Kamis, 17 Mei 2018

Filled Under:

11 Cara Mengajarkan dan Melatih Anak Untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan

11 Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu di nanti nantikan oleh seluruh muslim diseluruh dunia.

Karena di bulan Ramadhan ini kita sebagai orang islam harus berlomba lomba mencari pahala dana mal kebaikan, soalnya di bulan suci ini segala pintu surga, pahala dan rahmat di buka selebar lebarnya oleh Allah SWT.

Oleh sebab itu di bulan suci ini jangan sampai kita melewatkan kesempatan yang sangat dasyaat bulan Ramadhan. Sehingga yg semula amal kita sedikit bisa saling membalap untuk membesarkannya.

Kita sebagai umat nabi Muhammad SAW, kita wajib hukumnya untuk mendidik anak anak kita agar mau berpuasa.


Memang puasa itu wajib dilakukan untuk pria dan wanita dewasa, tapi anak – anak pun harus kita latih sejak dini supaya dewasanya mereka bisa ikut lancar berpuasa.

Walaupun puasa itu dilakukan oleh orang dewasa tetapi kita harus mencoba sedari dini mungkin supaya anak anak kita nantinya terbiasa dan mendapatkan pahala.

Berikut ini adalah 11 cara agar anak kita mau berpuasa di bulan Ramadhan.

1. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Ajarkanlah anak anak kita untuk membaca niat berpuasa
Meskipun belum terbiasa membaca niat berpuasa nanti lama kelamaan pasti anak anak mampu menghafal walaupun masih belum sempurna. Yang penting ajak mereka setiap hari membaca secara perlahan- lahan.

2. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Bangunkan anak anak kita untuk ikut sahur
Puasa memang sangat berat buat anak anak, tapi setidaknya kita sebagai orang tua harus membangunkan anak kita untuk ikut sahur supaya keesokan harinya anak kita bisa menahan lapar saat berpuasa.

3. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Ajarkan anak kita untuk berpuasa sampai waktu solat dzuhur
Jika anak kita langsung di ajarkan berpuasa sehari penuh nanti anak kita dipastikan tidak akan mampu dan tidak akan kuat. Jika anak sudah merasakan sakit perut dan membuat dirinya kelaparan, pasti mereka tidak akan mau belajar berpuasa ke esokan harinya.

4. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Ajarkan anak kita untuk puasa sampai waktu sholat ashar
Ini adalah pembelajaran lanjutan jika anak kita sudah terbiasa dan mampu berpuasa sampai adzan dzuhur berkumandang.

Jika anak kita mampu sampai dzuhur ini saatnya untuk mencoba mengajarkan anak kita sampai waktu ashar dengan catatan jika tidak kuat menahan sampai waktu ashar maka kita harus menyuruh untuk membatalkan puasa pada saat itu juga.

Kalau memang si kecil kuat berpuasa, anda bisa tetap menyuruhnya lanjut ke adzan maghrib.

5. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Ajarkan anak anak kita untuk berpuasa satu hari penuh
Ini adalah pembelajaran akhir puasa untuk anak anak. jika anak anak mampu melewati 2 pembelajaran puasa di atas.

Dipastikan kita sebagai orang tua sangat bangga karena di usia sekecil itu anak kita suda mampu berpuasa penuh.

Yang lebih penting juga jangan lupa kita harus melihat kondisi kesehatan anak anak kita dan selalu mensuport anak supaya bersemangat dalam berpuasa.

6. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Dukunglah dengan makan makanan 4 sehat lima sempurna
Waktu berbuka dan sahur adalah waktu yang sangat dinantikan dan seharusnya kita memberikan masakan bergizi dan berkarbohidrat tinggi supaya anak kita puasanya bisa sampai penuh.

Untuk menunjang kesehatannya jangan lupa beri minuman susu atau vitamin untuk menjaga kesehatan anak kita.

7. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Masakkan masakan kesukaan mereka untuk hadiah
Khusus makanan berbuka, berikan mereka makanan favorit yg enak. Sertakan juga snack dan cemilan sehat agar mereka bertambah semangat untuk berpuasa lagi besoknya.

8. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Beri mereka hadiah kecil – kecilan bagi yg bisa puasa setengah hari atau sehari penuh.
Inilah senjata paling ampuh untuk mengajak anak – anak berpuasa. Mereka akan bersuka cita jika anda memberinya sedikit surprise.

Misalnya jika anak anda bisa menahan lapar setengah hari, anda bisa memberinya uang 1.000, tapi kalau bisa tahan sampai maghrib tambahkan hadiah berupa uang 2.000 rupiah untuk jajan.

9. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Berikan pengertian
Anak – anak mungkin masih belum mengerti mengapa umat muslim diharuskan berpuasa? Jadi supaya mereka mengerti. Kita bisa jelaskan sedikit demi sedikit.

Berikan pengertian pada mereka bahwa puasa itu menyehatkan badan dan membuat orang islam masuk surga. Jelaskan juga surge itu adalah tempat terindah dan kita bisa meminta apa saja disana.

10. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Puji saat mereka berhasil
Saat mereka mencapai keberhasilan. Anda harus memujinya dengan kata – kata semangat sehingga membuat dirinya percaya diri dan melakukkannya lagi untuk puasa besok. Misalnya anakku hebat seperti Superman bisa puasa sehari penuh!

11. Cara mengajarkan anak agar mau berpuasa di bulan Ramadhan dengan Buatkan diary Ramadhan untuk anak anda
Anda harus bisa membuat diary Ramadhan. Supaya nanti bisa diisi dengan anak anda. Di diary ramdhan anda juga bisa menambahkan kalender mulai dari puasa dimulai sampai hari raya Idul Fitri tiba.

Jika anak anda bisa mengisi diary sampai penuh serts puasa full 30 hari. Anda bisa beri mereka hadiah seperti jam tangan, celengan, baju baru, mainan baru atau bahkan sepeda.

Semoga bermanfaat ya artikel yg berjudul 11 Cara Mengajarkan dan Melatih Anak Untuk Berpuasa di Bulan Ramadhan. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

2 komentar:

  1. ka mau nanya, kalo duit di agoda bisa di pindaahin ke atm ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kalau ngajuin refund kak, atau pengembalian uang.

      Hapus