kandungan yang ada di makanan tersebut dan rasanya pun                sangat segar dan juicy. kalian bisa membuat pepes dari bahan          apa saja sesuai selera tetapi yang paling recomended adalah              pepes ikan.

7. Kentang rebus dan nasi merah.
    kentang dan nasi merah sama-sama mengandung karbohidrat            akan tetapi jika kentang di masak dengan di rebus akan lain              ceritanya dan kan dungan kentang rebus semakin ragam, begitu        juga beras merah,kaena beras merah lebih rendah kadar gulanya      sehingga baik untuk menu buka puasa dan biasanya baikuntuk          menurunkan berat badan.

8. Oatmeal
makan yang terbuat dari oet ini sangat kaya akan nutrisi,      terdapat 50 nutrisi yang baik untuk tubuh kita, antara lain                protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, lemak, serat, karbohidrat,        folat, fosfor, mangan, zat besi, magnesium, kalium, kalsium.            sehingga sangat pas jika di sajikan saat berbuka puasa.














Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar