Sabtu, 05 Mei 2018

Filled Under:

Cara Mudah Mencari Perusahaan Untuk KKN [Kuliah Kerja Nyata]

Cara Mudah Mencari Perusahaan Untuk KKN [Kuliah Kerja Nyata]. KKN atau yang dikenal dengan Kuliah kerja nyata adalah sebuah praktek kerja yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir. Sebelum skripsi biasanya mahasiswa di perkuliahan diharuskan bekerja untuk mempraktekkan ilmunya yang diperoleh dari bangku perkuliahan.

Kenangan waktu KKN di Bekasi


Untuk Intan sendiri yang dari Sastra Jepang memilih perusahaan Jepang sebagai tempat KKN. Sebenarnya di dalam KKN tidak apa-apa memilih pekerjaan yang tidak ada hubungannya dari itu, tapi menurut saya kalau kerjanya beda sama jurusan belum afdol namanya.

Banyak dari teman-teman saya yang memilih jadi guru bahasa Jepang di SMA, ada yang bekerja jadi guide di Bali, atau sekedar jadi karyawan biasa di tempat wisata, ada yang jadi petugas administrasi dan lain sebagainya.

Kuliah kerja nyata di tempat saya bisa dilakukan berkelompok atau secara individu. Awalnya saya berkelompok 6 orang. Tapi karena perbedaan pendapat dan tujuan akhirnya kami berpisah dan hanya saya bersama chika yang tersisa di dalam kelompok tersebut.

Yah emang sih gak mudah membuat keputusan kalau sama-sama egois dan beda tujuan, yang satu pengen kesini yang satu pengen kesana. Padahal kalau satu grup dalam satu perusahaan sangatlah menyenangkan bisa saling membantu satu sama lain.

Dalam proses pencarian tempat kuliah kerja nyata gak semudah yang dikira. Karena kami harus mendaftar alamat email dan telepon semua perusahaan Jepang satu per satu di wilayah Jawa Timur.

Akhirnya sayapun mendata, sempat mendapat kesulitan karena beberapa email tidak bisa terkirim dan sering kali tidak ada jawaban atau respon yang bagus. Saya juga sering telepon perusahaan tapi kebanyakan sudah penuh di rebut teman-teman, ada juga yang gak menerima kkN, Cuma lamaran kerja saja yang diterima.

Terus kata chika mungkin di wilayah jatim sulit, kenapa gak ke jawa barat aja? Sekalian coba merantau dan jalan-jalan. Akhirnya saya menemukan 3 list perusahaan Jepang yang ada di bekasi dan 1 list di perusahaan Jepang yang ada di Jakarta.

Dengan iseng-iseng kami coba kirim surat pengantar dari kampus dan akhirnya setelah beberapa puluh kali telepon, kirim cv, sertifikat JLPT N3, dan kirim email ada 1 perusahaan Jepang yang ada di Bekasi menghubungi saya dan katanya mereka bersedia menerima kami untuk bekerja sementara disana.

Manager perusahaan tersebut sangat welcome, sayapun dicarikan kos murah di Bekasi, jadi kami berdua tinggal bayar aja selama sebulan. Waktu berangkat kerja pun saya dijemput pakai bus karyawan. Yah lumayan ga berat di ongkos. Tapi ya gitu resikonya setiap hari harus berangkat pagi jam 5 karena Bekasi terkenal dengan macetnya.

Ketika sampai di perusahaannya ternyata perusahaan ada 2, yang satu pusat dan yang satunya lagi adalah perusahaan cabang baru buka 3 bulan lalu. Baunya aja masih baru kayak cat gitu. Karena perusahaan ada 2 jadi kami dipecah, yang satu disini dan yang satu disana.

Disana saya menerjemahkan beberapa buku panduan dasar yang full untuk karyawan, dan beberapa fax dari Jepang, serta 1 minggu sekali saya disuruh mengajari karyawan-karyawan yang memang terbilang agak jago bahasa Jepang.

Yah pengalaman pertama saya KKN sungguh indah karena bisa berbaur langsung dan mengenal perusahaan Jepang. Apalagi di akhir perpisahan saya dipertemukan oleh sachonya alias presiden direktornya yang nihonjin asli (orang Jepang asli), saya juga ditraktir sama beliau masakan Jepang yang harganya selangit dan super duper enak.

Belum lagi walaupun saya dan teman saya sudah bbilang kalau KKN ini adalah belajar bekerja tanpa gaji, sacho ternyata memberikan kami uang tanda terima kasih sejumlah dua juta rupiah. Di jaman itu sih sudah banyak dan saya sangat bersyukur bisa KKN di perusahaan Jepang tersebut.

Selain menambah ilmu, wawasan dan pengalaman berharga. Apalagi saat weekend kami berdua bisa jalan-jalan ke Jakarta karena dekat sekali dengan Ibu Kota.

Untuk anda yang mencari tempat KKN janganlah menyerah, anda bisa menargetkan perusahaan-perusahaan besar atau bonafit agar ilmu yang anda dapatkan semakin tinggi, bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dari yang lain.

Bukan hanya itu jika kita KKN di perusahaan Bonafit atau sudah terkenal pamornya, untuk melamarpun semakin mudah. Apalagi kalau kerja keras KKN ada di perusahaan tersebut membuahkan hasil, pastilah perusahaan tersebut tidak akan melepaskanmu ketika lulus, dan anda bisa langsung diterima jika melamar di sana lagi.

Okay semangat untuk daftar – daftar perusahaan Jepang anda bisa temukan di situs lowongan kerja di Jobstreet, Jobs. Id, atau anda bisa langsung cari situs resminya. 


Selain itu jika anda punya koneksi seperti teman yg sudah kerja, sahabat, pacar maupun saudara bisa dimanfaatkan untuk titip proposal kkn siapa tahu jika yg memasukkan orang dalam menjadi mudah diterima kerja.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar